Cara Mengobati Mata Merah Berair Secara Cepat dan Mudah

Advertisement
Cara Mengobati Mata Merah
Cara Mengobati Mata Merah – Mata merah merupakan salah satu masalah yang sering di alami oleh mata kita. Mata merah ini dapat diderita oleh siapa saja dari mulai bayi hingga dewasa. Memang banyak hal yang membuat mata merah. Beberapa dianataranya karena terlalu banyak mengeluarkan air mata karena menagis, terkena debu atau iritasi.

Pada berbagai kasus, biasanya mata merah ini diikuti oleg gejala lain seperti berari bahkan bengkak dan terasa perih. Tentu hal ini sangat menganggu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan mata merah baik secara alami maupun dengan menggunakan obat obatan kimia sintetik. Berikut beberap cara yang dapat dilakukan untuk mengobati mata merah.

Cara Mengobati Mata Merah dengan Bahan Alami

  1. Air Mawar

    Salah satu bahan alami yan dapat digunakan untuk mengobati mata merah adalah dengan menggunakan air mawar. Cara mengobati mata merah dengan menggunakan air mawar ini cukup mudah dan praktis. Caranya adalah dengan mencuci mata yang merah anda dengan menggunakan air mawar dua atau tiga kali sehari. Air mawar dapat memberikan efek sejuk dan dingin yang dapat menenangkan mata dan dapat membantu mengobati mata merah.

  2. Mentimun

    Bahan alami lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan mentimun. Sama seperti hal nya air mawar, kandungan air dalam mentimun ini dapat memberikan sensasi rasa dingin dan menyegarkan pada mata. Irisan mentimun ini juga dapat membuat mata mejadi lebih rileks. Mentimun juga memiliki kandungan anti iritasi yang dapat berguna untuk mengurangi peradangan, bengkak dan iritasi pada mata. Cara mengobati mata merah dengan menggunakan mentimun cukup mudah, anda tinggal meletakan irisan mentimun pada kedua mata anda selama beberapa saat. menggunakan mentimun juga merupakan salah satu cara cepat menghilangkan jerawat membandel secara alami.

  3. Kentang

    Cara mengobati mata merah
    lainnya adalah dengan memanfaatkan kentang. Cara mengobati mata merah dengan menggunakan kentang adalah dengan cara meletakan irisan kentang mentah pada kedua mata anda selama beberapa saat. Kandungan dalam kentang ini dapat membantu membuat mata anda menjadi rileks serta dapat membantu menghilangkan rasa gatal dan membantu mengobati mata merah.

  4. Daun Sirih

    Selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih, cara mengobati mata merah dengan menggunakan daun sirih adalah dengan merebus 4 lembar daun sirih hingga mendidih. Setelah mendidih, saring kemudian dinginkan airnya. setelah dingin, anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih ini untuk mencuci mata anda.

  5. Bawang Putih

    Bahan lainnya yang dapat digunakan adalah bawang putih. Memang pengobatan dengan bawang putih ini pada prosesnya dapat menyebabkan mata anda perih, namun cukup efektif juga untuk mengobati mata merah. Cara mengobati mata merah dengan menggunakan bawang putih adaalh dengan memotong ujung bawang putih kemudian gosokan perlahan sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya pada kelopak mata bawah.

Mengobati Mata Merah Secara Medis

Banyak altrnatif pengobatan mata merah secara medis salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan salep dan obat infeksi. Tetapi penggunaan salep untuk mengobtai mata merah kurang disukai karena memberikan rasa tidak enak pada mata, dan tidak semua orang dapat menggunakannya dengan benar. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan obat infeksi mata sesuai dengan resep dokter karena obat mata yang ada di pasaran belim bisa membunuh bibit penyakitnya dan tidak semua jenis mata merah obatnya sama.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami

Tips Mengobati Mata Merah

Selain menggunakan cara di atas hal lain yang harus diperhatikan untuk mnegobati mata merah adalah jangan menggosok mata anda yang gatal karena dapat menyebakan peradangan dan mendorong alergen masuk lebih dalam pada mata anda. anda juga dapat mengatur pencahayaan diruangan kerja anda, jangan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Cara lainnya anda dapat mengompres mata anda dengan menggunakan handuk yang dibasahi air hangat atau es batu kemudian diletakan pada mata anda.

Demikian beberapa Cara Mengobati Mata Merah Berair Secara Cepat dan Mudah.

Advertisement