Cara Mengobati Biduran dengan Bahan Alami

Advertisement
Cara Mengobati Biduran
Cara Mengobati Biduran – Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi dimasyarakat d=adalah biduran. Biduran merupakan suatu gangguan kulit yang ditandai dengan adanya bercak merah pada kulit yang terasa gatal. Seringkali bercak merah tersebut tidak hanya menyebabkan gatal tetapi juga akan terassa perih dan panas.

Salah satu faktor penyebab biduran adalah karena alergi terhadap makanan terntentu atau zat kimia tertentu. Penyakit biduran ini terbagi menjadi dua, yaitu biduran ringan dan biduran berat. Untuk biduran ringan tidak diperlukan langkah pengobatan karena akan hilang dengan sendirinya. Bagi anda yang mengalami biduran berat berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati biduran.

Mengobati Biduran dengan Bahan Alami

  1. Kunyit dan Sambiloto

    Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengibati biduran adalah dengan menggunakan kunyit dan sambiloto. Cara mengobati biduran dengan menggunakan bahan ini adalah dengan menyiapkan 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas dan 3 butir bawang merah. Semua bahan tersebut direbus dengan menggunakan 600 cc air hingga mendidih dan tersisa sepertiga bagian. Saring airnya, kemudian setelah dingin minum airnya sebanyak 3 kali sehari.

  2. Jahe dan Cuka Beras Hitam

    Bahan lain yang dapat digunakan untuk membantu mengobati biduran adalah dengan menggunakan jahe dan cuka beras hitam. Cara aplikasinya adalah dengan menyiapkan bahan berupa 100 cc cuka beras hitam , 30 gr jahe dan gula merah. Haluskan jahe dengan cara ditumbuk kemudian rebus dengan semua bahan lainnya. Anda dapat meminum air rebusannya yang sudah dingin sebanyak 2 kali sehari. selain berguna untuk mengobati biduran, jahe juga merupakan salah satu bahan pembuat minuman pembakar lemak perut.

  3.  Minyak Kayu Putih dan Zaitun

    Cara mengobati biduran lainnya adalah denagn menggunakan ampuran minyak kayu putih dan zaitun. Cara aplikasinya sangat mudah anda cukuo menyiapkan kayu putih , minyak zaitun dan mentol kristal masing masing satu sendok makan. Campurkan secara merata kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena biduran.

  4. Daun Sirih

    Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati biduran adalah denagn menggunakan daun sirih . cara mengobati biduran dengan menggunakan daun sirih adalah dengan merebus 20 lembar daun sirih kemudian saring dan minum airnya secara teratur hingga biduran anda sembuh.

Cara Mengobati Biduran

  1. Kompres Air Dingin

    Cara yang dpat anda lakukan untuk mengobati biduran adalah dengan mengompres bagian kulit yang terkena biduran dengan menggunakan air dinginsecara beberapa saat. Ini akan membantu mengurangi rasa nyeri dan gatal serta membantu proses penyembuhannya. Setelah dikompres dengan air dingin, mandilah dengan menggunakan air hangat.

  2. Obat Penghilang Gatal

    Anda juga dapat menggunakan obat penghilang gatal. Jenis obat yang biasa digunakan untuk mengurangi rasa gatal adalah Antihistamin. Tetapi anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah dalam memilih obat.

    Baca Juga : Cara Mengobati Alergi Kulit secara Cepat dan Efektif

Tips Mengobati Biduran

Selain dengan menggunakan cara cara diatas, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan mencari tau penyebab biduran, apabila penyakit biduran anda disebabkan karena alergi hindari penyebab alergi tersebut agar mencegah biduran kembali kambuh. Apabila melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan tradisional hendaklah memilih jenis pengobatan yang cocok untuk anda dan disarankan untk berkonsultasi dengan para dokter dan ahli.

Demikian beberapa Cara Mengobati Biduran dengan Bahan Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement