Sabtu, 02 April 2016

Cara Mengobati Luka Memar dengan Cepat dan Mudah

Advertisement
Advertisement

Cara Mengobati Luka Memar

Cara Mengobati Luka – Luka memang hal yang lazim dialami masyarakat. Salah satu jenis luka yang umum dialami adalah luka memar. Cedera ini biasanya disebabkan oleh benturan benda tumpul yang menyebabkan terjadinya pengendapan aliran darah dari sistem kardiovaskular. Memar memang tidak begitu berbahaya, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit apabila tidak segera ditangani.

Luka memar umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat penyembuhannya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk langkah pengobatannya. Pengobatan luka memar dapat anda lakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan luka memar.

Menyembuhkan Luka Memar dengan Bahan Alami

  1. Daun Seledri

    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka memar adalah dengan menggunakan daun seledri. Zat yang terkandung dalam seledri diyakini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh yang memar serta membatu proses penyembuhannya. Cara menggunakan seledri untuk mengobati luka adalah dengan menghaluskan satu genggam seledri kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang terkena memar dan selanjutnya balut dengan menggunakan kain atau perban.
  2. Daun Jarak

    Cara mengobati luka yang lainnya adalah dengan menggunakan daun jarak. Cara pengobatannya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa lembar daun jarak hingga benar benar hancur kemudian tempelkan daun jarak yang sudah halus tadi pada bagian tubuh yang terkena luka memar.

  3. Jahe Merah

    Bahan lain yang dapat digunakan adalah jahe merah. Tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat salah satunya untuk mengurangi lebam pada kulit dan juga membantu memperlancar peredaran darah. Cara mengobati luka memar dengan menggunakan jahe adalah dengan merebus jahe merah bersama dengan daun dewa kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin hingga luka memar anda sembuh. selain berguna untuk mengobati luka, jahe juga merupakan salah satu bahan pembuat minuman pembakar lemak perut.

Cara Mengobati Luka Memar

  1. Kompres dengan Air Hangat

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan luka memar di tubuh adalah dengan mengompresnya dengan menggunakan es batu ataupun balok es. Dingin dari es ini dapat membantu mendinginkan pembuluh darah yang berada di bagian kulit yang memar sehingga darah yang ada yang tertinggal akan semakin sedikit. Cara mengobatinya adalah dengan membungkus es dengan menggunakan handuk ataupun plastik kemudian di tempelkan pada luka selama kurang lebih 10 menit.

  2. Membalut Luka

    Anda juga dapat membalut luka anda dengan menggunakan perban yang elastis. Hal ini dapat membantu mencegah pembuluh darah anda bocor sehingga tidak memperparah luka memar anda dan juga mempercepat proses penyembuhannya. Anda bisa mendapatkan perban ini di apotek atau toko kesehatan terdekat.

  3. Kompres Air Hangat

    Selain dengan menggunakan kompres air dingin, anda juga dapat melakukan kompres air hangat untuk membantu menyembuhkan luka memar anda. air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah pada area yang terkena memar.

    Baca Juga : Cara Mengobati Luka Bernanah dengan Bahan Alami

Tips Mengobati Luka

Selain dengan cara cara diatas, untuk mempercepat penyembuhan luka anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C karena salah satu penyebab adanya luka memar bisa jadi karena anda kekurangan vitamin ini. mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti tomat, pisang ataupun makanan lainnya dapat membantu mempertkuat dinding pembuluh darah dan juga dapat mengurangi resiko terjadinya luka memar dalam tubuh.

Demikian beberapa Cara Mengobati Luka Memar dengan Cepat dan Mudah. Semoga bermanfaat.