Selasa, 22 Desember 2015

Penyakit Tanaman Mangga

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Penyakit tanaman mangga- penyakit pada tanaman mangga merupakan salah satu faktor pembatas dalam budidaya tanaman mangga. Selain penyakit, faktor pembatas lainnya adalah hama tanaman mangga. Hama tanaman mangga dan penyakit tanaman mangga dapat menurunkan produksi hasil secara signifikan sehingga merugikan para petani mangga. Demi memenuhi kebutuhan pasar akan buah mangga, peningkatan produktivitas salah satunya dengan pengendalian hama dan penyakit tanaman mutlak dilakukan. Namun, sebelum menentukan langkah pengendalian penting untuk mengidentifkasi jenis OPT mangga terlebih dahulu agar tidak salah dalam melakukan langkah pengendalian. selain mangga, komoditas buah yang digemari masyarakat Indonesia adalah buah jeruk. sama seperti halnya pada mangga, hama tanaman jeruk menjadi salah satu faktor pembatas dalam produksi jeruk.

Penyakit tanaman biasanya lebih sering menyerang pada musim hujan, berbeda dengan hama tanaman yang sering menyerang pada musim kemarau. Musim apapun menyerangnya yang terpenting bagi pemilik atau pembudidaya tanaman mangga adalah mengetahui anekaragam penyakit yang sering menyerang tanaman mangga, dengan mengenal dan mengetahui penyakit yang menyerang tanaman mangga tentunya kita dapat dengan mudah mengendalikan serangan penyakit tersebut sebelum menyerang tanaman yang kita budidayakan. Mari simak beberapa uraian tentang macam-macam penyakit tanaman mangga.

Penyakit pada tanaman mangga

  • Penyakit gleosporium
Penyakit ini disebabkan oleh cndawan Gleosporium mangifera. Gejala yang ditimbulkan akibat serangan cendawan ini adalah bunga mangga menjadi layu dan terjadi pembusukan pada buah mangga. Gejala yang nampak pada daun adalah adanya bintik bintik hitam dan permukaan daun menjadi menggulung. Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah menjaga kebersihan kebun, memusnahkan bagian tanaman yang terserang dan dapat dengan pengendalian secara kimiawi dengan menggunakan fungisida.
  • Penyakit diplodia
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan diplodia sp. Cendawan diplodia biasanyan tumbuh pada tanaman yang luka baik karena serangan hama maupun luka bekas okulasi. Untuk mencegah timbulnya jamur ini adalah sebaiknya luka bekas okulasi di tutup dengan menggunakan parafin-carbolineum. Pengendalian secara kimiawi dapat menggunakan fungisida atau bubur bordeaux.
  • Cendawan jelaga
Penyakit ini disebakan oleh cendawan Meliola mangifera atau jamur Capnodium mangiferum. Gejala yang ditimbulkan akibat serangan cendawan ini adalah daun mangga yang diserang berwarna hitam seperti beledu. Warna hitam ini disebakan oleh cairan manis (embun jelaga) yang dikeluarkan oleh jamur tersebut. hal ini menyebabkan fotosintesis terganggu karena seluruh permukaan daun tetutupi jelaga hitam. Salah satu cara pengendalian penyakit ini adalah memberantas serangga yang menghasilkan embun madu salah satunya adalah wereng.
  • Bercak karat merah
Penyebab penyakit ini adalah ganggang Cephaleros sp. Penyakit ini menyerang bagian daun, ranting, bunga dan daun. penyakit ini sangat mempengaruhi proses pembuahan sehingga menyebabkan produksi buah sedikit. Salah satu cara pengendalian untuk penyakit ini adalah dengan pemangkasan cabang, ranting dan secara kimiawi dengan penggunaan pestisida.
  • Kudis buah
Penyakit ini disebabkan oleh patogen Elsinoe mangifera .gejala yang ditimbulkan adalah adanya bercak kuning yang nantinya berubah menjadi abu abu pada permukaan daun. gejala lain adalah gagalnya proses pembuahan sehingga bunga dan buah berjatuhan. Pengendalian yang bisa dilakukan untuk penyakit ini adalah dengan fungisida Dithane M-45.
  • Penyakit Antraknose
Gejala yang ditimbulkan adanya bintik bintik berwarna hitam pada bagian flush (pucuk muda), malai dan buah. Biasanya serangan penyakit ini banyak pada musim hujan saat kelembaban tinggi. Penyakit ini menyebabkan bunga gagal berbuah dan rontok. Salah satu cara pengendalian penyakit ini adalah mengatur kelembaban salah satunya dengan cara pemangkasan. Selain itu, bagian tanaman yang terserang dikumpulkan kemudian dibakar.

Demikian beberapa penyakit penting pada tanaman mangga. Disarankan untuk mengambil langkah pengendalian hama terpadu agar lebih efektif dan ramah lingkungan.