Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami dan Medis

Advertisement
Cara Mengobati Luka Bakar
Cara Mengobati Luka Bakar – Salah satu masalah cedera kulit yang banyak dikeluhkan masyarakat adalah luka bakar. Cedera ini dapat disebabkan oleh panas, listrik, bahan kimia, radiasi dan masih banyak lagi. Cedera luka bakar ini dapat memeranguruhi bagian luar kulit sehingga berbeda dengan kulit yang segat pada umumnya. Pada luka bakar yang parah, dapat sampai ke jaringan yang lebih dalam seperti otot dan tulang.

Perawatan luka bakar ini tergantung pada tingkat keparahan luka tersebut. Ada yang luka bakar ringan, sedang hingga berat. Untuk luka bakar yang ringan anda dapat mengobatinya dengan salep atau anti nyeri biasa. Tetapi apabila terkena luka bakar sedang apalagi berat tentunya harus dilakukan perawatan ekstra untuk pemulihannya.

Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami

  1. Madu

    Bahan alami ini memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Madu juga memiliki kandungan antiseptik alami sehingga dapat juga digunakan untuk merawat kulit yang terkena luka bakar. Tentunya madu yang digunakan adalah madu murni buka madu yang sedah diolah atau dicampur dengan bahan lain. cara mengobati luka bakar dengan menggunakan madu cukup mudah anda tinggal mengoleskan madu kebagian kulit yang terkena luka bakar. Diamkan hingga meresap dan mengering kemudian bilas dengan menggunakan air. selain bermanfaat untuk mengobati luka bakar, menggunkan madu juga merupakan salah satu cara alami memerahkan bibir yang sudah menghitam

  2. Susu atau Yoghurt

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan luka bakar adalah dengan menggunakan susu atau youghurt. Susu memang banyak macamnya mulai dari susu sapi, susu kedelai dan masih banyak lagi. Susu yang digunakan untuk mengobati luka bakar adalah jenis susu bebas lemak seperti susu skim. Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan suus adalah dengan membersihkan luka bakar dengan menggunakan alkohol kemudian siramkan susu ke area kulit yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat hingga nutrisinya menyerap kedalam kemudian cuci dengan air bersih.

  3. Lidah Buaya

    Cara mengobati luka bakar lainnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki sel sel dan jaringan kulit yang rusak sehingga dapat digunakan untuk merawat kulit yang terkena luka bakar. Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya yang masih segara pada bagian kulit yang terkena luka bakar kemudian diamkan beberaoa saat higga meresap dan mengering dan bilas dengan menggunakan air bersih.

  4. Mentimun dan Kentang

    Bahan lain yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar adaah dengan menggunakan mentimun dan kentang. Kedua bahan alami ini memang dipercaya memiliki bamyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit sehingga dpat juga digunakan untuk perawatan kulit yang terkena luka bakar. Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan bahan ini adalah dengan meghaluskan dua buah mentimun dan dua buah kentang yang masih segar. Kedua bahan yang sudah dihaluskan da tercanpur tadi kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Diamkan hingga mengering kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

  5. Kulit Pisang

    ternyata bahan yang selalu kita abaikan ini memiliki manfaat laun salah satunya untuk membantu mengobati kulit yang terkena luka bakar. Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan kulit pisang ini cukup muda anda tinggal mengoleskan kulit pisang pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat hingga meresap kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Mengobati Luka Bakar dengan Operasi Plastik

Pada tingkat luka bakar yang parah, biasanya diperlukan penangan lain selain dengan menggunakan bahan bahan alami atau pun obat obatan kimia lain. operasi plastik merupakan salah satu cara yang dapat dulakukan untuk memperbaiki penampilan kulit yang terkena luka bakar. Operasi plastik juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas persendian yang rusak akibat terbakar. Biasanya dokter mengganti jaringan kulit yang rusak tersebut dari potongan kulit anda sendiri yang masih sehat.

Baca juga : Makanan yang Bagus Bagi Kesehatan Kulit Agar Tampil Cantik Alami

Mengobati Luka Bakar secara Medis

Pada tingkat keparahan tertentu, biasanya dokter memberi obat penghilang rasa sakit pada pasiennya. Obat lain yang biasa diberikan adalah antibiotik. Antibiotik ini dapat berguna untuk mengatasi infeksi yang terjadi akibat luka bakar. Seringkali juga dokter memberikan cairan infus secara berkelanjutan pada pasien yang terkena luka bakar. Cairan infus ini ditujukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan kegagalan fungsi tubuh manusia.

Demikian beberapa Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami dan Medis. Semoga bermanfaat.
Advertisement