Cara Cepat Tidur dengan Langkah Mudah

Advertisement
Cara Cepat Tidur
Cara Cepat Tidur – tidak sedikit orang yang mengalami maslah tidur, padahal tidur cukup itu menjadi salah satu hal yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak hak yang dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang idur atau bergadang, mulai dari tuntutan pekerjaan, keasyikan main game , stress, depresi dan sebagainya.

Salah satu cara untuk mengatasi maslaah ini adalah dengan mengonsummsi suplemen tidur. Tetapi ternyata ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu anda cepat tidur dengan nyenyak. Mau tau apa aja cara cara lain agar cepat tidur dengan nyenyak? Mari simak uraian berikut ini:

Tips Cepat Tidur

  1. Menggunakan Bantal dan Kasur yang Nyaman

    Seringkali tempat tidur yang dirasakurang nyaman dapat membuat and akesulitan untuk segera tertidur. Fikiran untuk mengganti kasir dan bantal yang lebih nyaman pasti akan membayang di benak anda sehingga menjadikan anda sulit untuk tidur. Untuk itu, cobalah untuk menjaga kenyaman dan kebersihan kamar mulai dari rutin menjemur kasur ataupun mencucui spray dan sarung bantal anda karena suasana tmpat tidur yang nyaman dan bersih dapat menambah kenyamanan anda saat tidur.

  2. Matikan Seluruh Perangkat Elektronik

    Ketika anda hendak tidur, ada baiknya mematikan sekuruh perangkat elektronik mulai dati televisi sampai handpone anda. Karna jika anda sedang menatap layar televisi ataupun handphone dapat juga membuat pelepasan hormon pada tubuh anda tertunda sehingga menjadikan anda menjadi lebih sukit untuk tidur.

  3. Menggunakan pengharum Ruangan

    salah stau pengharum ruangan yang bisa digunakan untuk menstimulasi anda agar cepat tidur adalah bau minyak esensial. Meinyak esensial ini dapat membant fikiran anda menjadi lebih rileks sehingga dapat menyebabkan anda mudah tidur. Lavender merupakan salah satu minyak esensial nomor satu yang dapat mendorong anda untuk tidur nyenak. Cara mendapatkan aroma dari bungan lavender ini adalah dengan meneteskan minyak lavender pada kain atau sarung bantal anda, atau dapat juga di teteskan kedalam air dan ditempatkan dalam diffuser di kamar tidur anda.

  4. Berendam Air Hangat

    salah satu Cara agar dapat tidur dengan cepat adalah dnegan berendam di air hangat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli mengatakan bahwa berendam dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Air hangat dapat membebaskan anda dari perasaan stres dan dapat meningkatkan suhu tubuh anda sehingga memacu pelepasan hormon yang mendinginkan ketika saatnya tidur. Berendam selama kurang lebih 20 menit sebelum tidur dapat menjadi salah satu cara agar cepat tidur, anda juga dapa menambahkan minyak esensial pada air yang digunakan untuk berendam agar fikiran anda lebih rileks.

Makanan yang Membantu Cepat Tidur

  1. Buah Ceri

    Salah satu makanan yang dapat membantu anda agar cepat tidur adalah buah ceri. Menurut studi penelitian bahwa buah ceri mengandung melatonin yang dapat membantu menangani masalah tidur. Melatonin adalah hormin yang diroduksi oleh kelenjar pineal yang berfungsi untuk mengontrol siklus tidur dan bangun kita. Disarankan untuk meminum satu cangkir jus ceri atau sekitar seperdelapan cangkir untuk ceri kering.

  2. Magnesium

    Seorang Penulis sekaligus herbalis brigitte mars merekomendasikan makanan yang kaya kan kalsium dan magnesium dikosumsi oleh anda yang memiliki masalah tidur. Kalsium dan magnesium dipercaua dapay menringankan gejala gangguan tidur. Beberapa makanan yang mengandung kalsium dan magnesium adalah sayuran berdaun hijau, kacag almond, buah ara dan masih banyak lagi.

Agar Cepat Tidur dengan Peregangan Sederhana

Melakukan peregangan sebelum tidur ternyata dapat membantu anda melepaskan ketegangan otot dan dapat membuat tubuh anda rileks sehingga dapayt membuat anda cepat tidur. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh pusat penelitian kanker di seattle mengemukakan bahwa wanita yang membentangkan tubuh bagian atas selama kurang lebih 15- 30 menit mengalami penurunan masalah tidur sebanyak 30%. Cara melakukan streching adalah dengan berbaring telentang di tempat tidur atau lantai, bungkukan kaki kanan seolah olah mencoba menyentuh lutut ke dagu anda hingga ada merasakan peregangan di hamstring dan punggung bagian bawah. Tahan posisi demikian selama kurang lebih 15- 20 menit dan lakukan bergilir dengan kaki yang lain. Setelah itu, Duduklah dalam posisi bersila, letakkan tangan kanan Anda di lantai di samping Anda dan angkat tangan kiri keatas telinga. Miringkan tubuh ke kanan, bahu kebawah di lantai, tahan selama 10 sampai 15 detik kemudian ulangi di sisi lain.

Demikianlah beberapa Cara Cepat Tidur dengan Langkah Mudah. Selamat mencoba.
Advertisement