Cara Mengobati Insomnia Akut Tanpa Obat

Advertisement
Cara Mengobati Insomnia
Cara Mengobati Insomnia – Salah satu permasalahan yang sering dialami masyarakat adalah insomnia atau lebih dikenal dengan susah tidur. Insomnia tidak terkategori penyakit tapi lebuh dikategorikan sebagai gangguan psikologis. Gangguan psikologis ini dapat disebabkan karena banyak faktor seperti stress, tekanan yang terlalu berat hingga tuntutan pekerjaan.

Insomnia harus segera diatasi karena idealnya tubuh memang membutuhkan tidur 8 jam per hari agar tetap bugar dan tidak menganggu kesehatan anda. karena pada hakikatnya manusia memang membutuhkan istriahat yang cukup agar bisa produktif dalam menjalankan aktivitasnya Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah insomnia atau susah tidur ini. berikut beberapa cara untuk mengobati Insomnia :

Mengobati Insomnia dengan Bahan Alami

  1. Akar Melati

    Salah satu bahan yang bisa diadikan sebagai alternatif obat tidur adalah dengan menggunakan akar melati. Cara mengobati insomia atau susah tidur dengan menggunakan akar melai adalah dengan menumbuk ½ jengkal akar melati hingga halus. Kemudian akar melati yang sudah ditumbuk tersebut diseduh dengan menggunakan air hangat.

  2. Sayur Kangkung

    Cara mengobati insomnia lainnya adalah dengan mengonsumsi kangkung. Kamgkung memang dipercaya memilki kandungan yang dapat membuat kita mengantuk dan membantu cepat tidur. Anda dapat mengolah kangkung menjadi berbagai masakan sesuai selera anda sehingga bisa lebih nikmat.

  3. Susu


    Ternyata susu juga dapat membantu anda agar cepat tubuh. salah satu jenis susu yang bisa dugunakan untuk obat tidur adalah susu protein, karena ragam manfaat dari susu protein bagi kesehatan sangat banyak salah satunya untuk membantu agar cepat tidur. Cara untuk menghilangkan insomnia dengan susu ini adalah cukup dengan meminum susu hangat yang dicampur dengan madu saat hendak tidur.

Cara Mengobati Insomnia

  1. Tenangkan Fikiran

    Salah satu penyebab dari insomia biasanya karena dari banyak fikiran dan stres. Anda dapat menenangakn fikiran dengan menggunakan musik, melakukan yoga dan masih banyak lagi. Fikiran yang tenang dapat membuat anda cepat tidur.

  2. Atur Pernafasan Dalam

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia adala dengan mengatur pernafasan dalam anda sebelum tidur. Cara melakukannya adalah, sebelum anda tidur, duduklah ditempat tidur dengan kondisi kaki menyilang. Tarik nafas dalam dalam dan keluarkan pelan pelan. Rilekskan fikiran anda dan atur mindset agar cepat tidur. Lakukan ini berulang ulang hingga anda cepat tidur.

  3. Matikan Lampu

    Seringkali keadaan lampu yang terang dapat membuat anda mengalami kesulitan untuk tertidur. Tidak hanya mematikan lampu, anda juga dapat mematikan hal lain yang mengeluarkan cahaya seperti televisi atau alat elektonik lain. semakin redup, akan semakin banyak hormon melatonin yang diproduksi tubuh anda. hormon melatonin ini dapat membantu melelapkan tidur dan membuat istirahat anda semakin berkualitas.

  4. Tingkatkan Aktivitas di Siang Hari

    Anda juga dapat meningkatkan aktifitas anda disiang hari. Ketika anda banyak beraktifitas tubuh akan menjadi lelah dan memudahkan anda untuk cepat tidur di siang hari. Akan tetapi, porsi aktivitas ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan anda juga. Anda tidak dianjurkan memporsir tenaga hingga mengalami kelelahan.

    Baca Juga : Aneka Makanan Pengganti Obat Tidur

Tips Mengobati Insomnia

Selain dengan cara diatas, anda juga disarankan untuk mengurangi dan menghindari kafein disiang hari apalagi malah meminum kopi di malam hari ketika mendekati jam tidur. Karena kafein dapat membuat anda sulit untuk tidur. And ajuga dapat menetapkan jadwal tidur malam anda, dan hindari aktivitas yang berlebihan di malam hari. Sebaiknya juga matika beragam alat komunikasi dan elektronik seperti televisi ketika hendak tidur.

Demikian beberapa Cara Mengobati Insomnia Akut Tanpa Obat. Semoga bermanfaat.
Advertisement