Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Langkah Mudah

Advertisement
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Cara Mengobati sakit Tenggorokan – Sakit tenggorokan memang kerap kali menyerang masyarakat tanpa mengenal kalangan. Baik anak anak maupun dewasa semuanya tidak lauput dari masalah ini. Meski pada dasarnya sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi apabila dibiarkan berlarut tentu saja akan sangat menyiksa dan membunculkan masalah lain salah satunya sulit menelan.

Banayk faktoryang dapat menyebabkan sakit tenggorokan ini. Salah satunya akrena disebabkan oleh infeksi kuman maupun bakteri sehingga terkadang antibiotok saja tidak cukup untuk menyembuhkan sakit tenggorokan ini. Salah satu cara untuk menyembuhkan sakit tenggorokan adalah denngan menggunakan obat kimia ataupun menggunakan cara cara alami.

Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Tenggorokan

  1. Sari Cuka Apel

    Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat meringankan gejala sakit tenggorokan adalah sari cuka apel. Sari cuka apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit pada tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan menggunaka cuka apel samgat sederhana yaitu dengan mencampur 2 sendoj makan sari cuka apel dengan satu sendok madu.kemudian tambahkan segelas air. Anda dapat meminum ramuan ini 2 x sehari hingga sembuh.

  2. Sirup Bawang

    Selain diguankan untuk bumbu masakan ternyata bawang juga dapat membantu anda menghilangkan gejala sakit tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan menggunakan bawang ini cupus sederhana caranya dengan merebus 3 siung bawang yang sudah dibersihkan hingga bawang merah menjadi bubur. Setelah itu campurkan bubur bawang merah tersebut dengan 5 sendok makan air hangat dan ditambahkan perasan lemon dan madu.

  3. Jus Lemon

    Bahan tradisonal lain yang dipercaya dapat membantu mengobati sakit tenggorokan anda adlaah jus lemon. Lemon memiliki kandungan antibiotik yang dapat membantu melawan bakteri penyebab radang sehingga efektif untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan anda. Anda dapat meminum langsung jus lemon ii atau dicampurkan dengan madu.

  4. Jahe

    Bahan lain yang dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan anda adalah jahe. Jahe juga dapat membantu menghangatkan tenggorokan dan tubuh anda sehingga dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi jahe bentuk olahan seperti permen jahe atau yang berbentuk minuman seperti wedang jahe susu jahe dan olahan jahe lainnya. selain beranfaat untuk menyembuhkan sakit tengorokan jahe juga merupakan salah satu minuman pembakar lemak perut.

Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Air dan Garam

Selain menggunakan cara di atas, ada cara lain yang lebih sederhana yang dapat anda praktekan untuk mengurangi sakit tenggorokan anda, yaitu dengan menggunakan air dan garam sebagai obat kumur. Kandungan air garam dipercaya dapat bermanfaat untuk menekan dan membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan menggunakan air dan garam ini cukup simple. Anda tinggal melarutkan ¼ sendok garam kedalam 1 gelas air hangat, berkumurlah dengan air garam ini tetapi jangan sampai tertelan. Anda juga dapat menambahkan obat kumur seperti listerin kedalam air garam anda untuk membantu membunuh kuman yang tertinggal pada mulut dan sekitar tenggorokan anda.

Baca Juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan

Ada beberapa macam makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit tenggorokan. Beberapa diantaranya adalah makanan yang perdas, makanan asam,produk susu makanan kering, kafein dan alkohol. Jenis jenis makanan di atas dikhawatirkan dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan anda bertambah parah. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk memperbanyak meminum air putih setidaknya 8 gelas per harinya untuk membantu mencukupi kebutuhan mineral harian dan menjaga tenggorokan anda agar selalu lembab.

Demikianlah beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Langkah Mudah. Semoga bermanfaat

Advertisement