Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Bahan Bahan Alami

Advertisement
Cara Mengobati Batuk Berdahak
Cara Mengobati Batuk Berdahak – Batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap kali menyerang tanpa mengenal usia. Batuk memang tidak terkategori sebagai penyakit melainkan salah satu respon pertahanan tubuh di saluran pernafasan. Batuk dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Baik karena alergi, terkena polusi udara dan masih banyak lagi.

Salah satu cara untuk mengobati batuk dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan bahan herbal. Bahan herbal ini dapat dijadikan alternatif untuk mengobati batuk karena bahannya mudah didapatkan, relatif lebih murah, aman digunakan dan juga manjur untuk meredakan gejala batuk. Berikut saya uraikan bahan bahan apa saja yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati batuk. Selengkapnya, mari simak artikel berikut ini:

Mengobati Batuk Berdahak dengan Bahan alami

  1. Teh Daun Mint

    Salah satu bahan yang diyakini efektif dalam meringankan gejala batu adalah daun mint. Daun ini dipercaya dapat menyembuhkan batuk, infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bronkhitis. Teh daun mint diyakini memiliki efek mengurangi inflamasi dan membuat otot trakea dan ilea anda lebih rileks. Cara mengobati batuk dengan teh daun mint ini cukup sederhana, cukup dengan memetik daun mint secukupnya kemudian rebus dengan air mendidih dan diamkan selama selama kurang lebih 10 menit kemudian saring. Air saringan dapat anda tambahkan madu dan air lemon secukupnya dan disarankan untuk meminumnya secara rutin hingga batuk sembuh.

  2. Kacang Almond

    Cara mengobati batuk berdahak lainnya adalah dengan menggunakan kacang almond. Cara mengobati batuk dengan menggunakan kacang almond ini cukup mudah yaitu dengan merendam 8 butir kacang almond dalam air selama kurang lebih 12 jam. Tumbuk kacang almond yang sudah direndam tersebut hingga menyerupai pasta lembut kemudian tambahkan satu sendok teh mentega dan campurkan hingga rata. Anda dapat memakan pasta ini 3 hingga 4 kali sehari hingga batuk sembuh.

  3. Jus Wortel

    Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk meredakan batuk. Cara mengobati batuk dengan menggunakan wortel cukup sederhana cukup dengan membersihkan 4 wortel kemudian blender, tambahkan blenderan tersebut dengan beberapa sendok teh madu. Anda dapat mengonsumsi jus wortel dan madu ini secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal. Selain dapat mengobati batuk, wortel merupakan salah satu sayuran pembakar lemak perut.

  4. Madu

    Sudah bukan rahasia lagi, madu memiliki banyak sekali manfaaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh salah satunya untuk membantu meredakan batuk anda. anda dapat mengonsumsi madu ini secara langsung aatu dicampurkan dengan bahan bahan herbal lainnya salah satunya dicampurkan dengan teh lemon ataupun jus wortel.

Mengobati Batuk Berdahak dengan Buah Buahan

  1. Jeruk Nipis

    Pengobatan batuk dengan menggunakan jeruk nipis memang sudah dilakukan secara turun menurun dan terbukti ampuh untuk meredakan batuk. Cara mengobati batuk dengan menggunakan jeruk nipis cukup sederhana yaitu dengan memeras satu buah jeruk nipis kedalam sendok kemudian tambahkan kecap secukupnya. Anda dapat meminum campuran ini 2 hingga 3 kali sehari hingga batuk anda sembuh.

  2. Anggur

    Buah lain yang dipercaya dapat mengobati batuk secara cepat adalah buah anggur. Buah ini dipercaya memiliki sifat ekspektoran yang dapat mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan anda dan dapat mengurangi gejala batuk. Anda dapat mengonsumsi anggur ini secara rutin atau di jus tanpa menggunakan gula.

    Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Tips Mengobati Batuk Berdahak

Selain menggunakan cara cara di atas, anda disarankan untuk banyak meminum air putih setidaknya 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan mineral harian anda. untuk meredakan batuk dnegan cepat, anda juga disarankan untuk banyak istirahat. Apabila batuk terus berlanjut anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

Demikian beberapa Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Bahan Bahan Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement