Cara Mengobati Cacar Air Secara Cepat dan Aman dengan Bahan Alami

Advertisement
Cara Mengobati Cacar Air
Cara Mengobati Cacar Air – Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak anak, tetapi orang dewasa pun seringkali mengalami masalah cacar air ini. Penderita cacar air biasanya memiliki ruam kemerahan pada kulitnya yang lama kelamaan akan membentuk bentolan bentola kecil yang menyebar di area kulit. Bentolan inilah yang biasanya membuat penderitanya merasa gatal.

Tentu saja penyakit ini sangat menganggu, apalagi bila bentolan tersebut pecah dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Selain menggangu estetika juga biasanya menganggu kepercayaan diri seseorang. salah satu alternatif pengobatan cacar air adalah dengan menggunakan bahan bahan alami. bahan alami dapat dijadikan alternatif karena relatif lebih aman dan ampuh menangani masalah kesehatan salah satunya cacar air.

Mengobati Cacar air dengan Bahan Alami

  1. Kacang Hijau

    Salah satu bahan alami yang dapat membantu menghilangkan gejala cacar air adalah kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang dapat membantu menjadikan cacar air kering dan cepat sembuh sekaligus menghilangkan bekasnya. Cara mengobati cacar air dengan menggunakan kacang hijau adalah dengan merendam kacang hijau hingga terlihat membengkak kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan kacang hijau yang telah dihaluskan ini pada bagian tubuh yang terkena cacar air, diamkan hingga mengering kemudian bersihkan dengan air. Anda dapat mengaplikasikannya 2 hari sekali sebelum mandi untuk hasil yang optimal.

  2. Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu bahan rempah yang dapat membantu mengobati gatal gatal pada penderita cacar air. Selain itu, kunyit juga efektif untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Cara mengobati cacar air dengan menggunakan kunyit cukup udah yaitu dengan menghaluskan kunyit dan dioleskan ke bagian tubuh yang terkena cacar air. Diamkan hingga kering selama kurang lebih 10 menit kemudian basuh dengan air hingga bersih.

  3. Madu

    Sudah bukan rahasia lagi, madu merupakan herbal yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh salah satunya untuk membantu mengobati cacar air. Madu dapat membantu anda mengurangi infeksi pada luka termasuk luka yang disebabkan oleh cacar air dan mampu menghaluskan kembali kulit anda yang terkena cacar air. Selain dapat menobati cacar air, madu juga merupakan salah satu aneka makanan pengganti obat tidur. Cara mengobati cacar air dengan menggunakan madu cukup mudah, anda tinggal mengoleskan madu pada bagian kulit yang terkena cacar air, diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

  4. Daun Jarak

    Cara mengobati cacar air yang lainnya adalah dengan menggunakan daun jarak. Cara mengobati cacar air dengan menggunakan daun jarak cukup mudah yaitu dengan menyiapakan sekitar 5 hingga 7 lembar daun jarak kemudian cuci bersih. Rebus air tersebut selama 10-15 menit kemudian campurkan pada air hangat. Anda dapat menggunakan air hangat yang telah dicampur air rebusan daun jarak ini untuk mandi. Disarankan untuk menggunakannya secara teratur 2 kali sehari hingga cacar air anda sembuh.

Mengobati Cacar Air dengan Buah

  1. Mengkudu

    Salah satu buah yang dapat membantu mengobati cacar air adalah mengkudu. Walaupun bau dari buah ini kurang disukai, namun buah ini relatif ampuh untuk membuat cacar air anda cepat mengering. Anda dapat menjadikannya sebagai jus dan diminum secara rutin setiap harinya hingga cacar air anda sembuh.

  2. Pisang

    Bagian buah yang dimanfaatkan untuk mengobati cacar air adalah kulitnya. Kulit pisang diyakini dapat membuang sel kulit mati dan membantu mengobati cacar air. Cara penggunaannya adalah dengan menggosokan kulit pisang pada bekas cacar air, lakukan secara rutin setiap harinya sebanyak 10 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

  3. Kelapa Muda

    Anda juga dapat memanfaatkan air kelapa muda untuk mengobati cacar air anda. anda dapat mengonsumsinya dengan beberapa sendok madu atau dapat menyiramkan air kelapa ini pada bagian tubuh anda yang terkena cacar air.

    Baca Juga : Cara Mengobati Bisul Secara Cepat dengan Bahan Alami

Tips Mengobati Cacar Air

Selain dengan cara cara di atas, untuk mempercepat penyembuhan anda juga disarankan untuk tidak menggaruk kulit. Menggaruk kulit dapat membuat proses penyembuhan menjadi terhambat bahkan dapat menyebar hingga kebagian kulit lain. Selain itu, menggaruk dapat beresiko membuat kulit anda terluka. Anda juga disarankan untuk menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dan rajing mengganti pakaian agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan terutama cacar air.

Demikian beberapa Cara Mengobati Cacar Air Secara Cepat dan Aman dengan Bahan Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement