Tips dan Cara Agar Tidak Mudah Pikun

Advertisement
thumbnail postingan
Tips dan Cara Agar Tidak Mudah Pikun - seiring berjalannya waktu, daya ingat setiap manusia menurun. Sering sekali kita melihat orang tua lupa menaruh barang yang ia taruh sendiri, atau tanpa sadar berbicara berulang ulang yang sudah pernah diceritakannya. Namun faktanya, masalah menurunya daya ingat tidak hanya dialami orang tua saja. Banyak orang yang masih relatif muda, namun mengalami masalah seperti ini.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak mudah pikun atau sering lupa.

Cara Agar Tidak Mudah Lupa

  • Rilekskan otak
Tips pertama yang bisa dilakukan adalah merilekskan otak. Jangan biarkan otak anda terlalu diporsir atau tidak diberi jeda istirahat. Ini akan berpengaruh pada kesehatan otak anda yang dapat menyebabkan daya ingat lebih cepat menurun dibanding seharusnya. Setelan anda lelah berfikir, cobalah cari aktivitas yang dapat menyegarkan kembali otak anda. Seperti jalan jalan menikmati keindahan alam, bercengkrama sejenak dengan teman atau orang lain, bermain game juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat otak anda rileks dan memberikan sensasi yang menyenangkan pada anda.
  • Asah otak anda
Seorang kawan pernah berkata “Jangan biarkan otak anda berhenti berfikir” statement tersebut bukan berarti anda harus memporsir otak anda agar terus menerus berfikir, tapi lebih ke “sering seringlah mengasah otak anda” jangan biarkan otak anda berdebu karena jarang digunakan lakukan beragam cara mempertajam otak. Aktivitas ini bisa diisi dengan banyak membaca buku, berdiskusi dengan orang lain. Atau dapat memainkan permainan yang berkaitan denga asah otak seperti menjawab pertanyaan atau mengisi teka teki silang.
  • Senam otak
Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan senam otak. Ini berfungsi untuk menstimulasi agar otak anda dapat bekerja secara optimal. Senam otak ini bisa dilakukan dengan gerakan gerakan kecil, atau bisa juga membuat otak anda berfikir dengan cara mengingat ingat apa yang sudah dipelajari atau dilakukan sebelumnya, menyebutkan lagu yang anda gemari,dan lain sebagainya.
  • Mengonsumsi makanan otak
Hal lainnya adalah pastikan otak anda memperoleh asupan nutrisi yang cukup agar selalu sehat, otak yang sehat dapat mempertajam ingatan anda dan bekerja optimal. Beberapa makanan yang berguna untuk menutrisi otak anda adalah beberapa jenis sayuran hijau, ikan dan buah buahan.

Demikianlah beberapa tips dan cara agar tidak cepat pikun, sayangi otak anda dan selamat mencoba.
Advertisement