Cara Mengobati Eksim pada Kulit Dengan Mudah

Advertisement
Cara Mengobati Eksim
Cara mengobati Eksim – Salah satu masalah kesehatan yang umum dialami masyarakat adalah eksim. Penyakit ini dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu eksim basah dan eksim kering. Penderita eksim kering biasanya mengalami penebalan pada kulitnya, selain itu kulit menjadi merah dan bersisik. Sedangkan penderita eksim basah biasanya timbul bintil bernanah pada kulitnya
.
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya eksim pada kulit. Beberapa diantaranya adalah alergi terhadap zat kimia tertentu, alergi terhadap jenis makanan, depresi dan masih banyak lagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan penyakit eksim pada kulit. Berikut saya uraikan cara cara yang dilakukan untuk membantu mengobati eksim pada kulit anda.

Mengobati Eksim dengan Bahan Alami

  1. Biji Mahoni

    Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengobati eksim pada kulit adalah dengan menggunakan daun mahoni. Cara penggunaannya adalah dengan menyeduh ½ sdm serbuk biji mahoni kedalam ½ cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya pada air seduhan tersebut, kemudian minumlah ramuan ini secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

  2. Kunyit dan Asam Jawa

    Bahan lainnya yang dapat membantu mengobati eksim adalah dengan menggunakan kunyit dan asam jawa. Cara membuat obat eksim dengan menggunakan kedua bahan ini cukup mudah anda tinggal menghaluskan 2 rimpang kunyit bersama segenggam asam jawa hingga lumat. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terkena eksim. kunyit juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati luka bernanah dengan bahan alami.

  3. Wortel

    Cara mengobati eksim
    lainnya adalah dengan menggunakan wortel. Cara menggunakannya adalah dengan memarut wortel kemudian campurkan parutan wortel tersebut dengan 1 sdm kapur sirih. Campurkan hingga merata kemudian tempelka campuran tersebut pada bagian kulit yang terkena eksim. Setelah itu balut dengan menggunakan kain perban.

  4. Biji Bungur

    Bahan lainya adalah dengan menggunakan biji bungur. Cara mengobati eksim dengan menggunakan biji bungur adalah dengan menghaluskan ½ genggam biji bungur yang sudah disangrai, 1 rimpang kunyit dan3 lembar daun ketepeng. Sembari dihaluskan, tuangkan dan campurkan 2 sdm minyak kelapa. Gunakan ramuan ini sebagai obat gosok untuk eksim anda kemudian balut luka anda dengan menggunakan kain bersih. Lakukan pengobatan ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

Mengobati Eksim dengan Daun Alami

  1. Daun Bayam

    Bahan yang dapat digunakan untuk membantu mengobati eksim anda adalah dengan menggunakan daun bayam. Cara menggunakan daun bayam untuk mengobati luka eksim adalah dengan merebus daun bayam hingga mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres luka eksim anda selama kurang lebih 30 menit.

  2. Daun Kecubung

    Daun tanaman lain yang dapat membantu mengobati penyakit eksim anda adalah daun kecubung. Cara mengobati eksim dengan menggunakan daun kecubung ini adalah dengan melumatkan 3 lembar daun kecubung kemudian campurkan dengan minyak kelapa dan panaskan diatas api. Oleskan campuran tersebut yang masih hangat pada kulit yang terkena eksim.

    Baca Juga : Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami dan Medis

Tips Mengobati Eksim

Selain dengan menggunakan bahan tersebut, ada beberapa bahan lain yang dapat digunakan untuk mengobati eksim anda seperti kangkung segar, daun sambiloto dan lainnya. Anda dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan pakaian anda. disarankan juga untuk menghindari bahan bahan penyebab alergen. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memilih jenis pengobatan apa yang cocok anda lakukan.

Demikian beberapa Cara Mengobati Eksim pada Kulit Dengan Mudah. Semoga bermanfaat.
Advertisement