Cara Mengobati Pilek Secara Mudah dengan Alami

Advertisement
 Cara Mengobati Pilek
Cara Mengobati Pilek – Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang masyarakat adalah pilek atau lebih sering dikenal dengan influenza. Pilek atau flu ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan seperti tenggorokan, hidung atapun paru paru. Flu sangat mdah menyebar baik dengan cara kontak langung maupn disebarkan oleh udara ketika penderita bersin.

Tentu saja penyakit ini sangat menganggu terutama bagi anda yang memiliki banyak aktivitas. Karena flu ini menyebabkan hidng tersumbat oleh lendir yang sangat menganggu kenyamanan seseorang. banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati flu baik dengan obat obatan dokter maupun dengan bahan bahan alami.

Mengobati Pilek dengan Bahan Alami

  1. Rempah Rempah

    Rempah rempah seperti jahe, minyak kayu pitih ataupun yang lainnya dapat juga dijadikan alternatif untuk membantu mengobati pilek anda. anda dapat menggunakan bahan bahan tersebut untuk terapi rempah. Caranya adalah dengan mencampurkan bahan rempah tersebut kedalam baskom yang berisi air panas. Anda dapat menempatkan wajah anda diatas baskom sembari menghirup uapnya. Anda disarankan untuk menggunakan handuk agar rambut anda tidak menganggu.

  2. Madu dan Jahe

    Kedua bahan ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan manusia salah satunya digunakan untuk mengurangi gejala influenza. Cara mengobati flu dengan menggunakan bahan ini adalah dengan memarut kurang lebih 2 ras jahe kemudian peras airnya. campurkan air perasan jahe ini dengan madu secukupnya. Anda dapat meminum air ini secara rutin 3 x sehari hingga flu anda sembuh.

  3. Bawang Putih

    Cara mengobati pilek yang lainnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Cara mengobati pilek dengan menggunakan bawang putih ini cukup mudahb yaitu dnegan memotong jng bawang putih kemudian hirup aromanya selama kurang lebih 5 menit. Ini dapat membant mengenerkan lendir dan mengrangi gejala pilek anda.

Cara Mengobati Pilek

  1. Minuman Hangat

    Minuman hangat dinajurkan bagi anda yang sedang mengalami pilek. Memeprbanyak minum air hangat pada saat sedang pilek dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengganti cairan tubh anda yang hilang akibat flu. Selain itu, uap dari air hangat dapat membantu mengelarkan lendir yang menyumbat hidung anda.

  2. Menggunakan Aroma Mint

    Cara lain yang dapat berguna untuk mengurangi gejala flu anda adalah dengan menghirup aroma mentol atau mint. Anda dapat mengoleskan balsem atau minyak kay putih di bawah lubang hidng, tenggorokan dan dada anda. ini dapat membantu anda mengencerkan lendir dalam hidung dan mengrangi gejala flu anda.

  3. Minum Air Putih

    Manfaat minum air putih bagi tubuh dan kesehatan anda memang sangat banyak. anda dianjurkan meminum air putih sekurang kurangnya 8 gelas per hari untuk memenuhi kebuthan mineral harian anda. air putih jga dapat membantu menjaga tenggorokan dan menghilangkan kuman penyebab sakit flu yang bersarang di tenggorokan dan mulut anda sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

    Baca Juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati Pilek

Selain dengan cara diatas anda jga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh anda sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan flu anda. anda juga disarankan untuk beristirahat yang cukup untuk memperkuat sistem imunitas anda. 

Demikian beberapa Cara Mengobati Pilek Secara Mudah dengan Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement