Selasa, 15 Maret 2016

Cara Mengobati Panas Dalam Secara Cepat dan Alami

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Panas dalam
Cara Mengobati Panas Dalam – salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang masyrakat adalah panas dalam. Panas dalam ini dapat menyerang berbagai kalangan usia mulai dari bayi, anak anak, remaja hingga orang dewasa. Sebenarnya panas dalam tidak dikategorkan penyakit. Panas dlaam merupakan salah satu respon tubuh yang mengalami gangguan.

Penyebab dari panas dalam ini dpaat beraneka ragam mulai dari kekurangan asupan vitamin C, serat dan cairan tubuh, terlalu banyak mengonsumsi makanan panas dan berlemak, faktor cuaca dan masih banyak lagi. Cara mengobati panas dalam juga cukup beragam mulai dari menggunakan obat obatan kimian hingga pengobatan dengan menggunakan bahan bahan herbal yang alami.

Mengobati Panas Dalam dengan Bahan Alami

  1. Sari Cuka Apel

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati gejala panas dalam adalahsari cuka apel. Sari cuka apel ini mengandung kandungan antibakterial dan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan. Cara mengobati panas dalam dengan menggunkan sari cuka apel adalah dengan mencampurkan 5-7 sendok sari cuka apel kedalam 1 gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur hingga beberapa menit. Setelah selesai, buang air sari cuka tersebut dan berkumur kembali dengan menggunakan air hangat.

  2. Madu dan Lemon

    Kedua bahan alami ini juga efektif untuk mengobati gejala panas dalam. Cara mengobati panas dalam dengan menggunakan kedua bahan ini adalah dengan mencampurkan 6 sendok madu murni kedalam 3 sendok makan air perasan lemon. Anda dapat meminum ramuan ini secara rutin setiap 2 kali sehari yaitu ketika bangun tidur dan sebelum tidur. selain bermanfaat untuk mengobati panas dalam. madu juga merupakan salah satu aneka makanan pengganti obat tidur.

  3. Air Kelapa Muda

    Cara mengobati panas dalam lainya adalah dnegan menggunakan air kelapa muda. Air kelapa muda inimengandung elektrolit yang cukup tinggi yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan bermanfaat pula untuk membantu mengobati panas dalam. Cara mengobati panas dalam dengan menggunakan air kelapa muda ini adalah anda dapat meminumnya secara langsung atau mencampurkannya dengan madu alami.

  4. Kacang Ijo

    Bahan lain yang dipercaya dapat membantu mengobati panas dalam adalah dengan menggunakan dkacang ijo. Bahan alami ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat menghilangkan panas dalam dan melancarkan sistem pencernaan. Cara mengobati panas dalam dengan mengobati kacang hijau ini adalah dengan merebus 2 genggam kacang hijau dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air saja. Anda dapat menambahkan gula batu dan jahe untuk memperkata rasa. Saring air rebusan tersebut,dan minum air rebusannya secara rutin.

Mengobati Panas Dalam dengan Buah

  1. Jeruk

    Salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita panas dalam adalah buah jeruk. Buah ini memiliki kandungan flavonoid dan fitonutrien yang bermandaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga dapat membantu meringankan gejala panas dalam.

  2. Pisang

    Buah yang umum ditemui di Indonesia ini memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh salah satunya untuk mencegah panas dalam. Pisang memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan diantaranya adalah magnesium fosfor, kalium, dan zat besi. Selain itu kandungan antasid dalam buah ini bermanfata untuk menbantu mncegah kenaikan asam lambung yang dapat menjadi penyebab timbulnya panas dalam.

  3. Apel

    Buah lain yang dipercaya dapat meringankan gejala panas dalam adalah apel. Buah ini mengandung vitamin C dan serat yang cukup tinggi yang dipercaya dapat membantu menghilangkan gejala panas dalam. Selain itu, buah ini juga dapat membantu untuk pencegahan buang air besar, diabetes dan diare.

    Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Bagi kesehatan dan Tubuh

Tips Mengobati Panas Dalam

Secara umum memang gejala panas dalam ini dapat sembuh dnegan sendirinya. Untuk mempecepat penyembuhan panas dalam, anda dianjurkan untuk melakukan pengobatan secara rutin dan dapat dikonsultasikan dengan dikter agar tidak salah dalam melakukan pengobatan. Anda juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan panas dan berlemak setidaknya hingga panas dalam anda sembuh. Dianjurkan juga untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah untuk mempercepat penyembuhan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Panas Dalam Secara Cepat dan Alami. semoga bermanfaat.