Penyakit Tanaman Kelapa

Advertisement
thumbnail postingan
Penyakit tanaman kelapa- kelapa merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan tahunan yang biasa ditanam di dataran rendah. Produksi buah kelapa ini bisa di pengaruhi banyak hal salah satunya adalah penyakit dan hama tanaman kelapa. Serangan OPT (organisme penganggu tanaman) pada kelapa ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas buah. pada komoditas lain contoh pepaya, hama tanaman pepaya juga dapat menjadi penyebab turunnya kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan. Berikut beberapa penyakit pada tanaman kelapa:
  • Penyakit bercak daun
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan cendawan Pestalotia palmarum Cooke. Gejala yang timbul akibat serangan penyakit ini adalah adanya bercak bercak transparan yang tembus cahaya pada permukaan daun. bercak tersebut kemudian bertambah besar dan terdiri bintik bintik yang merupakan acervuli cendawan. Salah satu langkah pengendalian untuk hama ini adalah secar kimiawi dengan penyemprotan fungisida misalnya Dithane M-45 atau Perenox dengan dosis 0.1-0.2 %.
  • Penyakit bercak helminthosporium
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Helminthosporium incurvatum. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah adanya bercak bercak yang berbentuk bulat kecil pada permukaan daun. bercak tersebut akan bertambah besar kemudian terjadi perubahan warna menjadi coklat tua. Selanjutnya bercak tersebut menjadi lonjong dan memanjang. Salah satu langkah pengendalian penyakit ini adalah dengan aplikasi dengan fungisida Difolatan 4F, Dithane M-45 atau Daconil 75 WP pada tanaman muda yang baru dipindahkan.
  • Penyakit busuk janur
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Fusarium sp. Gejala yang ditimbulkan akibat serangan penyakit ini adalah adanya bercak bulat kecilpada permukaan daun. bercak tersebut kemudian berubah warna menjadi coklat kekuningan dan menjadi bercak yang lebih besar. Pada bercak tersebut trdapat tanda berapa bintik bintik yang terdiri dari acervuli cedawan. Penyakit ini menyebabkan daun tanaman muda yang terserang menjadi mati lebih cepat. Salah satu langkah pengendalian penyakit ini adalah dengan aplikasi fungisida yang mengandung senyawa Cu, misalnya Bubur Bordo atau Koper Oxyclorida pada bibit tanaman atau tanaman muda yang terserang.
  • Penyakit busuk kuncup
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Marasmius palmavirus. Cendawan ini menyerang bibit tanaman yang baru tumbuh. Pada serangan awal gejala yang terlihat adaah adanya bercak bercak dan lapisan miselia jamur yang berwarna putih atau kemerahan pada sabut kelapa. Bercak ini juga dapat terlihat pada kuncup dan tepi bakal daun.penyakit ini biasanya timbul akibat tertular dari bibit lain yang telah terinfeksi baik pada waktu dilapangan maupun pada saat perkecambahan. Beberapa cara pengendalian untuk penyakit ini adalah dengan perlakuan desinfektir pada benih yang akan disemaikan untuk mencegah infeksi. Caranya adalah melalui perendaman dengan larutan difolatan 4f. Selain itu dapat pula dilakukan degan menjaga kebersihan di lahan persemaian, mengatur kelembaban (jangan sampai kelembaban dilokasi persemaian tinggi) karena cendawan ini dapat berkembang biak dengan efektif pada lingkungan dengan kelembaban tinggi.

Demikian beberapa jenis penyakit pada tanaman kelapa. Untuk menjaga produktifitas hasil, disarankan untuk memilih langkah pengendalian hama penyakit secara terpadu agar lebih efektif dan ramah lingkungan.

Advertisement