Cara Mengobati Kaki Bengkak Dengan Mudah dan Cepat

Advertisement
Cara Mengobati Kaki Bengkak
Cara Mengobati Kaki Bengkak – Salah satu masalah kesehatan yang umun dialami masyarakat adalah kaki bengkak. Kaki bengkak atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan sebutan edema merupakan suatu kondisi dimana darah an cairan berkumpul diarea kaki akibat tubuh mengalami masalah dalam melawan gravitasi.

Kaki bengkak atau edema ini dapat disebabkan beberapa hal diantaranya adalah karena obesitas, tekanan darah tinggi atau ibu yang sedang hamil. Meskipun edema tidak berbahaya, tetapi masalah edema dapat menyebabkan rasa tidak nyaman apalagi jika digunakan untuk berjalan. Berikut saya paparkan beberapa cara untuk mengobati edema, selengkapnya mari simak artikel berikut.

Mengobati Kaki Bengkak dengan Bahan Alami

  1. Jahe

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan kaki bengkak adalah jahe. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu melarutkan sodium penyebab kaki bengkak dan memilki kandungan anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan. Cara mengobati kaki bengkak dengan menggunakan jahe adalah dengan memijat kaki dengan menggunakan minyak jahe atau dapat mengonsumsi irisan jahe mentah secara langsung atau meminum wedang kahe 2-3 cangkir. selain dapat mengobati kaki bengkak, jahe juga merupakan salah satu bahan pembuat minuman pembakar lemak perut.

  2. Daun Dandelion

    Bahan lainnya yang da[at membantu mengurangi pembengkakan pada kaki adaah dengan menggunakan daun dandelion. Daun dandelion memiliki sifat diuretik yag dapat membantu mengoptimalkan metabolisme cairan dalam tubuh. Daun dandelion juga dapat bermanfaat mengatur kadar sodium dalam tubuh sehingga dpat mengurangi pembengkakan pada kaki. Cara aplikasinya adalah dengan mencampur 1 sdt daun dandelion segar atau kering kemudian seduh dalam sagelas air panas. Tutup selama kurang lebih 5 menit lalu saring dan minum ramuan ini secara rutin 2-3 kali sehari hingga sembuh.

  3. Lemon

    Cara menyembuhkan kaki bengkak lainnya adalah dengan menggunakan lemon. Cara mengobtai kaki bengkak dengan menggunakan lemon adalah denga mencampur 2 sdm air perasan lemon kedalam segelas air hangat kemudian tambahkan madu murni secukupnya. Minum air lemon ini sehari sekali hingga kaki anda sembuh.

  4. Cuka Sari Apel

    Cuka apel memiliki kandungan potasium tinggi yang dapat mengurangi retensi cairan penyebab kaki bengkak. Cara mengobati kaki bengkak dengan menggunakan cuka sari apel adala dengan mencampur air hangat dan cuka apel murni degan perbandingan yang sama. Rendam handuk kecil di dalamnya kemudian kompreskan handuk tersebut disekitar kaki yang bengkak selama 10 menit beberapa kali sehari. Atau anda dapat juga meminum 2 sdm cuka apel yang dilarutkan kedalam segelas air dan ditambahkan madu secukupnya sebanyak 2 kali sehari.

Cara Mengobati Kaki Bengkak

  1. Contrast Hidrotheraphy

    Cara lain yang dapat digunakan untuk membantu mengobati kaki yang bengkak adalah dengan menggunakan terapi ini. caranya adalah dnegan menyiapkan 2 buah baskom satu berisi air hangat dan santunya lagi berisi air dingin. Rendam kaki di baskom air hangat selama 3-4 menit kemudian letakan kaki di baskom air dingin selama 1 menit. Lanjutkan secara bergantian selama 15- 20 menit. Anda dapat mengurangi proses ini beberapa kali sehari hingga kaki anda membaik.

  2. Pemijatan

    Anda juga dapat memikat kaki anda yang bengka untuk membantu melemaskan otot yang kaku dan meningkatkan sirkulasi. Caranya dengan menggosokan minyak zaitun pada kaki yang terdampak kemudian pijat perlahan area tersebut dengan gerakan maju ke depan. Anda dapat melakukannya beberapa kali sehari.

  3. Mengangkat Kaki

    Cara lainnya adalah dengan mengankat kaki atau memposisikan kaki lebih tinggi dari tubuh. Anda dapat berbaring dikasur dan diberi penyangga bantal yang agak tinggi selama beberapa menit.

    Baca Juga : Cara Mengobati Kaki Pecah Pecah Secara Cepat dan Alami

Tips Mengobati Kaki Bengkak

Selain dengan cara cara diatas, ada beberapa hal lagi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kaki bengkak. Diantaranya adlaah dengan berenangm karena berenang dapat mencegah pembengkakan kaki dan mengurangi gejala kaki yang bengkak. Anda juga disarankan untuk minum banyak air putih setidaknya 8 gelas perhari untuk membantu proses detoksifikasi. Dianjurkan juga untuk mengurangi konsumsi kafein karena dapat memicu pembengkakan kaki lebih parah.

Demikian beberapa Cara Mengobati Kaki Bengkak Dengan Mudah dan Cepat. Semoga bermanfaat.
Advertisement