Jumat, 01 April 2016

Cara Mengobati Gatal pada Kulit dengan Cepat dan Efektif

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Gatal
Cara Mengobati Gatal – Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat adalah gatal pada kulit. Hal ini banyak di alami oleh anda yang memiliki kulit sensitif atau mudah terkena iritasi. Meskipun terlihat sepele, apabila tidak segera ditangani akan menimbukan masalah lain dan tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan gatal pada kulit. Salah satu diantaranya karena kebersihan kulit kurang terjaga sehingga bakteri mudah menginfeksi kulit anda. cara untuk mengobati gatal pada kulit dapat dilakukan dengan menggunakan perawatan medis maupun dengan menggunakan bahan bahan alami. berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati gatal pada kulit.

Mengobati Gatal dengan Bahan Alami

  1. Lidah Buaya

    Salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati gatal adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya sudah dipercaya efektif dalam mengobati beberapa macam penyakit kulit salah satunya gatal gatal. Cara pengobatan gatal dikulit dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah. Anda tinggal mengambil lidah buaya yang masih segar kemudian oleskan gel nya pada bagian kulit yang gatal. Diamkan beberapa saat hingga benar benar mengering kemudian bersihkan dengan menggunakan air bersih. selain bermanfaat untuk mengobati gatal, menggunakan lidah buaya juga merupakan salah satu cara mengobati luka bakar secara alami dan medis.

  2. Petai Cina

    Tanaman ini dikenal memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan masalah kulit terutama sebagai obat gatal. Cara pengobatan kulit yang gatal dengan menggunakan petai cina adalah dengan merebus 60 gr petai cina bersama 10 lembar daun sirih dalam 600 cc air hingga mendidih. Diamkan beberapa saat hingga air rebusan hangat kemudian oleskan air rebusan tersebut pada bagian kulit yang terasa gatal.

  3. Lemon

    Cara mengobati gatal di kulit lainnya adalah dengan menggunakan lemon. Caranya cukup sederhana anda tinggal siapkan air perasan lemon kemudian ditambahkan dengan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga merata kemudian gunakan campuran ini untuk dioleskan pada bagian kulit yang terasa gatal. Diamkan hingga satu malam atau hingga gatal tersebut berkurang dan hilang.

  4. Kunyit

    Bumbu dapur yang satu ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kesehatan salah satunya untuk membantu menyembuhkan gatal pada kulit. Cara pengobatan gatal dengan menggunakan kunyit adalah dengan menumbuk kunyit yang sudah tua hingga benar benar halus bersama dengan beberapa lembar daun sambiloto. Oleskan kedua bahan yang sudah di tumbuk tadi pada kulit anda yang terasa gatal.
  5. Petroleum Jelly

    Meskipun nama ini asing di telinga masyarakat indonesia, tetapi bahan ini cukup efeektif untuk membantu mengobati kulit anda yang gatal. Anda bisa mendapatkan bahan ini di apotek atau di toko toko obat. Cara penggunaan bahan ini sangat mudah anda tinggal mengoleskannya saja pada bagian kulit yang terasa gatal.

Mengobati Gatal dengan Tanah Liat

Selain dengan menggunakan bahan bahan herbal tadi, ada bahan lain yang dapat pula membantu mengurangi dan mengobati gatal pada kulit anda. tanah liat dapat menyerap racun yang ada di sekitar kulit anda sehingga dapat mengurangi rasa gatal terutama pada gatal yang diakibatkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Cara pengobatannya cukup mudah. Anda tinggal mencampur tanah liat dengan air hingga lumat dan berbentuk scrub. Cara penggunaanya adalah dengan menaburkan/ menempelkan tanah liat pada kain kasa kemudian tempelkan kain kasa tersebut pada bagian kulit yang terasa gatal.

Baca Juga : Cara Mengobati Alergi Kulit secara Cepat dan Efektif

Tips Mengobati Gatal di Kulit

Cara terbaik untuk membantu menyembuhkan gatal di kulit adalah dengan menjaga kebersihan kulit kita serta menjaga kebersihan barang barang yang kita kenakan misalnya pakaian. Rajin rajinlah mencuci pakaian anda agar tidak ada bakteri yang menempel pada pakaian. Apabila gatal anda disebabkan oleh alergi, hindari alergen atau sumber yang menyebabkan alergi pada anda. bila gatal anda tidak segera sembuh, segera konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan yang optimal. 

Demikian beberapa Cara Mengobati Gatal pada Kulit dengan Cepat dan Efektif. Semoga bermanfaat