Minggu, 03 April 2016

Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi yang Aman dan Praktis

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi
Cara Mengobati Biang Keringat – Salah satu gangguan yang seing terjadi pada kulit bayi adalah biang keringat. Biasanya biang keringat ini tersebar di banyak area kulit yang sering lembab dan berkeringat seperti pada lipatan paha, leher, dahi, punggung dan area lain yang biasanya banyak berkeringat dan tertutup. Biang keringat umumnya muncul ketika bayi terkena demam ataupun pilek.

Seringkali biang keringat ini menyebabkan bayi rewel karena biang keringat menyebabkan rasa panas, gatal serta tidak nyaman bagi bayi anda. ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengobati biang keringat pada bayi anda. berikut saya uraikan cara cara alami untuk menyembuhkan biang keringat pada bayi.

Mengobati Biang Keringat dengan Bahan Alami

  1. Daun Krokot

    Tumbuhan yang dikenal sebagai salah satu gulma pertanian ini ternyata memiliki manfaat lain. salah satu manfaatnya adalah untuk membantu menyembuhkan biang keringat pada bayi. Cara ,mengobati biang keringat dengan menggunakan tumbuhan ini cukup mudah caranya dengan merebus segenggam daun krokot (dalam bahasa sunda disebut rumput gelang) dengan 3 gelas air hingga air rebusan tersisa setengahnya. Kemudian dinginkan dan minum airnya. (konsultasikan pada dokter bayi usia berapa yang sudah boleh meminum ramuan ini). tumbuha krokot juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati usus buntu dengan bahan alami.

  2. Mentimun

    Cara mengobati biang keringat pada bayi lainnya adalah dengan menggunakan timun. Cara pengobatannya cukup mudah anda tinggal menghaluskan buah mentimun kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Mentimun juga dapat dicampurkan dengan bedak dingin.

  3. Tepung Tapioka

    Bahan lainnya adalah dengan menggunakan tepung tapioka. Sifat dingin dari tepung ini dapat membantu mendinginkan kulit bayi dan mempercepat penyembuha biang keringat. Cara pengobatannya adalah dengan membersihkan dahulu tubuh bayi (dimandikan) kemudian keringkan dengan handuk halus. Oleskan tepung kanji yang dicampur air pada bagian tubuh bayi yang terkena biang keringat.

  4. Daun Tembelekan

    Bahan lain yang dapat digunakan adalah daun tembelekan atau lantana camara. Kandungan yang terdapat dalam daun ini dapat membantu mengurangi rasa gatal. Cara pengobatan biang keringat dengan menggunakan daun ini adalah dengan merebus segenggam daun tembelekan dengan 3 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Kemudian diamkan hingga hangat. Basuhkan air rebusan yang masih hangat pada bagian kulit yang terkena biang keringat.

Cara Mengobati Biang Keringat

  1. Gunakan Bedak Bayi

    Selain dengan menggunakan bahan bahan alami diatas, bunda dapat mengoleskan bedak bayi pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Salah satu bedak yang baik digunakan untuk mengatasi biang keringat bayi contohnya bedak salicyl yang dicampur dengan sedikit air seperti penggunaan bedak dingin.

  2. Minyak Telon

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu mengobati biang keringat pada bayi anda adalah dengan menggunakan minyak telon. Sebaiknya pilih minyak telon yang memiliki kandungan minyak kelapa 60% agar bayi tidak merasa terlalu panas. Oleskan minyak telon tersebut secara merata pada bagian kulit bayi yang terkena biang keringat.

    Baca Juga : Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak

Tips Mengobati Biang Keringat

Selain hal hal diatas, ada beberapa hal lagi yang perlu bunda perhatikan untuk mengobati biang keringat pada bayi. Beberapa diantaranya adalah hindarkan bayi dari pakaian yang terlalu ketat karena akan menyulitkan keringat ketika keluar dan membuat bayi anda menjadi tidak nyaman. Perhatikan juga sirkulasi udara pada pakaian bayi anda. anda juga dianjurkan untuk memandikan bayi anda secara teratur untuk mencegah bayi terkena biang keringat.

Demikian beberapa Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi yang Aman dan Praktis. Semoga bermanfaat.