Kamis, 31 Maret 2016

Mengobati Luka Bernanah dengan Bahan Alami

Advertisement
Advertisement

Mengobati Luka Bernanah
Cara Mengobati Luka Bernanah  - Salah satu masalah yang umum terjadi dimasysarakat adalah adanya luka bernanah pada kulit ataupun bagian tubuh lainnya. Selain menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, luka bernanah ini seringkalimembuat penderitanya cemas dan jengkel. Karena seringkali nanah yang keluar dari tubuh dapat pula menimbulkan rasa malu dan mengurangi kepercayaan diri penderitanya.

Luka bernanah umunya disebabkan oleh infeksi jasad mikroba. Memang jaringan tubuh yang rusak akan diperbaiki dengan sendirinya oleh sel darah putih. Tetapi apabila tidak dilakukan penanganan yang tepat dapat pula menimbulkan masalah lain salah satunya menjadikan luka anda mengeluarkan nanah. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengobati luka bernanah.

Mengobati Luka Bernanah dengan Bahan Alami

  1. Kunyit

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati luka bernanah adalah kunyit. Kandungan antibiotik dalam kunyit dipercaya dapat membantu lukan anda menjadi cepat kering. Cara mengobati luka bernanah dengan menggunakan kunyit adalah denagn memarut kunyit secukupnya kenudian peras dan ambil airnya. bersihkan luka dengan menggunakan air garam kemudian oleskan air perasan kunyit pada bagian tubuh yang luka. kunyit juga dapat dimanafaatkan sebagai salah satu cara mengobati alergi kulit secara cepat dan efektif.

  2. Bubuk Kopi

    Cara mengobati luka bernanah lainnya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Kopi memiliki kandungan antibakteri yang dapat berguna untuk membantu penyembuhan luka bernanah. Cara mengobatinya adalah dengan menaburkan bubuk kopi pada bagian kulit yang luka secara merata hingga luka tertutup tetapi tidak terlalu tebal. Jangan sampai terkena air. Hentikan pengobatan jika terjadi alergi.

  3. Madu

    Bahan lain yang dapat digunakan untuk membantu mengobati luka bernanah adalah dengan menggunakan madu, caranya adalah dngan mengoleskan madu pada bagian kulit yang terluka. Tunggu beberapa saat hingga benar benar mengering kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga luka anda sembuh.

  4. Minyak Tawon

    Pengobatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan minyak tawon. Caranya cukup mudah anda tinggal mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh yang terluka. Penggunaan minyak tawon ini tidak menimbulkan rasa perih dan tidak akan membuat luka terasa kaku.

Cara Mengobati Luka Bernanah

  1. Gunakan Rivanol

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menyembuhkan luka bernanah adalah dengan menggunakan rivanol. Rivanol dapat berfungsiuntuk menghambat pertumbuhan kuman dan berperan penting untuk mencegah luka menjadi lebih parah (infeksi). Rivanol juga dapat membuat luka anda menjadi cepat kering dan membantu peyembuhan luka.

  2. Bersihkan Luka

    Selain dengan cara diatas, anda juga dapat membersihkan luka anda dengan menggunakan garam dan air hangat. Garam dan air hangat dapat membantu membunug bakteri penyebab luka bernanah. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari secara teratur hingga luka anda mengering dan sembuh.

    Baca Juga : Cara Mengobati Luka Bakar  secara Alami dan Medis

Tips Mengobati Luka Bernanah

Untuk mempercepat penyembuhan , anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi protein. Protein dapat membantu menutup luka anda dan menjadikan luka anda cepat kering sehingga mempercepat penyembuhan. Dianjurkan juga untuk tidak menutup luka terlalu rapat karena dapat menbuat luka mudah bernanah bahkan membusuk karena luka tidak mendapatkan udara atau angin yang berguna untuk mengeringkan zat cair.

Demikian beberapa Cara Mengobati Luka Bernanah Secara Cepat dan Efektif. Semoga bermanfaat.