Cara Mengobati Demam Berdarah dengan Bahan Alami

Advertisement
Cara Mengobati Demam Berdarah
Cara Mengobati Demam Berdarah – Salah satu penyakit yang kerapkali timbul dan banyak menjangkiti masyarakat adalah demam berdarah atau dikenal juga dengan nama DBD (Demam Berdarah Dengue). Penyakit ini merupakan virus yang disebarkan oleh vekor nyamuk aedes aegypti yang memiliki warna belang hitam putih. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.

Gejala yan muncul akibat serangan penyakit ini adalah demam mendadak selama kurang lebih 5- 7 hari, nyeri diseluruh tubuh, munculnya ruam seperti bercak merah pada seluruh tubuh dan pendarahan baik yang terlihat dari luar maupun dari dalam. Selain menggunakan pengobatan medis, ada beberapa bahan alami yang dapat menjadi pendamping pengobatan medis sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Mengobati Demam Berdarah dengan Bahan Alami

  1. Ramuan daun Pegagan

    Bahan pertama yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati demam berdarah adalah dengan menggunakan daun pegagan. Cara pengobatannya adalah dengan merebus 15 gr daun pegagan bersama 15 gr daun tapak dara dan 5 butir oco kedalam 600 cc air hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Saring airnya kemudian minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari. pegagan juga dapat dijadikan salah satu cara mengobati sakit perut yang alami dan aman.

  2. Temulawak

    Cara mengobati demam berdarah lainnya adalah dengan menggunakan ramuan temulawak yang dicampur beberapa bahan lain. cara pembuatannya adalah dengan merebus 30 gr temulawak bersama 10 gr sambiloto dan 25 gr daun jambu biji kedalam 600 cc air hingga mendidih dan air rebusan tersisa 300 cc. Tambahkan air rebusan tersebut dengan madu secukupnya. Minumlah ramuan ini secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

  3. Daun Pepaya

    Bahan lainnya adalah dengan menggunakan daun pepaya. Kandungan dalam daun pepaya segar dipercaya dapat melawan virus penyebab penyakit demam berdarah. Cara pengobatannya adalah dengan menghaluskan daun pepaya segar dengan blender untuk diambil ekstraknya. Minumlah ekstrak daun pepaya ini 2 sendok setiap harinya secara rutin hingga demam berdarah anda sembuh.

Minuman Untuk Mengobati Demam Berdarah

  1. Jus Sayuran

    Salah satu jenis minuman yang baik dikonsumsi bagi penderita demam berdarah adalah jus sayuran. Jenis jus yang dapat membantu penyembuhan demam berdarah adalah campuran antara mentimun, wortel dan sayuran hijau yang lainnya. Kandungan yang ada dalam sayuran ini dapat membantu mempercepat penyembuhan penderita penyakit demam berdarah.

  2. Jus Buah

    Anda juga dapat meminum jus buah yang memilki kandungan vitamin C tinggi. Mengonsumsi jus buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu antibodi bekerja optimal sehingga dapat mempercepat penyembuhan penderita demam berdarah.

  3. Air Kelapa

    Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mencegah pasien demam berdarah terkena dehidrasi. Dehidrasi dapat memperparah kondisi penderita sehingga sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak terjadi dehidrasi.

    Baca Juga : Cara Mengobati Demam dengan Cepat dan Efektif Secara Alami

Tips Mengobati Demam Berdarah

Anda disarankan untuk menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda sehingga memperkecil kemungkinan terserang DBD. Langkah pencegahan lainnya adalah dengan melakukan kegiatan 3M (Menguras, Menutup , Mengubur). Pengobatan dengan bahan alami ini dapat dijadikan pengobatan untuk mendukung pengobatan medis agar mempercepat penyembuhan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah dalam memilih langkah pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Demam Berdarah dengan Bahan Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement