Sejuta Makanan Khas Bandung yang Wajib Dinikmati

Advertisement
Sejuta Makanan Khas Bandung yang Wajib Dinikmati
Cara Gampang ~ Bandung terkenal dengan julukan kota kembang, selain itu bandung juga merupakan kota sejuta kuliner, beragam aneka makanan khas terlahir di bandung. Selain karena kotanya yang sejuk nan indah, anekaragam kuliner ini juga merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke bandung baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca Negara. 

Di Kota Kembang ini banyak sekali makanan khas yang bisa anda nikmati mulai dari makanan dengan harga yang terjangkau sampai makanan yang harganya yang lumayan menguras dompet. Namun meskipun demikian kenikmatan kuiner khas yang ada dibandung tidak akan mengecewakan anda selaku pengunjung.

Pilihan Makanan Khas Bandung
Anda bisa memilih makanan sesuai dengan selera anda, mulai dari makanan yang manis, asam dan gurih tersedia dikota ini. Pokoknya kuranglah lengkap jika anda berkunjung ke bandung tidak memanjakan lidah dengan makanan makanan khas yang ada di kota ini.

Untuk lebih jelas mari kita simak uraian tentang beberapa macam makanan bandung yang khas dan wajib dinikmati.

MAKANAN TRADISIONAL KHAS BANDUNG

  1. PEUYEUM ( TAPE )

    Makanan Tradisional dari bandung

    Makanan khas yang pertama adalah peuyeum alias tape yang terbuat dari singkong (ubi jalar). Jika ngomongin tentang makanan di bandung tentu tape lah merupakan makanan utama khas bandung yang harus di cicipi.

    Meskipun banyak tape yang beredar di kota selain bandung, berbeda dengan tape asli khas bandung. Rasa tape khas bandung cukup manis dan sedikit ada masamnya, selain itu aromanyapun nyaman di hidung. Mungkin banyak orang juga yang tidak menyukai tape singkong hasil permentasi ini, tapi ketika anda bermain ke bandung, tidak ada salahnya untuk mencicipi tape asli bandung. 

    Peuyeum ini juga dapat dengan mudah anda temukan di kota bandung, sehingga buat anda yang ingin menikmatinya atau ingin menjadikan peuyeum ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah tidak sulit untuk mendapatkannya.

  2. COLENAK


    Nama makanan yang satu ini cukup unik, konon colenak itu singkatan dai kata “di cocol enak” ( bahasa sunda ). Colenak ini olahan dari makanan khas yang paling pertama yaitu olahan dari peuyeum yang dibakar kmudian dikasih saus dari parutan kelapa yang diberi gula merah kemudian dilengkapi juga dengan susu kental manis.

    Berbeda dengan peuyeum, colenak merupakan makanan khas bandung yang aga sulit ditemui. Karena tidak semua tempat kuliner di bandung menyediakan makanan khas ini. Selamat berburu colenak, karena ini merupakan makanan paling recommended yang haus kamu nikmati ketika berkunjung ke kota bandung.

  3. WAJIT


    Wajit merupakan makanan ringan tradisional yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan parutan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit yang menjadi khas bandung adalah wajit buatan cililitan Kabupaten Bandung Barat. 

    Banyak sekali jenis jenis wajit yang dijual, namun wajit khas cililitan bandung ini berbeda karena memiliki keunikan dibungkus dengan menggunakan kulit jagung kering. Wajit cililitan ini sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh khas bandung untuk dibawa pulang kerumah.

  4. SURABI

    Surabi adalah bahasa sunda dari serabi, kueh yang satu ini merupakan makanan khas Indonesia. Surabi terbuat dari tepung beras yang dimasak menggunakan tunggu yang terbuat dari tanah.

    Seiring berkembangnya tren kuliner, surabi yang tadinya hanya diberi toping remahan oncom atau telur, sekarang sudah banyak jenis-jenis surabi yang beredar. Seperti di kota kembang ini toping untuk kueh surabi sudah beranekaragam rasa, mulai rasa selai strowberri, nanas dan ada juga rasa coklat. Untuk lebih jelas silahkan anda coba rasakan kenikmatan memakan surabi saat pagi atau malam hari di kota bandung ini.

DAFTAR MAKANAN KHAS BANDUNG BERBUMBU KACANG

1. KAREDOK

Makanan olahan khas bandung yang menggunakan campuran bumbu kacang yang pertama adalah karedok. Karedok merupakan makanan yang terbuat dari sayuran mentah segar seperti mentimun, kubis, terong, kacang panjang dan daun kemangi. Kemudian sayuran mentah tersebut dilumuri saus kacang yang terbuat dari cabai, kacang tanah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah dan garam. 

Keredok ini mungkin saja banyak anda jumpai selain di kota bandung, namun karedok khas bandung tentu saja berbeda dengan karedok lainnya. Jika anda penasaran dengan karedok khas bandung, silahkan cari tempat kuliner yang menediakan menu makanan ini.

2. LOTEK

Makanan berbumbu kacang slanjutnya adalah lotek. Lotek merupakan makanan khas bandung yang tidak jauh beda dengan karedok, hanya saja lotek berbahan baku dari sayuran segar yang sudah direbus terlbih dahulu.

Selain sayuran segar yang sudah direbus, biasanya lotek juga dicampuri oleh tahu goreng dan tempe goreng, kemudian diberi lontong sebagai pelengkap jika kamu menginginkannya. Seperti halnya karedok, lotek juga dilengkapi dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai merah, bawang putih, kencur gula merah dan garam.

Karedok dan lotek juga menjadi makanan yang rekomended buat anda yang vegetarian. Selamat berburu kuliner yang satu ini.

3. SIOMAY BANDUNG ( BASO TAHU )

Buat kamu yang tinggal di Jawa Barat mungkin sudah gak asing lagi dengan makanan yang satu ini, karena selain di bandung pedagang siomai bandung sudah banyak tersebar dimana mana. 

Siomai sudah menjadi jajanan khas jawa barat yang digemari banyak kalangan. Rasanya yang enak dan gurih membuat makanan ini disukai banyak orang. Siomai yang enak biasanya dibuat dengan campuran ikan tenggiri sehingga aromanya menjadi lebih sedap. Tak ketinggalan bumbu kacangnya yang enak melengkapi kenikmatan saat menyantap jajanan yang satu ini.

Anda takan kesulitan menemui jajanan yang satu ini, karena di kota bandung sudah banyak sekali penjual jajanan siomai yang khas.

4. BATAGOR

Batagor hampir sama dengan siomai, sesuai dengan namanya yang berasal dari akronim “Baso Tahu Goreng” , tentu saja makanan ini tak jauh beda dengan siomai atau baso tahu hanya saja yang membedakannya adalah proses pembuatannya yang digoreng, berbeda dengan siomai yang dikukus.

Kemudian selain proses pembuatannya yang sedikit berbeda, pada batagor biasanya diberi pelengkap mentimun atau acar kemudian tidak ada aroma ikan pada jajanan yang satu ini. Rasanya sudah tidak diragukan lagi, tentu saja enak dimakan. Batagor dan siomai dapat menjadi makanan pilihan untuk anda ketika mengisi waktu lenggang di kota bandung.

GORENGAN KHAS DI BANDUNG 

  1. COMBRO
    Dalam bahasa sunda, combro merukan kependekan dari “Oncom Dijero” kalo di artikan yaitu “oncom didalam”. Sesuai namanya isi dari gorengan yang satu ini adalah oncom yang sudah dimasak dan diberi bumbu. Oncom ini dibungkus dengan parutan singkong kemudian dibentuk bulat bulat, dan sudah pasti digoreng terlebih dahulu sebelum siap disajikan. 

  2. MISRO
    Masih tak jauh beda dengan combro, misro berasal dari bahasa sunda “amis dijero” yang artinya “manis didalam”. Sesuai dengan namanya, manis yang berasa pada gorengan ini berasal dari gula merah. Bentuk dan cara pembuatannya pun hampir sama dengan combro hanya isinya saja yang berbeda.

    Combro dan Misro ini patut anda coba bagi yang belum pernah merasakannya, agar anda dapat merasakan kenikmatan memakan gorengan khas bandung.

  3. CIRENG 
    Cireng merupakan singkatan dari “Aci digorange” (bahasa sunda) atau artinya adalah “tepung kanji digoreng”. Sudah terlihat dari namanya gorengan khas bandung ini merupakan makanan ringan berbahan baku tepung kanji. 

    Dulu, cireng hanyalah makanan sederhana dari tepung kanji yang di goreng bahkan kurang diminati oleh orang orang, namun seiring berkembangnya dunia kuliner, sekarang cireng hadir dengan parian rasa, seperti rasa daging cingcang, rasa keju, rasa sosis dan aneka rasa lainnya. Anda juga patut mencoba makanan khas yang satu ini keti dating ke kota bandung.

  4. PISANG MOLEN
    Gorengan selanjutnya yang menjadi makanan khas bandung adalah pisang molen, pisang molen berbahan dasar pisang yang dibungkus oleh adonan terigu yang berlapis kemudian digoreng garing. Rasanya manis dan enak, sudah pasti ketika berkunjung ke bandung anda harus merasakan kenikmatan memakan kueh molen ini.

  5. KERIPIK SETAN ( PIKSET ) 
    Keripik ini terbuat dari singkong, tak jauh berbeda dengan keripik lainnya hanya saja bumbu cabai yang super pedas menjadikan goreng kripik ini menjadi makanan pedas khas bandung.

  6. PERKEDEL BONDON
    Gorengan yang satu ini bisa jijadikan lauk untuk memakan nasi. Yang membedakan perkedel biasa dengan perkedel bondon adalah cara pembuatannya yang menggunakan tungku api kemudian bahan bakarnya adalah menggunakan kayu bakar. Mungkin cara pembuatannyalah yang menjadikan makanan ini menjadi lebih khas. 

MASAKAN KHAS DI BANDUNG

  • Ulukutek Leunca,  Ulukutek leunca merupakan makanan khas yang terbuat dari canpuran oncom dan leunca, dimasak dengan bumbu bernuansa sunda. 
  • Nasi Timbel, nasi timbel adalah nasi putih pulen yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Karena dibungkus dengan daun pisang, sehingga menimbulkan aroma yang khas. Untuk pelengkap biasanya ditambahkan goreng ayam dan tahu tempe dilengkapi dengan sambel goreng. 
  • Gepuk, Gepuk merupakan makanan khas jawa barat yang banyak ditemukan di tempat kuliner bandung, gepuk terbuat dari daging sapi memiliki rasa yang khas sedikit manis dan gurih. Sangat cocok dimakan dengan nasi

MINUMAN KHAS DI BANDUNG

  • Es Goyobod, Goyobod merupakan minuman khas priangan yang terbuat dari sagu aren yang diolah menjadi seperti agar agar. Es Goyobod ini biasanya dicampur dengan kolang kaling dan buah alpukat kemudian dikasih campuran air santan dengan menggunakan es serut.
  • Bajigur, Minuman yang satu ini merupakan minuman khas sunda yang terbuat dari air gula aren dan santan, biasanya untuk menambah kenikmatan ditambahkan jahe sebagai penghangat. Bajigur enak diminum saat malam hari atau ketika cuaca mendung.
  • Bandrek, Bahan utama minuman ini adalah gula merah dan jahe, namun dibeberapa daerah suka ditambahkan rempah rempah sebagai bahan penghangat alami, seperti serai pandan dan merica. 
  • Es Cendol, Cendol terbuat dari kukusan tepung beras yang dicetak menggunakan ayakan, warna hijau dari cendol ini didapat dari daun suji. Rasa dari es cendol ini manis dan gurih, enak dinikmati ketika haus disiang hari.
Tips Memilih Makanan Khas Bandung
Sedikit tips untuk anda ketika memilih makanan khas bandung baik  untuk dikonsumsi langsung pada saat di bandung ataupun untuk dijadikan buah tangan sebaiknya :
• Perhatikan kebersihan tempat anda membeli makanan.
• Pastikan makanan yang disajikan masih bagus dan belum basi.
• Belilah makanan yang anda sukai.
• Belilah makanan dan minuman sesuai dengan budget di kantong anda.
• Jika untuk dijadikan buah tangan, pastikan keluarga anda dirumai menyukainya.
Demikian Informasi tentang Sejuta Makanan Khas Bandung yang Wajib Dinikmati, apabila kurang lengkap dan anda ada memiliki informasi lain, silahkan informasikan kami, terimakasih.
Advertisement

Tidak ada komentar

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.