Kamis, 28 April 2016

Cara Cepat Menghafal Dengan Teknik Sederhana

Advertisement
Advertisement

cara cepat menghafal
Cara Cepat Menghafal – Seringkali menghafal ataupun mengingat sesuatu menjadi hal yang dirasa sulit bagi sebagian besar orang. Kemampuan menghafal maupun mengingat sesuatu sangat penting dimiliki oleh manusia, karena terkadang kemampuan ini sangat menunjang prestasi baik di dunia akademik maupun dunia kerja.

Sebenarnya menghafal atau mengingat sesuatu tidak begitu sulit selama kita mengetahui trik dan tips nya. Salah satu contoh trik menghafal adalah mengulang ulang hafalan, seperti kata pepatah “Bisa karena terbiasa” selain itu, masih banyak lagi trik dan tips yang bisa digunakan agar kita dapat cepat menghafal. Untuk lebih lengkapnya mari simak uraian cara cepat menghafal berikut ini :

Cara Cepat menghafal

  1. Fahami materi
    Hal mendasar yang dapat memudahkan kita dalam menghafal adalah memahami. Karena apabila kita sudah faham terhadap materi yang akan dihafalkan, otak akan lebih cepat memroses hafalan sehingga materi tersebut akan lebih mudah untuk di ingat. Menghafal dengan metode ini akan lebih cepat dibanding orang yang menghafal tanpa memahami materi yang sedang dihafalkannya.
  2. Repetisi
    Seperti yang sudah di jelaskan selanjutnya, repitisi atau mengulang kembali hafalan sangat penting untuk membantu hafalan tersebut terekam sempurna dalam otak. Karena otak manusia menyukai repetisi dan praktik. Anda dapat membaca kembali hal hal yang sudah anda hafalkan, dan lebih bagus lagi di praktekan di kehidupan sehari hari, misal dengan mengajarkan apa yang sudah anda hafalkan ke teman lain. Pengulangan seperti ini sangat berguna untuk memudahkan anda menghafal dan menguasai materi yang sedang anda pelajari dan merupakan salah satu cara mempertajam otak.
  3. Fokus
    Cara cepat menghafal lain yang tak kalah penting adalah berkonsentrasi dan fokus. Carilah suasana yang nyaman untuk anda menghafal sehingga anda dapat berkonsentrasi dengan hafalan anda. Untuk membantu meningkatkan konsentrasi dalam menghafal, anda dapat mencoba mengingat ingat kembali materi yang sudah anda hafalkan minimal 10 menit per hari. Selain meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, hal ini juga dapat membantu meningkatkan memori otak anda.
  4. Percakapan
    Hal terbaik ketika anda menghafal adalah dengan mengkomunikasikan apa yang sudah anda hafalkan atau pelajari ke teman yang lain. Dengan berbicara, secara otomatis otak akan merekam dan menghubungkan dengan sesuatu yang pernah kamu ingat sehingga hal ini efektif dalam membantu anda untuk memperkuat hafalan.

Teknik Cara Cepat Menghafal

  1. Mnemonic
    Mnemonic adalah salah satu teknik cara cepat menghafal yang bersifat abstrak. Teknik ini dibagi menjadi dua yaitu dengan menggunakan sistem gambaran dan sistem persamaan bunyi. Sistem gambaran adalah mencoba menghafalkan sesuatu dengan mengingat ilustrasi gambarnya. Misalkan ketika ingin mengingat Jakarta maka akan mebih mudah ingat apabila mengambarkan Jakarta menjadi Monas. Atau dengan menggunakan sistem prsamaan bunyi, dalam mengingat Negara Singapura anda akan lebih mudah mengingat dengan persamaan katanya yaitu Singa.
  2. Memory Spot
    Memory spot bisa juga diartikan dengan senam otak atau brain gym. Anda dapat mengasah kemampuan otak anda agar dapat berfungsi secara optimal. Apabila otak sudah berfungsi secara optimal tentunya akan memudahkan anda untuk menghafal. Cara melatih otak secara sederhana dapat dilakukan dengan mengisi teka teki silang atau mengolah kata kata.

Tips Cara Cepat Menghafal

Selain dengan menggunakan cara cara tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar dapat mengoptimalkan fungsi otak anda. Salah satu Cara Cepat Menghafal adalah mengonsumsi makanan yang dapat mengoptimalkan kinerja otak anda. Selain itu juga disarankan agar berisstirahat dengan cukup dan menghindari stress. Sesekali anda harus merefresh kembali otak anda misalnya dengan rekreasi atau jalan jalan di alam terbuka bisa juga melakukan aktivitas yang menjadi hobi anda. Dan yang paling penting adalah disarankan jangan terlalu memporsir otak anda. Berikan jeda agar otak anda tetap dapat berfungsi optimal.
Demikian beberapa Cara Cepat Menghafal Semoga bermanfaat.
Baca juga : Tips dan Cara Agar Tidak Mudah Pikun

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon