Penyakit Tanaman Tomat

Advertisement
thumbnail postingan
Penyakit tanaman tomat - tomat merupakan salah satu tanaman hortikultura yang digemari masyarakat Indonesia dan memiliki potensi yang sangat baik. luas panen tomat di Indonesia dalam tahun 1998 adalah 45.129 hektar dan total produksi 581. 707 ton dengan rata-rata hasil panen sekitar 12,89 ton. Nilai ini masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata produktivitas tomat di negara maju seperti Amerika Serikat yang dapat mencapai 39 t/ha. Salah satu faktor pembatas dari budidaya tanaman ini adalah adanya serangan penyakit dan hama tanaman tomat.

Penyakit pada Tanaman Tomat

  • Penyakit rebah kecambah
Penyakit ini disebakan oleh cendawan seperti Phytium sp. Rhixoctonia solani, Fusarium sp. Gejala yang disebakan oleh cendawan ini adalah biasanya batas di atas tanah menjadi memar dan berair,kemudian batang disekitar luka tadi mengalami pengerasan sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Biasanya serangan penyakit ini akan meningkat pada saat musim hujan karena patogen ini akan tumbuh baik dilingkungan yang memiliki kelembaban tinggi,
  • Penyakit busuk daun
Penyakit busukdaun disebabkan oleh patogen Phytopthora infestan. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah adanya bercak basah yang berwarna abu abu pada daun tanaman. Patogen ini tumbuh baik pada lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi, karenanya serangan terberat oleh penyakit ini pada saat memasuki musim hujan.
  • Penyakit bercak kering
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Alternaria solani. Cendawan ini menyerang pada sejak tanaman masih muda (bibit). Gejala yang ditimbulkan adalah adanya bercak gelap pada bibit tanaman yang terbentuk pada hipokotil, batang dan daun. Pada tanaman dewasa, gejala ynag ditimbulkan adalah adanya bercak coklat dengan garis melingkar seperti cincin pada batang maupun daun yang terserang. Gejala pada buah, buah menjadi pecah pecah dan sedikit kentot.
  • Penyakit layu
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Gejala yang ditimbulkan adalah adanya tanamna yang layu scara tiba tiba pada sebagian daunnya,kemudian menyebar pada seluruh daun dan kemudian daun mengerin hingga akhirnya mati. Apabila pangkal batang dibelah dan dicelupkan pada air bening akan timbul cairan seperti lendir yang berwarna putih. Cairan inilah yang disebut masa bakteri. 

Demikian beberapa contoh penyakit penting tanaman tomat. Disarankan untuk melakukan langkah pengendalian hama terpadu tanaman tomat agar lebih efektif dan ramah lingkungan.
Advertisement