Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Secara Alami

Advertisement
Cara Mengobati Batuk Pada Bayi
Cara Mengobati Batuk Pada Bayi – Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada manusia. Batuk dapat menyerang semua kalangan termasuk pada bayi. Seringkali para orang tua berusaha mengobati batuk pada bayi dnegan menggunakan obat obatan kimia padahal sebenarnya dokter menganjurkan agar bayi tidak selalu di beri obat kimia ketika sakit.

Mengobati batuk pada anak tidak harus selalu memggunakan obat dokter atau menggunakan bahan bahan kimia sintetik lain. ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobtau batuk pada bayi salah satunya dengan pengobatan alami. berikut saya uraikan cara mengobati batuk pada bayi secara alami.

Mengobati Batuk dengan Bahan Alami

  1. Jeruk Nipis dan Madu Salah

    satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk pada anak adalah dnegan menggunakan jaruk nipis dan madu. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah dengan mencampur 3 sdm air jeruk nipis, madu murni 4 sdm dan air matang 4 sdm kemudian kukus semua bahan tersebut selama 20-15 menit. Berikan obat tersebut pada bayi berumur 7-11 bulan satu sendok teh sebanyak 2-3 kali per hari.

  2. Jeruk Nipis dan Kecap

    cara mengobati batuk pada bayi lainnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan kecap. Cara pembuatannya adalah denga membelah jeruk nipis kemudian peras airnya. campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis tersebut dengan sedikit kecap kemudian minumkan ramuan tersenut pada bayi diatas 6 bulan.

  3. Minum Air Putih

    Cara lainnya adalah dengan memberi air putih pada bayi anda. Manfaat air putih bagi tubuh dan kesehatan sangat banyak. mengonsumsi air putih dapat membantu menghindarkan bayi anda dari dehidrasi dan akan membantu meringankan batuk pada bayi anda. jika anda menyusui, pastikan asupan ASI sudah sangat cukup dari biasanya.

Cara Mengobati Batuk pada Bayi

  1. Kompres dengan Air hangat

    Anda dapat mengopres si kecil dengan menggunakan air hangat pada kening, leher, lipat paha dan pada ketiak. Jangan selimuti si kecil dengan selimut tebal karena akan membuat si kecil semakin panas. Selimuti dengan selimut kecil saja.

  2. Menggosok Uap

    Cara ini dapat membantu si kecil tidur pulas dimalam hari dan membantu mengurangi gejala batuk ataupun hidung tersumbat. Penggosok uap bisa anda dapatkan di apotek. Caranya sangat mudah anda tinggal menggosokannya pada bagian punggung bayi, leher dan pundak bayi anda.

  3. Mandi Air Hangat

    Cara lainnya adalah dengan memandikan sikecil dengan air hangat. Mandi air hangat daat membanto mengendorkan lendir di dalam hidung dan dapat membantu meringakan gejala batuk pada anak anda.

    Baca Juga : Cara dan Kiat Menidurkan Anak

Tips Mengobati Batuk pada Bayi

Berikan kesempatan bayi anda untuk berisitrahat. Karena anak membutuhkan istirahat yang cukup untuk melawan infeksi dalam tubuhnya, kurang istirahat pada dapat menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun dan sangat rentan terkena penyakit lain. selalu konsultasikan penanganannya pada dokter agar tidak salah dalam melakukan pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Secara Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement