Rabu, 30 Maret 2016

Cara Mengobati Pilek pada Bayi Secara Aman dan Efektif

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Pilek pada Bayi
Cara Mengobati Pilek Pada Bayi – Salah satu masalah kesehatan yang umu dialami masyarakat adala pilek. Masalah kesehatan ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa tetapi dapat juga menyerang semua usia termasuk bayi. Banyak para ibu yang belum mengetahui cara penanganan yang tepat untuk membantu menyembuhkan pilek pada si kecil.

Para dokter memang menyarankan agar tidak terlalu banyk memberi obat kimia sintetik pada bayi. Hidung beringus pada bayi juga sebenernya merupakan salah satu cara menyingkirkan kuman dalam tubuh. Namun, jika cairn di hidung terlalu banyak tentu akan menganggu pernafasannya. Berikut cara cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati pilek pada bayi anda.

Cara Mengobati Pilek pada Bayi

  1. Hindari Ruangan AC

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati pilek pada bayi adalah dengan menghindarkan bayi dari ruangan ber AC. Karena suasana dngin dan lembab dari AC dapat memperparah pilek pada bayi anda. gunakan uap air panasyang ditambah dengan minyak esensial seperti mentol untuk mengencerkan lendir dari hidung.

  2. Teh Hangat

    Cara lainnya untuk membantu meringankan gejala pilek pada bayi anda adalah dengan memberi teh hangat. Teh hangat dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan membantu meringankan gejala hidung tersumbat pada bayi. Namun perlu bunda perhatikan pemberian teh hangat ini dapat dilakukan pada bayi berusia di atas 6 bulan.

  3. Tepuk Perlahan Punggung Bayi

    Cara mengobati pilek pada bayi yang lainnya adalah dengan menepuk perlahan punggung bayi anda. hal ini dapat membantu meringankan pernafasannya. Cara melakukannya adalah dengan memposisikan bayi dengan tengkurap pada lutut atau posisikan bayi duduk di pangkuan anda dengan arah condongan ke depan. Tepuk perlahan punggung bayi anda untuk membantu meringankan pernafasannya.

  4. Bersihkan Cairan Hidung

    Hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras. Ini dapat membantu melegakan pernafasannya. Caranya adalah dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Bersihkan perlahan tetapi hati hati jangan sampai melukai hidung bayi anda atau membuat kapas tertinggal di lubang hidungnya.

  5. Gunakan Alat Penyedot lendir

    Cara lainnya adalah dengan menggunakan aspirator atau penyedot lendir. Anda bisa mendapatkan alat ini di apotek. Cara pakainya bersihkan aspirator sebelum digunakan kemudian masukan perlahan kehidung bayi, pencet perlahan kepala aspirator kemudian buang lendirnya.

Mengobati Pilek pada Bayi dengan Bahan Alami

Selain menggunakan cara diatas, anda dapat membuat sendiri obat alami untuk membantu menyembuhkan pilek pada bayi anda. caranya adalah dengan menyiapkan jahe dan kencur. Cara pembuatannya adlah denga mememarkan kedua bahan tersebut pada ukuran kurang dari 1 cm kemudian rebus dengan menggunakan segelas air. Tunggu hingga mendidih, kemudian angkat dan diamkan hingga agak dingin dan berikan pada anak dimalam hari sebelum tidur.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk pada Bayi Secara Alami

Tips Mengobati Pilek pada Bayi

Sebaiknya jangan memberi obat sembarangan pada bayi anda. hindari penggunaan obat obat bebas pada anak usia dibawah 6 tahun karena efek sampingnya dapat membahayakan kesehatan anak anda. disarankan juga menghindari spray hidung pada bayi. Konsultasikan kepada dokter agar tidak salah dalam melakukan langkah pengobatan pada anak anda.

Demikian beberapa Cara Mengobati Pilek pada Bayi Secara Aman dan Efektif. Semoga bermanfaat.