Cara Mengobati Cantengan yang Aman dengan Bahan Alami

Advertisement
Cara Mengobati Cantengan
Cara Mengobati Cantengan – Cantengan merupakan salah satu pemyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada lipata kulit dan kuku pada jempol. Cantengan ini biasanya terjadi karena kuku yang tumbuh menusuk ke kulit sehingga menyebabkan luka dan menyebabkan bakteri mudah menginfeksi bagian kulit tersebut.

Selain menimbulkan nyeri, biasanya cantengan ini juga menyebabkab area kulit yang terinfeksi menjadi bengkak, kemerahan bahkan bernanah. Tentu saja kondisi ini cukup menganggu penderitanya sehingga dianjurkan untuk segera ditangani. Biasanya cantengan ini disebabkan karena esalahan memotong kuku menggnakan sepatu atauu kaos kaki yang terlalu sempit dan masih banyak lagi.

Mengobati Cantengan dengan Bahan Alami

  1. Jahe

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untk menyembuhkan cantengan adalah jahe. Cara mengobati cantengan dnegan menggunakan jahe adalah dengan memarut beberapa ras jahe kemudian campurkan dengan minyak kelapa. Pangganng keda bahan tersebut selama beberapa menit tetapi tidak sampai kering, kemudian tempelkan pada jari yang terkena cantengan. selain berguna untuk mengobati cantengan, jahe juga merupakan salah satu minuman pembakar lemak perut.

  2. Ramuan Daun Kuku Pacar

    Cara mengobati cantengan yang lainnya adalah dengan menggunakan ramuan daun kuku pacar. Cara membauatnya adalah dengan menyiapkan daun kuku pacar yang sdah dibersihkan kemdian tumbuk, camprkan dengan gula merah dan perasan air jeruk nipis. tumbk hingga benar benar halus dan ketiga bahan tercampur. Setelah selesai, tempelkan ramuan tersebut dengan menggunakan perban pada kuku yang terkena cantengan dan diamkan selama krang lebih 4 jam kemudian kganti dengan ramuan yang baru.

  3. Daun dewa

    Bahan lainnya yang dapat membantu mengobati cantengan adalah dengan menggunakan daun dewa. Cara mengobati cantengan dengan menggunakan daun dewa adalah dengan memetik daun dewa secukupnya kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk daun dewa yang sudah dibersihkan tadi kemudian tempelkan pada daerah yang terkena cantengan kemudian tutup dengan menggunakan perban. Anda dapat mengganti perban sehari dua kali.

  4. Daun Tempuh Wiyang

    Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati kuku cantenagn adalah dnegan menggunakan daun tempuh wiyang. Cara mengobati cantengan dengan menggunakan bahan ini adalah dengan menumbuk daun dan batang tempuh wiyang bersama gula pasir kemudian tenpelkan pada kuku yang mengalami cantengan.

Mengobati Cantengan Secara Alami

  1. Merendam Tangan atau Kaki dengan Air Hangat

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati cantengan adalah dnegan merendam kuku yang terkena cantengan dengan air hangat. Cara ini juga bisa anda terapkan sebelm mengaplikasikan salep ataupun bahan herbal alami atau pada awal awal gejala. Caranya cukup mdah anda tinggal menyiapkan air hangat yang dicampr garam jemudian rendam kuku yang terkena cantengan 15-30 menit. Anda dapat mengulanginya hingga 3 kali sehari.

  2. Mencambut Kuku yang Tertancap

    Hal ini dilakukan apabila kuku masih tertancap pada kulit. Untuk mengrangi resiko anda dapat meminta bantuan dokter saat akan melakulkannya. Mencabut kelebihan kuku ini dapat membantu penyembuhan dan mengurangi perluasan infeksi.

  3. Mengeluarkan Nanah

    Apabila kuku cantengan anda kondisinya sdah parah dan mulai bernanah, mengelarkan nanah pada cantengan dapat membant and amengrangi infeksi. Biasanya apabila kuku cantengan tidak segera ditangani dalam beberapa hari akan menyebabkan pembengkakan hingga mengeluarkan nanah.

    Baca Juga : Makanan yang bagus untuk kesehatan kulit agar tampil cantik alami

Tips Mengobati Cantengan

Untuk mencegah cantengan anda dpaat merawat kuku dan kulit disekitarnya dengan baik, anda juga disarankan untuuk menghindari kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan cantengan salah satunya dengan menggigit kuku anda. anda juga dapat melindungi rangan dengan sarng plastik apabila hendak menyentuh detergen atau bahan kimia lain. apabila diperlukan, disarankan juga untuk menghubungi dokter.

Demikian beberapa Cara Mengobati Cantengan yang Aman dengan Bahan Alami. semoga bermanfaat.

Advertisement