Minggu, 06 Maret 2016

Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Mudah dan Ampuh

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Sakit Pinggang
Cara Mengobati Sakit Pinggang – Masalah kesehatan yang kerapkali dirasakan masyarakat adalah sakit pinggang. Sakit pinggang biasanya sangat berhubungan erat dengan susunan syaraf dan tulang belakang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang sakit pinggamg. Salah satu diantaranya karena jarang berolahraga atau karena faktor lainnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan skait pinggang adalah dengan melakukan pengobatan dengan cara cara alami. cara alami dapat dijadikan alternatif pengobatan karena cukup ampuh dan relatif lebih aman dari efek samping. Berikut saya uraikan hal yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit pinggang. Selengkapnya mari simak artikel berikut:

Mengobati sakit Pinggang dengan Bahan Alami

  1. Daun Dewa

    Salah satu bahan alami yang dapat berfungsi untuk meredakan sakit pinggang anda adalah daun dewa. Cara mengobati sakit pinggang dengan menggunakan daun dewa ini cukup mudah. Anda tinggal mengambil beberapa lembar daun dewa dan dicampur dengan temulawak. Rebus hingga mendidih dan anda dapat meminumnya secara rutin untuk menyembuhkan sakit pinggang anda.

  2. Jahe Merah

    jahe merupakan salah satu rempah yang kaya manfaat salah satunya untuk membantu meringankan sakit pinggang anda. cara mengobati sakit pinggang dengan jahe juga relatif mudah anda tinggal menggunakan rebusan jahe merah untuk diminum sehari hari. Untuk haisl yang optimal, anda juga dapat mencampurnya dengan beberapa tanaman herbal lain seperti temu hitam ataupun daun dewa. selain dapat mengobati sakit pinggang, jahe juga merupakan salah satu minuman pembakar lemak perut.

  3. Akar Ilalang

    Meski di dunia pertanian ilalang dikenal sebagai salah satu gulma penganggu tanaman yang cukup merugikan, tapi ternyata ilalang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia slalah satunya untuk membantu mengobati skait pinggang. Cara mendapatkan manfaat dari akar ilalang ini cukup mudah anda tinggal mengambil beberapa akar ilalang kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Anda dapat meminum air rebusan akar ilalang ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  4. Cabe Rawit

    cabe rawit juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang dengan menggunakan cabe rawit ini cukup mudah. Caranya dengan menghaluskan cabe merah dan jahe kemudian dioleskan pada bagian pinggang yang sakit sembari di pijat perlahan. Campuran dua bahan ini dapat membantu anda meringankan nyeri pada pinggang.

Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

  1. Kompres Hangat atau Dingin

    Cara yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan sakit pinggang anda adalah degan melakukan kompres. Anda dapat memilih mengompres dengan air hangat maupun air dingin. Cara melakukannya cukup mudah. Anda tinggal menaruh air es atau air hangat kedalam botol kemudian tempelkan di bagian yang sakit. Sebaiknya anda menggunakan kain tipis agar tidak langsung menempel ke kulit.

  2. Perbaiki Posisi Tidur

    Seringkali sakit pinggang juga disebabkan karena posisi tidur anda yang salah. Jika anda terbiasa tidur miring kanan, sebaiknya kaki kiri ke atas dan berikan bantal diantara kedua kaki (begitupun sebaliknya). Jika posisi tidur seperti memeluk bantal, letakan bantal dibawah lutut untuk memperbaiki kelengkungan tulang belakang anda.

  3. Relaksasi

    Relaksasi adalah ara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi sakit pinggang anda. ana dapat melakukan relaksasi seperti menarik nafas panjang atau memberikan pijatan lembut pada daerah punggung. Ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah anda dan membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang anda.

    Baca Juga : Mengatasi Nyeri Otot Setlah Berolahraga

Tips Mengobati Sakit Pinggang

Selain dengan cara cara diatas, anda juga dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu anda melancarkan peredaran darah, dan meregangkan otot sendi anda yang kaku. Sehingga mengurangi resiko terkena sakit pinggang. Selain itu juga olahraga teratur dapat membuat tubuh anda fit dan bugar. 

Demikian beberapa Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Mudah dan Ampuh. Semoga bermanfaat.