Sabtu, 26 Maret 2016

Cara Mengobati Cegukan Secara Mudah dan Efektif

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Cegukan
Cara Mengobati Cegukan – Salah satu masalah yang umum terjadi di masyarakat adalah cegukan. Secara umum, cegukan ringan tidak perlu diobati karena akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Tetapi dalam beberapa kasus cegukan berat, harus segera di bawa ke dokter untuk mendapat penanganan khusus.

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, banyak orang yang tak sabaran menunggu sehingga mencari berbagai cara untuk mengobatinya. Hal ini karena cegukan menimbulkan efek tidak nyaman dan kesulitan untuk menelan makanan atau minuman karena terganggu. Berikut saya uraikan beberapa cara untuk menghilangkan cegukan. Selengkapnya, mari simak artikel berikut:

Mengobati Cegukan dengan Bahan Alami

  1. Minum Air Putih

    Manfaat air putih bagi tubuh dan kesehatan sangat banyak salah satunya untuk membantu mengobati cegukan. Minumlah air putih sedikit sedikit atau agar lebih efektif minumlah air putih sambil menundukan kepala dan minum dari bibir yang bersebrangan agar tidak tumpah. Cara ini biasanya cukup efektif untuk meredakan cegukan.

  2. Selai Kacang

    Cara mengobati cegukan lainnya adalah dengan menggunakan selai kacang. Anda dapat memakan satu sendok selai kacang ketika sedang cegukan. Sifat lengket yang dimiliki selai kacang dapat mengubah irama pernafasan sehingga dipercaya dapat membantu meredakan gejala cegukan.

  3. Lemon

    Cara lainnya anda dapat mengunyah satu iris lemon segar atau olahan jeruk nipis yang dijadikan asinan. Kedua bahan ini dipercaya dapat menganggu pola impuls saraf vagus sehingga dipercaya dapat mengurangi gejala cegukan.

  4. Makanan Asam Jenis

    makanan lain yang dapat membantu menghilangkan cegukan adalah makanan asam. Makanlah makanan asam seperti asam cuka. Rasa asam yang terdapat pada cuka dipercaya daat menstimulasi pernafasan seseorang. rasa asam dapat membuat wajah ana mengernyit otomatis dan dapat menghilangkan cegukan anda.

Cara Mengobati Cegukan

  1. Tahan Nafas

    Anda dapat menaha nafas kira kira 10 detik kemudian bernafas secara biasa. Lakukan secara berulang ulang hingga cegukan anda sembuh. Cara lainnya adlah tahan nafas anda sewaktu mulut kita dimasukan di kantong kertas selama 10 detik kemudian nafas beberapa kali seperti biasa tanpa kantong kertas. Tahan nafas lagi di kantong kertas, lakukan beberapa kali hingga cegukan anda sembuh.

  2. Letakan Jari Tangan ke Langit Langit Mulut

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan cegukan adalah letakan jari anda ke bagian atas mulut (langit langit mulut) kemudian pijat halus secara perlahan lahan, tetapi harus hati hati jangan sampai tergores oleh kuku anda.

  3. Menahan Air dalam Mulut

    Cara lain adalah dengan menahan air di dalam mulut sampai mulut mengembung dalam posisi tegak. Tetap tahan air dalam mulut kemudian menunduk perlahan lahan seperti hendak mencium lutut. Selanjunya telah air perlahan lahan sembari menegakan kembali tubuh anda secara perlahan. Ketika anda kembali tegak, air dalam mulut sudah tertelan habis.

    Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Bahan Alami

Tips Mengobati Cegukan

Selain dengan cara diatas, ada cara lain yang dapat anda lakukan seperti meminta orang mengagetkan anda atau dengan mengusapkan minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ organ anda dapat berfungsi normal kembali. Jika berbagai cara sudah dilakukan tapi cegukan anda tidak segera hilang, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter.

Demikian beberapa Cara Mengobati Cegukan Secara Mudah dan Efektif. Semoga bermanfaat.