Jumat, 08 April 2016

Cara Tradisional Mengusir Tikus Dengan Mudah

Advertisement
Advertisement

Cara Tradisional Mengusir Tikus
Cara Tradisional Mengusir Tikus – Salah satu hama yang sering menganggu di pemukiman adalah tikus. Tikus atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Rathus sp merupakan jenis hewan pengerat yang sering menjengkelkan manusia. Tidak hanya menjadi hama rumahan, tikus juga sering merusak tanaman yang dibudidayakan oleh petani.

Tikus merupakan salah satu hama yang cerdik dan jera umpan, sehingga banyak orang yang merasa kesulitan mengendalikan hama ini di rumah. Selain menggunakan perangkap, atau menggunakan racun tikus, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengusir tikus yang sering menganggu di rumah anda. berikut beberapa cara tradisional untuk mengusir tikus dari rumah anda.

Cara Tradisional Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

  1. Mengkudu

    Salah satu bahan yang dapat efektif untuk mengusir tikus dari rumah anda adalah dengan menggunakan mengkudu. Cara mengusir tikus dengan menggunakan buah yang satu ini adalah dengan memotong buah mengkudu hingga menjadi beberapa bagian masukan kedalam wadah kemudian letakan pada area atau jalan yang sering dilalui tikus. Manfaat lain mengkudu juga sebagai salah satu cara mengobati usus buntu dengan bahan alami.

  2. Daun Mint

    Bahan lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Tikus tidak menyukai bau dari mint ini sehingga dapat digunakan untuk mengusir tikus dari rumah anda. cara memanfaatkan daun mint untuk mengendalikan tikus rumah adalah dengan mengambil ekstrak daun mint kemudian larutkan dengan sedikit ait dan semprotkan ke sarang atau tempat yang sering dilalui tikus.

  3. Kamper

    Cara tradisional mengusir tikus lainnya adalah dengan memanfaatkan kamper atau kapur barus. Cara penggunaannya sangat mudah anda tinggal menghancurkan kapur barus (tetapi tidak perlu terlalu lembut) dan sebarkan pada area yang sering dilalui tikus. Tikus tidak menyukai bau kamper sehingga dapat digunakan untuk mengusir tikus dari rumah anda.

  4. Saus Cabai dan Detergen

    Bahan selanjutnya adalah dengan menggunakan detergen dan saus cabai. Cara membuat pengusir tikus tradisional ini adalah dengan mencampur saus cabai yang paling pedas dengan detergen kemudian larutkan dengan air dalam botol spray. Semprotkan bahan ini ketika tikus lewat. Tikus akan jera dan tidak lagi lewat ke tempat saat dia disemprot.

Mengusir Tikus dengan Cara Tradisional

  1. Mengecat Tikus

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah anda adalah dengan membuat tikus tersebut ketakutan. Caranya adalah dengan menangkap satu ekor tikus kemudian warnai dengan warna yang mencolok dan letakan pada tempat yang biasa dilalui tikus. Tikus akan ketakutan melihat hal tersebut dan tidak akan melalui tempat tersebut lagi.

  2. Suara

    Anda juga dapat mengusir tikus dengan menggunakan suara suara yang tidak disenangi tikus. Misalnya suara aneh yang tidak disukai tikus sebelumnya, suara tikus yang sedang menjerit kesakitan, suara anjing, kucing atau hewan lainnya yang tidak disukai tikus. Anda dapat meletakan perangkat yang dapat mengeluarkan bunyi bunyian tersebut pada tempat yang biasa dilalui tikus.

Tips mengusir Tikus

Selain dengan cara cara diatas, anda juga dapat memanfaatkan musuh alami dari tikus untuk mengusirnya dari rumah anda. beberapa contohnya dengan memelihara kucing yang dapat menakuti tikus tersebut atau anda juga dapat meletakan jangkrik pada tempat yang biasa dilalui tikus karena tikus tidak menyukai suara jangkrik. Anda juga dapat meneymprotkan amonia pada tempat yang biasa dilalui tikus.

Demikian beberapa Cara Tradisional Mengusir Tikus Dengan Mudah. Semoga bermanfaat.