Cara Mengobati TBC Secara Alami

Advertisement
Cara Mengobati TBC
Cara Mengobati TBC – Salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh masyarakat adalah penyakit TBC (Tubercolosis). Penyakit ini timbul karena adanya infeksi dari bakteri yang berjenis mycobacterium tubercolosis. TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah tersebar melalui udara atau melalui bekas barang barang yang dipakai penderita.

TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya yang cukup dikhawatirkan oleh masyarakat, terlebih penyedaran penyakit ini sangat mudah. Cara pengobatan untuk penyakit TBC ini dapat dilakukan secara medis atau dengan menggunakan bahan bahan alami. pengobatan TBC dengan menggunakan bahan alami dapat dijadikan pendamping pengobatan medis untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Mengobati TBC dengan Bahan Alami

  1. Ciplukan

    Salah satu jenis tanaman yang dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit TBC atau tubercolosis adalah dengan menggunakan tanaman ciplukan. Cara pembuatannya ada;ah dengan merebus akar, daun, bunga dan batang tanaman ciplukan kedalam 3 hingga 5 gelas air hingga mendidih. Saring airnya, kemudian minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari masing masing 1 gelas setiap minum.

  2. Sambiloto

    Tanaman ini memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk pengobatan tradisional salah satunya untuk membantu mengobati penyakit TBC. Cara pengobatanya adalah dengan menyiapkan 3 – 4 ½ gr sambiloto kering kemudian diseduh dengan menggunakan air mendidih. Tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari masing masing ½ gelas sekali minum.

  3. Daun Waru

    Cara mengobati TBC lainnya adalah dengan menggunakan daun waru. Car apengobatan TBC dengan menggunakan daun waru adalah dengan merebus segenggam daun tanaman waru kedalam 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa ¼ nya. Saring airnya kemudian dinginkan. Tambahkan gula pada air rebusan waru yang sudah dingin kemudian minum airnya 3 kali sehari ¼ gelas sekali minumnya.

  4. Bunga Wijayakusuma

    Bahan selanjutnya adalah dengan menggunakan bunga wijayakusuma. Cara pembuatannya adalah dengan mencuci 3-5 kuntum bunga wijayakusuma kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa satu gelas. Kemudian tambahkan 15 gr gula aren kedalam air rebusan tersebut. Angkat dan dinginkan, setelah dingin saring airnya dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari masing maisng 1 gelas.

Cara Mengobati TBC

  1. Olahraga

    Selain melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan alami, anda juga dianjurkan untuk berolahraga. Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara gampang meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh anda. dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 15 menit per hari untuk memelihara kebugaran dan kesehatan tubuh anda.

  2. Jaga Kesehatan Paru Paru

    Bagi anda yang terkena TBcC sangat dianjurkan untuk menghindari rokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan merokok (terutama pada penderita TBC) dapat menyebabkan paru paru tidak bisa berfungsi optimal sehingga memperburuk kondisi TBC anda.

    Baca Juga : Cara Membentuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengobati TBC

Anda dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dan menjaga kualitas tidur anda. karena apabila kurnag istirahat akan menyebabkan sistem imunitas anda lemah dan sangat rentan untuk terinfeski berbagai macam kuman penyebab penyakit. Disarankan juga untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga kebugaran tubuh anda. rutinlah berkonsultasi dengan dokter agar anda tidak salah dalam melakukan langkah pengobatan.

Demikian beberapa Cara Mengobati TBC Secara Alami. semoga bermanfaat.
Advertisement