Selasa, 15 Maret 2016

Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami, Cepat dan Efektif

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Batuk Kering
Cara Mengobati Batuk Kering – Salah stau masalah kesehatan yang umum dirasakan masyarakat adalah batu kering. Batuk kering berbeda dengan batuk berdahak karena batuk ini tidak mengeluarkan lendir sehingga apabila dibiarkan berlarut batuk ini dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat tenggorokan anda menjadi sakit.

Penyebab batuk kering dapat beragam mulai dari reaksi alergi hingga merupakan reaksi dari penyakit akut seperti TBC, kanker paru paru dan sebagainya. Cara pengobatan batuk kering juga dapat beraga, selain dengan menggunakan bahan bahan kimia juga dapat menggunakan pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan bahan alami.

Mengobati Batuk Kering dengan Bahan Alami

  1. Kunyit

    Salah satu bahan alami yang dapat bermanfaat untuk meredakan gejala batuk kering adalah dengan menggunakan kunyit. Kandungan antibiotik yang terdapat pada kunyit efektik untuk melawan kuman penyebab batuk kerung dan mampu menyembukan peradangan pada saluran pernafasan. Cara mengobati batuk kering dengan menggunakan kunyit adalah dengan mencampurkan satu sendok bubuk kunyit dengan 1sendok madu. Seduh kedua bahan tersebut dengan menggunakan air hangat dan minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

  2. Jahe

    Rempah yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda salah satunya untuk mengobati batuk. Cara mengobati batuk kering dengan menggunakan jahe adalah dengan menumbuk kasar jahe kemudian dicampurkan dengan segelas teh hangat. Teh jahe ini dapat berguna untuk menngurangi gejala batuk sekaligus menghangatkan tubuh anda.

  3. Daun Pegagan

    Cara mengobati batuk kering yang lainya adalah dnegan menggunakan daun pegagan. Cara mengobati batuk kering dengan menggunakan daun pegagan adalah dengan memblender 30 gr daun pegagan dnegan gula batu secukupnya dan 150 cc air hangat hingga halus. Saring dan minum airnya secara rutin 2 kali sehari hingga batuk anda sembuh.

  4. Air Putih

    Manfaat minum air putih bagi tubuh dan kesehatan
    memang sangat banyak. Selain untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi juga dapat bermanfaat untuk meredakan rasa gatal dan kering pada tenggorokan ketika terserang batuk kering serta dapat menghindarkan tenggorokan dari lecet. Sehingga bagi anda yang tengah terserang batuk kering dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih sekurang kurangnya 8 gelas per hari.

Mengobati Batuk Kering dengan Buah

  1. Belimbing Wuluh

    Salah satu buah yang dapat bermanfaat untuk mengobati batuk kering anda adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Cara mengobati batuk kering dengan menggunakan belimbing wuluh adalah dengan memarut 10 buah belimbung wuluh kemudian ditambahkan segelas air. Saring parutan belimbing wuluh tersebut dan tambahkan garam secukupnya. Anda dapat meminumnya secara rutin 2 kali sehari.

  2. Jeruk Nipis

    Buah lainnya yang dapat bermafaat untuk mengibati batuk kering adalah dengan menggunakan jeruk nipis. cara mengobati batuk kering dengan menggunakan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan kecap. Anda dapat meminumnya secara tertaur 3 kali sehari. Kedua bahan ini telah dipercaya secara turun temurun untuk membantu meredakan batuk.

    Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Bahan Alami

Tips Mengobati Batuk Kering

Bagi anda yang tengah terserang batuk kering disarankan untuk berisitrahat yang cukup agar mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang kelelahan akan membuat daya tahan tubuh anda menurun sehingga rentan terkena penyakit lain. apabila batuk tidak kunjung reda, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan para dokter dan ahli agar tidak salah dalam melakukan langkah pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami, Cepat dan Efektif. Semoga bermanfaat.