Kamis, 24 Maret 2016

Cara Mengobati Hidung tersumbat pada Dewasa dan Bayi

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Hidung tersumbat
Cara Mengobati Hidung Tersumbat – Salah satu masalah kesehatan yang umum ditemui masyarakat adalah hidung tersumbat. Hidung tersumbat merupakan salah satu kondisi dimana terjadi gangguan penyumbatan pada sebelah hidung maupun kedua hidung. Hal ini mengakibatkan penderitanya menjadi sulit bernafas. Tentu saja ini membuat risih terkebih bagi anda yang ingin tidur pulas.

Banyak penyebab terjadinya hidung tersumbat diantaranya adalah karena alergi, polip, iritasi hidung dan masih banyak lagi. Apabila tidak ditangani, hidung tersumbat ini akan sangat menganggu aktivitas harian dan memberikan rasa tidak nyaman. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati hidung tersumbat, berikut saya paparkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati hidung tersumbat.

Cara Mengobati Hidung Tersumbat pada Dewasa

  1. Uap Air Panas

    Salah sati cara yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala hidung tersumbat adalah dengan menggunakan uap air panas. Uap air panas dapat memabantu anda mengatasi pradangan dan mengencerkan lendir pada hidung anda sehingga proses penyembuhan berlangsung cepat.

  2. Tidur dengan Dua Bantal

    Sering sekali penderita hidung tersumbat merasa sulit tidur karena merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk bernafas.ada hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala hidung tersumbat ketika anda tidur. Caranya adalah dengan tidur menggunakan dua banta. Hal ini dpat berguna mengurangi hidung tersumbat karena adanya gaya gravitasi sehingga mengurangi penumpukan cairan di hidung.

  3. Steaming

    Cara mengobati hidung tersumbat
    lainnya adalah dengan menggunakan steaming. Steaming dapat berguna melancarkan pernafasan dan mengurangi peradangan pada hidung. Cara melakukan steaming adalah dengan menyediakan handuk kecil dan baskom yang berisii air hangat. Rendam handuk dengan air hangat jemudian kurungi kepala dengan handuk tersebut. Usahakan tidak terlalu panas karena dapat berdampak negatif pada kesehatan rambut anda.

  4. Menghirup Minyak Angin

    Cara lainnya adalah dengan menggunakan minyak angin. Anda dapat menghirup aroma minyak angin. Aroma minyak angin ini dapat membantu megencerkan lendir pada hidung anda sehingga dapat meringankan gejala hidung tersumbat. Anda dapat mengoles tipis minyak angin pada bawah lubang hidung anda atau disekitar leher.

Mengobati Hidung Tersumbat pada Bayi

  1. Menggunakan Penyedot Lendir (Aspirator)

    Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan penyedot lendir. Anda dapat mendapatkan aspirator khisi bayi ini di apotek. Sebelum mengunakan aspirator, hendaknya membersihkan dahulu dengan tisue yang sudah dibasahi alkoho kemudian dimasukan perlahan kelubang hidung bayi yang beringus tetapi jangan terlalu dalam. Pencet ringan kemudian lepas dan keluarkan aspirator secara perlahan.

  2. Menggunakan Tissue

    Cara lainnya adalah dengan menggunakan tissue. Anda dapat melipat tissue sedemikian rupa hingga berbentuk runcing dan ukurannya sesuaikan dengan lubang hidung bayi anda. masukan tissue secara perlahan ke lubang hidung kemudian keluarkan ingusnya.

  3. Menggunakan Larutan Salin

    Anda dapat mendapatkannya di apotek atau membuat sendiri dengan cara mencampurkan ¼ sendo teh garam dengan ½ cangkir air hangat. Masukan kedalam botol tetes hidung. Tempatkan bayi anda pada permukaan datar kemudian tetesi dengan tetesan kecil sebanyak 2 tetes sebanyak 3 kali sehari.

Tips Mengobati Hidung Tersumbat

Apabila anda mengalami hidung tersumbat, jangan mengeluarkan lendir terlalu keras karena dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan akan semakin parah. Untuk dewasa, anda juga dapat mengonsumsi makanan pedas, karena makanan pedas dapat membantu anda mengencerkan lendir di hidung anda. apabila selama 10 hari berturut turut hidung tersumbat anda tidak segera sembuh, egera hubungi dokter karena dikhawatirkan menjadi gejala penyakit tertentu.

Demikian beberapa Cara Mengobati Hidung tersumbat pada Dewasa dan Bayi. Semoga bermanfaat.