Cara Mengobati Diare dengan Mudah Secara Alami

Advertisement
Cara Mengobati Diare
Cara Mengobati Diare – Salah satu masalah kesehatan yang seringkali mengangg masyarakat adalah diare. Diare merupakan salah satu penyakit yang menyerang salran cerna. Apabila tidak segera di tangani, diare dapat juga menyebabkan kematian pada penderitanya. Kebanyakan yang banyak mengalami kematian karena diare adalah balita.

Salah satu gejala dari diare adalah jika seseorang dapat bang air besar sebanyak 3 kali ata lebih dalam sehari dengan keadaan tinja atau feses yang cair. Banyak hal yang dapat menyebabkan diare, salah satunya adalah karena mengonsumsi makanan pedas, asam dan bercampr santan secara bersamaan.

Mengobati Diare dengan Bahan Alami

  1. Daun Kayu Putih

    Salah sat bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati diare adalah daun kayu putih. Cara mengobati diare dengan menggunakan daun kayu ptih cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 6-10 gr kayu putih kering kemdian direbus dengan menggunkan 2 gelas air tawar hingga mendidih dan air rebsan tersisa setengahnya. Anda dapat meminmnya 1 gelas per hari hingga diare sembuh.

  2. Bubuk Kulit Kayu Manis

    Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati diare secara alami adalah bubuk kulit kayu manis. Cara mwengobati diare dengan menggunakan bubuk kayu manis adalah dengab menyeduh 1 ½ gr bubuk kulit kayu manis dengan menggunakan air hangan secukupnya kemudian saring airnya. diamkan hingga dingin kemudian minm sehari 2 kali masing masing 1 gelas.

  3. Anting Anting

    Tanaman lain yang dapat digunakan untuk mengobati diare adalah tanaman anting anting. Cara mengobati diare dengan menggunakan anting anting adalah dengan merebus 40gr tanaman anting anting dwengan 2 gelas air matang hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Anda dapat meminum ramuan ini sehari dua kali masing masing ½ gelas.

  4. Akar Jeruk Nipis

    Bahan lain yang dapat digunakan untk mengobati diare adlaah dengan menggunakan akar jeruk nipis. cara mengobati diare dengan menggunakan akar jeruk nipis adalah dengan mengambil 2-4 potong akar jeruk nipis dan cuci hingga benar benar bersih. Rebus bahan tersebut kedalam 6 gelas air hingga tersisa kira kira 4 gelas kemdian tunggu hingga dingin dan minm airnya tiap sore hari.

Mengobati Diare dengan Berbagai Makanan

  1. Pisang

    Salah satu makanan yang baik bagi penderita diare adalah buah pisang. Buah pisang ini memang dikenal baik untuk menjaga fungsi salran cerna manusia sehingga baik bagi penderita diare. Pisang juga memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi yang dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat terkena diare. Selain untuk mengobati diare, pisang juga merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi pada saat diet.

  2. Youghurt

    Youghurt merupakan salah satu olahan susu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh salah satunya untuk membantu menyembuhkan diare. Youghurt baik dikonsumsi bagi penderita diare karena memiliki kandngan lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bidful yang dapat membantu meneyimbangkan bakteri dalam saluran pencernaan.

  3. Saus Apel

    Makanan lain yang dapat juga membantu menyembuhkan diare adalah saus apel . apel memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Namun, tekstur apel yang kasar dapat menganggu sistem usus yang lemah. Oleh karena itu, mengolah apel menjadi saus apel dapat menjadi alternatif bagi penderita diare.

    baca Juga : Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian, Langkah Menuju Hidup Sehat

Tips Mengobati Diare

Selain dengan menggunakan bahan bahan alami diatas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatilkan oleh penderita diare. Salah sat diantaranya adalah jaga dehindrasi dengan eletrolit yang seimbang. Anda dianjurkan ntk tidak minum air saja, usahakan juga untk menambahnya dengan elektrolit. Anda juga dianjrkan untuk istirahat cukup dan menghubungi dokter jika diperlukan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Diare dengan Mudah Secara Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement