Senin, 14 Maret 2016

Cara Mengobati Sesak Nafas Secara Tradisional

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Sesak Nafas
Cara Mengobati Sesak Nafas – Sesak nafas merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di kalangan masyarakat, sesak nafas juga dapat merupakan gejala penyakit lain salah satunya penyakit asma yang merupaka salah satu penyakit yang menyerang organ pernafasan anda. penyebab sesak nafas ini dapat bergama mulai dari karena faktor lingkungan yang tidak cocok seperti udara yang terlalu lembab atau lingkungan berdebu dan faktor keturunan.

Penyakit sesak nafas ini dapat dikelompokan menjadi sesak nafas akut dan sesak nafas kronis. Cara mengobati sesak nafas dapat beragam mulai dari menggunakan obat obatan kimia sampe dengan menggunakan bahan alami. bahan alami dapat dijadikan alternatif karena cukup ampuh dan lebih murah karena anda tidak harus membeli obat ke apotek.

Mengobati Sesak Nafas dengan Bahan Alami

  1. Madu

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu meringankan sesak nafas adalah madu. Madu dapat berfungsi untuk mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan anda yang menjadi penyebab terhambatnya aliran udara di prnafasan dan menyebabkan anda sesak nafas. Cara mengobati sesak nafas dengan menggunakan madu adalah dengan mengencerkan satu sendok madu murni dengan sedikit air. Anda dapat melakukan pengobatan ini secara rutin. selain bermanfaat untuk menyembuhkan sesak nafas. madu juga merupakan salah satu aneka makanan pengganti obat tidur.

  2. Jahe

    Salah satu bahan rempah yang dapat membantu meringankan gejala sesak nafas anda adalah dengan menggunakan jahe. Cara mengobati sesak nafas dengan menggunakan jahe adalah dengan menumbuk atau mememarkan satu tuas rimpang jahe kemudian seduh dengan menggunakan air hangat. Saring airnya kemudian minum hingga habis. Atau anda juga dapat merebus jahe segar dan meminum air rebusannya secara rutin. Namun yang perlu anda perhatikan, sebaiknya menghindari jahe yang sudah disimpan lama.

  3. Bawang Putih

    Cara mengobati sesak nafas lainnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih dapat berkhasiat untuk mengurangi cairan lendir dalam rongga pernafasan ada sehingga dapat meringankan gejala sesak nafas anda. cara mengobati sesak nafas dengan menggunakan bawang putih adalah dengan merebus 2 siung bawang putih dengan 200ml air. Anda dapat meminum rebusan ini secara rutin pada malam hari.

  4. Bawang Bombay

    Salah satu jenis bahan alami lain yang dipercaya ampuh untuk mengatasi sesak nafas dan asma adalah bawang bombay. Bawang ini mengandung zat anti inflamasi yang dipercaya dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan dan membantu mengurangi gejala asma. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung untuk pengobatan asma anda.

    Baca Juga : Cara Gampang Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengobati Sesak Nafas dengan Teknik Penafasan Perut

Selain menggunakan bahan bahan alami diatas, ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengobati sakit sesak nafas anda caranya dengan menggunakan metode pernafasan perut. Caranya adalah dengan membaringkan tubuh anda dan letakan bantal tepat pada bagian bawah kepala, lalu tekukan bagian lutut anda sambil menenangkan perut. Setelah itu tekan perut dengan menggunakan satu tangan secara perlahan dan tangan satunya diletakan pada bagian dada. Setelah itu mulai bernafas dari hidung secara perlahan memakan otot perut. Angkat tangan anda yang diletakan pada bagian perut ketika menarik nafas kemudian letakan kembali ketika menghembuskan nafas sementara tangan yang satunya tetap dipertahankan di atas dada. Setelah itu, mulailah bernafas dengan menggunakan mulut. Bernafas terus secara perlahan dari hidung untuk mencegah udara yang tertelan, tahan nafas kembali beberapa saat. Lakukan cara seperti ini seperti saat anda sedang bersiul dengan memajukan bibir kemudian buang nafas perlahan.

Tips Mengobati Sesak Nafas

Untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan sesak nafas anda, ada beberapa hal yang perlu dihindari diantaranya adalah hindari memelihara hewan peliharaan apalagi bila hewan itu dapat menimbulkan alergi pada anda. anda juga disarankan untuk memastikan lingkungan anda bebas dari debu dan berolahraga secara teratur untuk mencegah resiko asama. Disarankan juga untuk berkonsulltasi dengan dokter agar tidak salah dalam melakukan langkah pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Sesak Nafas Secara Tradisional. Semoga bermanfaat.