Rabu, 24 Februari 2016

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Cepat

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Gusi Bengkak
Cara Mengobati Gusi Bengkak – Gusi bengkak atau yang dalam istilah kedokteran akrab disebut Gingivitis merupakan suatu keadaan dimana terjadi infeksi dan peradangan pada jaringan gusi. Penyebab dari infeksi dan peradangan ini adalah adanya bakteri yang ada dalam rongga mulut. Secara umum, penyebab utama dari gusi bengkak ini adalah kurangnya menjaga kebersihan mulut.

Gusi yang bengkak tentulah sangat menyiksa penderitanya dan memberikan efek yang tidak nyaman sepanjang hari. Cara mengobati gusi bengkak ini beragam, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan bahan bahan alami. berikut saya uraikan cara cara mengibati gusi bengkak dengan menggunakan bahan alami. untuk selengkapnya, mari simak artikel berikut.

Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

  1. Lada Hitam dan Minyak Cengkih

    Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengobati gusi yang bengkak adalah lada hitam dan minyak cengkih. Cara penggunaan kedua bahan tradisional ini untuk pengobatan gusi bengkak adakah dengan mencampur minyak cengkih dnegan sedikit lada hitam, kenuadian oleskan campuran tersebut pada area gusi yang membengkak. Campuran bahan tradisional ini efektif meredakan nyeri pada gusi yang bengkak dan membantu proses penyembuhannya.

  2. Daun Sirih

    Bahan alami lainnya adalah daun sirih. Daun sirih memiliki kandungan antispetik yang dapat meringanka gejala gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan daun sirih cukup mudah. Caranya adalah dengan mengambil 10 helai daun sirih , kunyit dan garam secukupnya. Rebus ketiga bahan tradisional tersebut kedalam air sebanyak 500 cc hingga mendidih. Kemudian sarung, dan airnya bisa digunakan sebagai obat kumur ataupun diminum langsung.

  3. Air Garam

    Bahan alami lainnya yang dipercaya dapat mengobati gusi bengkak adalah air garam. Air garam memiliki zat antiseptik yang dipercaya dapat melawan bakteri penyebab gusi bengkak. Cara pengobatan gusi bengkak dengan menggunakan air garam cukup sederhana, yaitu dengan menjadikan air garam sebagai obat kumur. Anda dapat berkumur dengan air garam sebanyak 2-3 kali sehari yang kemudian dilanjutkan berkumur dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan ini secara teratur.

  4. Baking Soda

    Bahan lainnya adalah baking soda atau Hidrogen peroksida. Sama hal nya dengan air garam, baking soda mengandung zat antiseptik yang dipercaya dapat melawan bakteri penyebab gusi bengkak. Cara pengobatan dengan baking soda ini adalah dengan menjadikan baking soda sebagai obat kumur. Baking sida juga cukup efektif untuk mengurangi nyeri dari pembengkakan gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

  1. Sikat Gigi Rutin

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab pembengkakan gusi adalah karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Untuk itu, membersihkan gigi secara rutin setidaknya 2-3 kai sehari daoat membantu and ameringankan gejala gusi bengkak dan mencegah terjadinnya pembengkakan pada gusi.ini juga merupakan salah satu cara menyehatkan gigi secara alami

  2. Pijatan Gusi

    Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pemihatan pada gusi. Cara melakukannya adlaah dengan gunakan cari telunjuk untuk memujat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar. Namun, sebelum melakukan pemijatan pastikan tangan anda dalam keadaan bersih agar tidak memperparah keadaan gusi anda. Pijatan pada gusi ini cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit.

    Baca Juga : Cara alami memutihkan gigi cepat dan permanen

Obat Gusi Bengkak

Apabila cara cara tersebut belum berhasil juga, anda dapat menggunakan alternatif obat kimia. Namun, sebelum melakukan pengobatan ada baiknya anda konsultasikan dulu dengan para dokter agar tidak salah dalam melakukan penanganan. Untuk menghilangkan rasa sakit, anda dapat menggunakan obat analgesik. Beberapa contohnya adalah metampiron (antangin), dan asam mefenamat. Selain obat tersebut, anda juga dapat menggunakan antibiotik maupun obat anti radang sesuai dengan anjuran dokter.

Demikian beberapa Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Cepat. Semoga bermanfaat.