Minggu, 20 Maret 2016

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Secara Alami

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Kolesterol
Cara Mengobati Kolestrol – Salah satu masalah kesehatan yang mengancam masyarakat adalah penyakit kolestrol atau tingginya kolestrol. Kolesterol adalah lemak yang terdapat pada darah dan sel tubuh yang diproduksi oleh organ liver atau hati. Kolesterol memiliki peran pnting untuk prosses pembentukan dinding sel dan pembentukan hormon. Kolestrol yang membahayakan kesehatan adalah jenis LDL (Low Density Lipoprotein) yang dapat menyebabkan adanya pengendapan pada arteri dan memicu terjadinya penyakit jantung.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kolestrol baik dengan menggunakan obat obatan kimia maupun dengan pengobatan bahan bahan alami atau herbal. Bahan alami dapat dijadikan alternatif pengobatan karena cukup efektif dalam membantu pengobatan kolestrol. Selain itu bahan alami juga relatif lebih murah dan aman dari efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Cara Mengobati Kolestrol

  1. Kurangi Konsumsi Gluten

    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mmbantu pngobatan kolesterol tinggi adalah dengan mengurangi konsumsi gluten. Gluten merupakan sejenis kandungan yang terdapat dalam pati seperti tepung. Salah satu contoh makanan yang mengandung kandungan gluten tinggi adalah mie instans sebaiknya anda menghindarinya.

  2. Olahraga

    Cara lain yang dianjurkan untuk mengurangi kolesterol adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain dapat menurunkan kolesterol, brolahraga juga merupakan salah satu cara gampang untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh anda lebih bugar, jantung anda lebih sehat dan daya tahan tubuh anda menjadi baik.

  3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

    Cara mengobati kolesterol tinggi lainnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Terutama Buah dan sayur yang memiliki kandungan fitosterol dan kandungan serat tinggi yang dapat mempercepat penyerapan kolestrol dalam usus kita. Selain itu, kandungan vitamin dan zat lain dalam sayuran dapat menantu menyhatkan tubuh dan membantu mencukupi kebutuhan gizi harian. Beberapa contoh buah yang mengandung fitosterol diantaranya adalah anggur, apel, kacang tanah, kedelai dan lainnya.

  4. Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah adalah dengan memeprbanyak konsumsi makanan makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Sebagai contoh makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah oatmeal,sayuran dan berbagai macam buah.

Makanan Untuk Mengobati Kolestrol

  1. Gandum

    Salah satu makanan yang dapat menurunkan kolestrol adalah gandum. Gandum meruakan salah sayu jenis sereal bergizi yang dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah dan juga dapat mengatur kadar gula dalam dalam darah. Anda dapat mulai mengonsumsi olahan gandum seperti roti gandum untuk membantu menurunkan kolesterol anda.

  2. Beras Merah

    Makanan lain yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol anda adalah beras merah. Beras merah memilki berbagai kandungan seperti vitami B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang berguna untuk membantu menurunkan kadar lemak darah. Selain itu, beras merah juga memilki kandungan serat tinggi yang juga dapat berguna untuk membantu menurunkan gula darah.

  3. Bayam

    Contoh makanan lain yang baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi adalah bayam. Bayam memliki kandungan yang baik bagi kesehatan jantung dan dapat melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah ini. anda dapat menjadikan bayam ini berbagai olahan masakan, tetapi lebih disarankan makan semangkup sup bayam dan segelas juice setiap hari untuk hasil yang optimal.

    Baca Juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati Kolestrol

Untuk mencegah kolsetrol terus meningkat anda dinajurkan untuk menghindari beberapa jenis makanan seperti gorengan, mentega, kuning telur, telur puyuh, otak sapi, udang, susu berlemak tinggi dan makanan lain yang dapat memicu kenaikan kolestrol anda. anda juga disarankan untuk mulai menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hindari stress dan beristirahatlah yang cukup. 

Demikian beberapa Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Secara Alami. semoga bermanfaat.