Selasa, 12 Januari 2016

Cara Alami Mengusir Nyamuk yang Ampuh

Advertisement
Advertisement

cara alami mengusir nyamuk
Cara Alami Mengusir Nyamuk – nyamuk merupakan salah satu seragga yang cukup menjengkelkan. Apalagi jika anda mendengar suara bising dari serangga ini ketika hendak tidur, dapat membuat anda naik darah dan tidak bisa tidur. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak anti nyamuk berkembang di indonesia mulai dari anti nyamuk bakar hingga anti nyamuk listrik.

Selain dengan menggunakan anti nyamuk tadi, ada juga beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Bahan alami tersebut relatif mudah didapatkan dan dapat membantu anda mengusir nyamuk nyamuk menjengkelkan tersebut sehingga rutinitas anda tidak lagi terganggu.

Bahan Alami Untuk mengusir Nyamuk

  1. Kemangi

    Selain dapat menyehatkan tubuh, kemangi dapat dijadikan salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah anda, kemangi memiliki kandungan senyawa alami yang cukup menyengat sehingga dapat megusir nyamyk nyamuk karena tidak betah mencium aroma dari daun kemangi tersebut. Anda dapat menaburkan beberapa potong daun kemangi diruangan untuk mengusir nyamuk di ruangan anda.

  2. Krisan

    Bunga ini juga dipercaya dapat menjadi salah satu bahan untuk mengusir nyamuk, bahkan krisan juga di gunakan menajdi salah satu bahan anti nyamuk pada industri industi obat nyamuk. Cobalah untuk menanam krisan di sekitan pekarangan rumah anda atau meletakan bunganya di ruangan rumah. Selain dapat menambah keindahan dirumah juga da;at mnjadi pengusir nyamuk dan beberapa serangga lain.

  3. Kulit Jeruk

    Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Secara alami, kulit jeruk mengandung senyawa alami yang tidak disukai nyamuk. Sehingga bisa dijadikan solusi untuk mencegah nyamuk agar tidak bersarang di rumah anda. selain itu, jeruk juga dapat menjadi salah satu cara alami memutihkan kulit wajah yang aman dan ampuh.

Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk

  1. Geranium

    Tanaman Geranium ataupun tapak dara mengandung senyawa yang disebut geraniol dan sitronelol yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Kedua zat ini juga mudah terbang dan memenuhi udara. Menanam tanaman ini di pot atau langsung di tanah dapat menajdi salah satu langkah yang cukup efektif untuk mengusir nyamuk di rumah anda.

  2. Zodia

    Zodia merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yaitu dari daerah Papua. Orang Papua biasa mneggosok gosok daun ini ke tubuh mereka ketika kan pergi ke hutan agar terlindung dari gigitan serangga terutama nyamuk. Zodia memiliki kandungan yang dinamankan Evodiamine dan Rutaecarpine yang terlah terbukti efektif untuk mengusir nyamuk.


  3. Serai Wangi

    Tanaman lain yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk adalah tanamn serai wangi. Tanaman ini memiliki zat yang bernama geraniol dan sitronelala yang tidak disukai nyamuk. Menanam serai di halaman rumah dapat menjadi salah satu cara untuk mengusir nyamuk secara alami.

  4. Lavender

    Lavender juga merupakan salah satu bahan alami yang sudah terbukti dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki kandungan yang bernama linalool dan lynalyl acetate yang terbukti tidak disukai oleh nyamuk. Cara mengambil manfaat dari bunga ini adalah dengan menanam bunga lavender di halaman rumah atau dengan menggosok gosokan bunga lavender di tangan atau bagian tubuh lain.

Mengusir Nyamuk dengan Perangkap Alami


Anda bisa juga mengusir nyamuk dengan memanfaatkan barang bekas. Bahan yang digunakan untuk membuat perangkap ini adalah botol plastik bekas minuman mineral yang berukuran 1,5 L atau dapat lebih, plastik hitam atau kertas, pisau pemotong, air panas 200ml, 50 gr gula merah dan bubuk ragi sebanyak kurang lebih 1gr. Sebelum membuat alatnya, terlebih dahulu membuat cairan fermentasi dengan cara melarutkan 50 gr gula merah pada 200 mL air yang sudah di panaskan. Biarkan hingga dingin kemudian tambahkan ragi dan diaduk rata. Untuk membuat perangkap, botol air mineral dipotong menjadi 2 bagian pada sepertiga bagian atas botol. Bekas potongan botol yang berbentuk corong jangan dibuang tetapi di balik posisinya yang mengerucut bekas potonganya di bagian bawah.

Demikian beberapa cara Alami Mengusir Nyamuk yang Ampuh. Semoga bermanfaat.