Senin, 26 September 2016

5 Kesalahan Fatal Saat Berjualan di Facebook

Advertisement
Advertisement

Kesalahan Berjualan di Facebook

Cara Gampang ~ Facebook merupakan sosial media online yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Dari mulai diluncurkan hingga saat ini penggunanya makin maran. Facebook dicanangkan sebagai medsos yang paling populer dan paling banyak penggunanya. Tak aneh jika facebook digandrungi oeh banyak kalangan, tak lain karena facebook memiliki banyak fitur bermanfaat sehingga penggunanya nyaman menggunakan facebook.

Banyaknya pengguna facebook, ini merupakan peluang besar bagi beberapa kalangan yang memiliki produk atau usaha. Facebook bisa menjadi alternatif berjualan online atau memasarkan produk - produk tersebut.

Tidaklah salah berjualan menggunakan akun facebook, namun perlu diketahui bahwa aktifitas kita berjualan online di facebook jangan sampai mengganggu pengguna lain yang berteman dengan kita. Karena ketika kita sudah mengganggu kenyamanan orang lain, ini merupakan kesalahan fatal.

Kenapa disebut kesalahan yang fatal? Karena jika orang lain sudah merasa terganggu, otomatis mereka akan mengabaikan akun kita, apalagi yang kita posting adalah produk dagangan. Ini sangat merugikan karena kita bisa kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan. Dan lebih-lebih ketika orang lain merasa terganggu dengan keberadaan kita, bisa - bisa akun kita di unfriend atau di blokir.

Kesalahan Saat Berjualan di Facebook


Maka dari itu perlu diketahu beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan saat berjualan menggunakan facebook. Bisa disimak sebagai berikut :

1. Terlalu sering menandai produk dagangan
Menandai teman kita dengan produk yang kita miliki, jika dilakukan secara sering ini bisa membuat teman di facebook merasa risih, hindari penandaan produk pada teman dengan skala yang terlalu sering.

Jika ingin menandai teman, buatlah postingan bermanfaat, atau foto kegiatan bersama untuk ditandai kepada mereka. Ini akan jauh lebih berkesan dan loyal kepada kita. Tentunya seringnya ada interaksi juga sangat berpengaruh terhadap kepopuleran akun facebook kita. Maka dari itu jangan ragu untuk membuat status yang bermanfaat utuk ditandai kepada teman.

2. Menggunakan gambar kualitas jelek
Gambar yang kurang jelas atau memiliki kualitas jelek bisa mengurangi kepercayaan konsumen terhadap kualitas barang tersebut, serta reputasi keprofesionalannya juga jadi menurun. Sehingga ini dapat merugikan pada produk yang akan kita jual.

Namun hindari juga penggunaan gambar dengan editing yang berlebihan, ini juga bisa mengurangi minat konsumen karena gambar kita terlihat bagus karena editan. Usahakan buatlah foto senatural mungkin namun dengan kualitas bagus.

Menggunakan watermark pada gambar kita juga bisa menjadi alternatif penguatan branding. Silahkan kamu bisa menambahkan ini pada foto produk kamu, namun skalanya jangan terlalu mencolok atau mendominasi.

3. Tidak mengatur waktu posting
Waktu posting yang tidak di atur juga bisa membuat promosi yang kamu lakukan akan sia sia. Usahakan posting produk pada waktu yang tepat. Kapan waktu yang tepat itu? Yaitu ketika orang orang banyak menggunakan atau membuka facebook.

Perlu kamu ketahui, bahwa orang-orang yang memiliki uang lebih, yang suka beli online, biasanya tidak menghabiskan waktu terlalu lama di facebook, mereka menggunakan facebook di waktu waktu tertentu saja. Nah waktu waktu inilah yang harus kamu riset terlebih dahulu. Kira-kira orang yang kamu targetkan, online menggunakan facebook pada jam berapa. Pada saat itulah kamu harus memposting produk dagangan.

Kemudian memposting dengan skala waktu yang berdekatan juga merupakan kesalahan saat berdagang. Padahal tanpa memposting seringpun produk kamu bisa populer. Untuk mengetahui caranya kamu bisa baca artikel : Cara berkomentar di facebook agar menguntungkan saat dagang.

4. Sembarangan membuat grup dan memasukan orang ke grup tersebut
Ada beberapa orang yang tidak suka dimasukan begitu saja ke dalam grup tanpa seijin penggunanya. Nah hal ini harus kamu perhatikan dan fikir-fikir lagi. Apalagi grup yang kamu buat hanyalah grup biasa dengan nama toko atau merek yang kamu dagangkan.

Tidak semua orang membutuhkan informasi tentang toko anda, sehingga orang orang yang tidak membutuhkan informasi ini, ketika di culik ke dalam grup tanpa seijinnya, mereka akan merasa tidak nyaman. Ketidak nyamanan mereka tentunya akan berpengaruh buruk terhadap produk kamu.

Teknik marketing yang cantik itu ketika kamu bisa membuat orang lain merasa “nyaman”, dengan sendirinya yang tidak berniat membeli, ketika sudah nyaman bisa berbalik membeli produk.

Ada beberapa cara teknik membuat orang merasa nyaman dri grup. Tentunya membuat nama grup juga ada tekniknya. Next time akan segera dibahas di website ini.

5. Selling terus menerus pada postingan
Buatlah personal branding pada akun facebook kamu. Jangan melulu dagang setiap kamu memposting di facebook. Karena  jika yang di posting hanyalah dagangan, teman-teman facebook kita juga akan merasa jenuh dengan konten yang disajikan. Sehingga mereka tida respek terhadap produk kita.

Bikin akun facebook terlihat Real Human. Ini bisa kamu ciptakan dengan memposting kegiatan kegiatan atau aktifitas sehari hari kamu. Tentunya dengan sekala yang wajar dengan tidak menunjukan sisi alay. Berikan juga beberapa tips bermanfaat berdagang atau kegunaan yang berkaitan dengan produk. Disela sela itu postinglah produk yang kamu tawarkan.

Posting dengan menggunakan teknik copywraiting juga bisa menarik banyak orang untuk membaca apa yang kita sajikan. Silahkan kamu bisa belajar copywrating pada buku atau media online.

Demikian Kesalahan Fatal Saat Berjualan di Facebook . Dan masih banyak lagi kesalahan kesalahan yang sering kita lakukan saat berjualan di facebook, mungkin nanti akan di buat part dua dari tulisan ini, ditunggu aja ya.

Semoga tulisan ini bisa menjadi acuan ketika akan berjualan di facebook. Ingat ya jangan selling terus, sharing hal bermanfaat juga. Semoga berkenan. [ aa sholah ]

Baca juga :

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon