Cara Mengobati Mimisan Secara Cepat dan Mudah

Advertisement
Cara Mengobati Mimisan
Cara Mengobati Mimisan – Masalah yang umum terjadi dimasyarakat adalah mimisan atau dalam isitlah kedokteran dikenal denan epistaksin. Epiktasin merupakan suatu pendarahan yang keluar dari lubang hidung yang disebkan oleh lepasnya mukosa yang mengandung pendarahan kecil. Masalah ini dapat menyerang siapa saja dari mulai anak anak hingga dewasa.

Banyak hal yang menjadi penyebab mimisan diantaranya adlaah karena faktor cuaca. Biasanya cuaca panas dapat menjadi penyebab mimisan. Atau dapat juga karena menunjukan gejala atu efek samping penyakit tertentu seperti tumor ataupun demam berdarah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan pendarahan di hidung atau mimisan. Selengkapnya simak artikel berikut.

Mengobati Mimisan dengan Bahan Alami

  1. Daun Sirih

    Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi pendarahan di hidung adalah daun sirih. Cara mengobati mimisan dengan menggunakan daun sirih adalah dengan meremas dauns sirih muda kemudian menggulungnya hingga berbentuk kerucut kemudian masukan kelubang hidung dengan posisi wajah menghadap keatas.

  2. Akar Teratai

    Bahan lainnya adalah dengan menggunakan akar teratai caranya adalah menumbuk 200 gr akar teratai hingga halus kemudian peras airnya dan gunakan sebagai obat tetes hidung sebanyak 2-3 tetes. Anda juga dapat meminum air sisanya untuk hasil yang optimal.

  3. Akar Alang Alang

    Cara mengobati mimisan lainnya adalah dengan menggunakan akar alang alang. Cara aplikasinya adalah dengan merebus 60 gr akar alamg alang kedalam 400 cc air hingga mendidih. Biarkan air menyusut hingga setengahnya kemudian minum airnya selagi hangat.

  4. Pegagan

    Bahan lainnya adlah dengan menggunakan pegagan. Caranya adalah dengan mengambil 60 gr pegagan kemudian direbus dngan 400 cc air hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Kemudian minum airnya selagi masih hangat.daun pegagan juga dapat dijadikan salah satu cara mengobati sakit perut secara alami dan aman.

  5. Kangkung Segar

    Bahan lainnya adalah dengan menggunaka kangkung segar. Caranya adalah dengan menyediakan 25 gr kamgkung segar dan air secukupnya kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Bagi anda yang sering mengalami mimisan anda dapat meminum jus kangkung ini secara teratur.

Cara Mengobati Mimisan

Ketika terjadi mimisan duduk tegak dan jangan berbaring kemudian condongkan tubuh kedepan sehingga dapah keluar lewat hidung dan tidak masuk tenggorokan. Keluarkan darah dan buang darah yang mengalir ke mulut. Gunakan teluntuk anda untuk menekan hindung selama kurang lebih 10 menit untuk memberikan tekanan pada sumber pendarahan dan menghentikan darah. Gunakan pernafasan lewat mulut, kemudian letakan kompres dingin pada pangkal hindung untuk memperlambat pendarahan.

Baca Juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati Mimisan

Apabila pendarahan tidak kunjung berhenti setelah beberapalama sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter. Ketika mimisan, pastikan darah keluar lewat hidung dan jangan sampai masuk ke rongga tenggorokan karena dikhawatirkan dapat menyumbat pernafasan. Segera bersihkan darah yang mengalir ke mulut jangan sampai tertelan karena dapat memicu rasa mual dan muntah.

Demikian beberapa Cara Mengobati Mimisan Secara Cepat dan Mudah. Semoga bermanfaat.
Advertisement