Minggu, 06 Maret 2016

Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Praktis dan Alami

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Gigi Berlubang
Cara Mengobati Gigi Berlubang - Salah satu masalah yang terjadi pada gigi adalah adanya gigi yang berlubang. Gigi berlubang biasanya terjadi pada gigi geraham. Itulah kenapa sakit gigi karena gigi berlubang seringkali sangat menyiksa karena membuat kita susah saat menggigit dan mengunyah makanan.

Banyak sekali penyebab gigi berlubang. Salah satu diantaranya karena terlalu sering memakan makanan yang manis seperti kembang gula, permen, coklat dan sejenisnya. Ada juga yang disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Selain menggunakan obat obatan kimia, ternyata anda bisa juga menyembuhkan gigi berlubang secara alami. berikut cara cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan gigi anda secara alami.

Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami

  1. Cengkeh

    Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang adalah cengkeh. Selai untuk mengobati gigi berlubang, cengkeh juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi dengan cara alami. mengobati gigi berlubang dengan menggunakan cengkeh cukup mudah yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh pada segelas air. Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai obat kumur. Atau anda juga dapat meneteskan minyak cengkeh di kapas kemudian ditempelkan padabagian gigi yang berlubang.

  2. Bawang

    Bawang merah maupun bawang putih dapat juga dijadikan salah satu bahan untuk membantu mengobati gigi yang berlubang. Bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antiseptic dan antibiotik yang dapat digunakan untuk membantu memngobati gigi berlubang. Caranya anda dapat mengahaluskan bawang merah ataupun bawang putih kemudian tempelkan pada bagian gigi yang berlubang. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam pada bawang putih yang sudah dihaluskan untuk hasil yang optimal.

  3. Garam

    Cara mengobati gigi berlubang lainnya adalah dengan menggunakan air garam. Air garam memang sudah terbukti manjur untuk mengobati gigi berlubang dan menghilangkan rasa sakit pada gigi dari sejak dulu. Cara mengobati gigi berlubang dengan menggunakan garam cukup mudahm cukup dnegan melarutkan garam kedalam segekas air hangat kemudian gunakan sebagai obat kumur.

  4. Lada

    Rempah rempah ini juga dapat berkhasiat untuk mengobati gigi berlybang. Cara mengobati gigi berlubang dengan menggunakan lada adalah dengan mencampurkan lada dan garam dengan sedikit air. Campurkan secara merata hingga berbentuk pasta. Anda daoat mengoleskan pasta ini pada gigi yang berlubang, diamkan beberapa saat kemudian kumurkah dengan menggunakan air bersih.

Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami

  1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

    anda juga dapat melakukan perawatan terhadap gigi yang berlbang dengan menggunakan pasta gigi yang khusus gigi berlubang. Umunya pasta gigi yang dianjurkan untuk penderita gigi berlubang adalah yang mengandung xylitol dan kalsium. Kedua bahan ini bermanfaat untuk memberi lapisan baru pada gigi dan menutup lubang kecil pada gigi. Tidak ada salahnya untuk mengganti pasta gigi anda dengan yang mengandung xylitol dan kalsium untuk mencegah lubang pada gigi anda semakin membesar.

  2. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung kalsium dan Mineral

    Seperti yang kita tau, kalsium dan mineral sangat baik bagi kesehatan gigi kita. Sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan mineral dianjurkan bagi anda penderita gigi berlubang. Salah satu contoh makanan yang mengandung kalsium adalah telur dan susu. Kalsium alami ini dapat membantu memulihkan gigi berlubang anda.

  3. Terapi Florida

    Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan terapi florida, terapi ini sangat baik dilakukan ketika pada fase awal kerusakan gigi untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. Biasanya terapi florida ini hanya mengoleskan gel pasta pada gigi untuk memperkuat email gigi. Umumnya terapi ini hanya berlangsung 3-5 menit saja.

    Baca Juga : Cara Alami Memutihkan Gigi Cepat dan Permanen

Tips Mengobati Gigi Berlubang

Selain dengan cara cara di atas, anda juga dianjurkan unruk menghindari makanan dingin dan makanan panas. Karena mengonsumsi makanan dingin dan panas akan menimbulkan nyeri pada gigi anda. selain itu, dapat menyebabkan makanan mudah masuk pada lubang gigi dan memperparah gigi berlubang anda. anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang manis dan dianjurkan untuk sering menjaga kebersihan gigi anda.

Demikian beberapa Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Praktis dan Alami. semoga bermanfaat.