Jumat, 26 Februari 2016

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Alami

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Asam Urat
Cara Mengobati Asam Urat – Salah satu masalah kesehatan yaang sering menyerang masyarakat adalah asam urat. Memang, saat ini penyakit penyakit yang biasanya menyerang usia renta dapat pula menyerang orang yang masih relatif muda. Salah satu penyebab dari penyakit penyakit ini adalah karena pola hidup yang kurang sehat.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati asam urat. Salah satunya dengan menggunakan cara cara tradisional yang alami. ada banyak pilihan obat alami yang bisa digunakan para penderita asam urat untuk mengurangi gejala dan menyembuhkan asam urat. Berikut saya uraikan beberapa alternatif herbal bagi pada penderita asam urat:

Mengobati asam urat dengan Bahan alami

  1. Daun Salam

    Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata salah satu khasiat dari daun salam ini adalah membantu mengurangi dan mengobati gejala penyakit asam urat. Daun ini memiliki kandungan flavonoid dan senyawa minyak astiri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia termasuk untuk mengobati penyakit asam urat. Penyakit asam urat juga biasanya berkomplikasi dengan masalah kolestrol. Salah satu keunggulan lain dari daun salam ini juga, ia bermanfaat juga untuk menanggulangi kolestrol dalam tubuh.

  2. Kumis Kucing

    Bahan herbal yang terkenal untuk mengobati asam urat adalah kumis kucing. Tanaman ini dikenal sebagai herbal terbaik yang mujarab. Tanaman ini memiliki kandungan garam kalium yang dapat berfungsi untuk menghancurkan batu pada saluran kencing. Selain itu, tanaman kumis kucing memiliki sifat diuretik yang bermanfaat untuk mengurangi kandungan asam urat berlebih pada tubuh melalui urin saat penderita buang air kecil.

  3. Anting Anting

    Tanaman lain yang dipercaya dapat meringankan gejala asam urat adalah anting anting. Tanaman ini juga dikenal dengan nama akar kucingan atau rumput kokosan. Tanaman ini bermanfaat sebagai tanaman anti radang dan dapat juga bermanfaat sbagai pembersih hati, selain itu, tanaman ini juga dapat berkhasiat sebagai obat asam urat dengan dicampur dengan tanaman herbal lainnya.

  4. Sambiloto

    Tanaman herbal berikutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat adalah tanaman sambiloto. Tanaman yang berasal dari india ini ternyata memiliki berbagai kandungan seperti kalsium, natrium dan kalium yang dapat bermanfaat menjadi tanaman herbal dan salah satunya meringankan gejala dan mengobati penyakit asam urat.

Mengobati Asam Urat dengan Konsumsi Buah

  1. Buah Cerry

    Buah pertama yang dinilai baik bagi penderita asam urat adalah buah cerry. Kandungan zat anti inflamasi yang terdapat pada buah cerry ternyata dapat berperan untuk mencegah pengkristalan asam urat yang dapat menganggu kesehatan manusia. Manfaat lain dari buah cerry ini adalah mampu mencegah peradangan dan nyeri sendi. Untuk penderita asam urat, disarankan untuk memakan buah ini setidaknya 200 gr per hari untuk membantu proses penyembuahannya.

  2. Buah Apel

    Buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan zat yang baik bagi tubuh. Salah satu zat yang terkandung dalam buah ini adalah asam malat yang memiliki kemampuan untuk menetralkan asam urat. Memakan buah apel setidaknya satu buah per hari dapat membantu penyembuhan penyakit asam urat. selain untuk mentralkan asam urat, apel juga merupakan salah satu makanan pembakar lemak perut.

  3. Pisang

    Buah yang banyak dikenal di Indonesia ini ternyata masuk ke dalam daftar buah yang wajib dikonsumsi bagi penderita asam urat. Mengonsumsi buah pisang 4 hingga 8 buah per harinya ternyata dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri pada sendi anda.

    Baca Juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati Asam Urat

Hal yang paling penting dalam mengobati asam urat adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Karena bisa jadi munculnya berbagai penyakit ini dissebabkan oleh pola hidup anda yang kurang sehat. Selain itu, disarankan untuk mengontol jenis makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh anda. Disarankan mengonsumsi makanan makanan yang baik bagi penderita asam urat, misal buah buahan di atas, makanan yang mengandung potasium tinggi, memperbanyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat, dan lain sebagainya. Disarankan juga agar anda selalu berkonsultasi dengan para dokter agar tidak salah dalam melakukan langkah pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Asam Urat dengan Bahan Alami. semoga bermanfaat.