Rabu, 30 Maret 2016

Cara Mengobati Alergi Kulit Secara Cepat dan Efektif

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Alergi Kulit
Cara Mengobati Alergi – Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat adalah alergi. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya alergi kulit. Selain disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan kulit juga dapat juga disebabkan alergi terhadap makanan, hewan, cuaca dan yang lainnya yang menyebabkan terjadinya bentol atau gatal pada kulit.

Alergi pada kulit ini cukup menganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit. Biasanya gejala yang timbul akibat alergi adalah timbulnya ruam merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal. Cara pengobatan alergi ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan bahan alami ataupun dengan obat obatan kimia sintetik misalnya salep.

Mengobati Alergi dengan Bahan Alami

  1. Petai Cina

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati alergi aalah dengan menggunakan petai cina. Cara aplikasi petai cina untuk mengobati alergi adalah dengan menyiapkan 60 gr petai cina dan 10 lembar daun sirih kemudian direbus degan menggunakan 60 cc air hingga mendidih. Oleskan air rebusan pada bagian kulit yang terdampak.

  2. Kunyit

    Cara mengobati alergi lainnya adalah dengan menggunakan kunyit. Cara pengobatan alergi dengan menggunaka kunyit adalah dengan menumbuk kunyit yang sudah tua ersama dengan daun sambiloto hingga benar benar halus dan kedua bahan tercampur. Setelah halus, oleskan campuran ini pada bagian tubuh yang gatal akibat alergi.

  3. Lemon

    Bahan selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Cara aplikasinya adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan minyak kelapa. Aduk hingga merata kemudian oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terkena alergi. Cara ini dapat berguna untuk mengurangi rasa gatal dan membantu penyembuhan alergi.

Cara Mengobati Alergi

  1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

    Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan alergi adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D harian anda. kekurangan vitamin D dapat membuat akergi anda menjadi bertambah buruk. Contoh sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah minyak ikan dan lemak ikan seperti tuna, salmon dan lainnya atau mengonsumsi suplemen vitamin D.

  2. Hilangkan Alergen

    Penyebab alergi setiap orang tidak selalu sama. Untuk mengurangi gejala alergi sebaiknya anda hindari hal hal yang dapat menyebabkan alergi seperti ketika anda alergi terhadap makanan tertentu sebaiknya dihndari.

  3. Hindari Asap

    Asap rokok ataupun jenis asap lainnya ternyata dapat memperburuk alergi anda. sehingga bagi anda yang memiliki masalah alergi, cobalah untuk menghindari asap baik asap rokok maupun asap lainnya setidaknya hingga alergi anda sembuh. Apabila keluarga anda ada yang perokok cobalah untuk meminta tidak merokok di dekat anda setidaknya hingga alergi anda sembuh.

Tips Mengobati Alergi

Anda disarankan untuk mencari tahu penyebab alergi anda dan hindari penyebab alergen tersebut. Disarankan juga agar anda menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah terkena alergi. Selain dengan menggunakan bahan alami di atas, anda juga dapat melakukan pengobatan dengan obat obatan kimia seperti salep. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis obat alergi apa yang aman anda gunakan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Alergi Kulit Secara Cepat dan Efektif. Semoga bermanfaat.