Minggu, 28 Februari 2016

Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Amandel
Cara Mengobati Amandel – Salah satu penyakit yang kerapkali menjangkiti masyarakat adalah amandel. Tentu saja anda tidak bisa menyepelekan sakit amandel ini karena dapat pula menyebabkan masalah kesehatan lain, apalahi ketika anda menjadi susah makan gara gara terjangkit amandel ini. Amandel dapat menyerang semua kalangan baik itu anak anak hingga dewasa sehingga penyakit ini menjadi salah satu yang harus diwaspasai.

Cara mengobati amandel ini bragam dapat melalui obat obatan yang diberikan dokter melalui operasi dan lainnya. Selain dengan cara di atas, ternyata oengobatan amandel juga dapat dilakukan secara alami dengan memanfaatkan bahan bahan herbal yang ada disekitar rumah anda.mau tau apa saja bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati amandel? Mari simak artikel berikut ini.

Mengobati Amandel dengan Bahan Alami

  1. Madu

    Madu memnag memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Salah satu manfaat madu adalah dapat pula digunakan untuk mengobati amandel dan menjadi salah satu aneka makanan pengganti obat tidur. Cara mengobati amandel dengan madu ini cukup mudah. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dapat pula dicampur dengan obat obat herbal lain. Ini akan membantu meringankan dan menyembuhkan gejala amandel.

  2. Kulit Manggis

    Kulit manggis dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk salah satunya untuk mengobati amandel. Cara mengobati amandel dengan menggunakan kulit manggis ini cukup mudah, caranya dengann mengambil 15 kulit manggis kering kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan air rebusan tersebut. Anda dapat menggunakan air rebusan kulit manggis yang telah dingi n tersebut sebagai obat kumur. Namun perlu diperhatikan, ini hanya obat kumur bukan untuk di minum.

  3. Jeruk Nipis

    Bahan selanjutnya yang dapat membantu mengobati amandel dengan bahan alami adalah dengan jeruk nipis. Kandungam vitamin C yang cukup tinggi dalam jeruk nipis ini dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu jeruk nipis ini juga dapat mengurangi peradangan pada amandel. Cara mengobati amandel dengan menggunakan jeruk nipis ini adalah dengan memeras 2 buah jeruk nipis, kemudian campurkan air perasan jeruk tersebut dengan air kapir sirih. Anda dapat meminum campuran ini secara teratur 3 kali sehari.

  4. Daun Benalu

    Meskipun benalu lebih sering dikatakan sebagai parasit tanaman, ternyata benalu dapat membantu anda untuk mengurangi gejala amandel. Cara mengobati amandel dengan menggunakan benalu adalah dengan menumbuk benalu dan adas pulo waras sampai halus, saring tumbukan tersebut dan seduhlah dengan menggunakan air panas. Anda dapat meminum campuran ini secara rutin untuk mengobati amandel.

Cara Mengobati Amandel

  1. Perbanyak Meminum Air Putih

    Manfaat minum air putih untuk tubuh dan kesehatan memang banyak sekali. Salah satu cara alami untuk membantu menyembuhkan amandel adalah dengan memperbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk memenuhi kebeutuhan mineral tubuh. Selain itu air putih ini juga dapat membantu menjaga kelembaban daerah tenggorokan dan menambah daya tahan tubuh anda.

  2. Konsumsi Makanan Lembek

    Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berteksur lembek, lunak dan encer seperti jus buah dan jus sayur. Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh anda, jangan sampai anda mengalami kekurangan nutrisi. Karena kekurangan nutrisi dapat memperparah infeksi amandel anda.

  3. Hindari makanan Pedas dan Panas

    Anda juga disarankan untuk menghindari makanan pedas dan makanan makanan yang bersifat panas. Makanan yang pedas dan bersifat panas dapat memperparah kondisi amandel anda. Makanan yang harus dihindari untuk penderita amandel contohnya sambal, gorengan, gulai dan sejenisnya.

    Baca juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati Amandel

Selain dengan cara cara diatas anda juga disarankan untuk beristirahat yang cukup. Karena apabila anda kurang istirahat, stamina tubuh anda dapat menurun dan daya tahan tubuh anda berkurang. Ini sangat beresiko memperparah peradangan amandel anda. Apabila anda melakukan pengobatan, lakukanlah pengobatan itu secara disiplin dan teratur untuk hasil yang optimal. Disarankan juga untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah dalam melakukan langkah pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi. Semoga bermanfaat.