Bahan Organik Mempengaruhi Sifat Kimia dan Fisika Tanah

886 views

Bahan organik mempengaruhi sifat kimia dan fisika tanah – Bahan organik berperan terhadap lebih dari sepertiga kapasitas tukar kation.dan berpengaruh pula terhadap ketahanan agregat tanah. Untuk microorganisme, seperti yang telah Anda pelajari ,bahan organik berperan sebagai penyedia energi dan penyusun tubuh jasad .

Sebagai sumber bahan organik jaringan tanaman merupakan sumber utama bahan organik. Pada keadan alami bagian atas tanaman menyediakan bahan organik yang sangat besar, sedang pada tanaman yang dipanen sepersepuluh sampai sepertiga bagian tanaman dikembalikan ke tanah dan praktis semua perakaran akan tertinggal sebagai bahan organik.Akibat perombakan dan pencernaan olehmikroorganisme bahan organik akan tercampur tanah bagian bawah top- soil baik secara infiltrasi atau percampuran secara fisik . Hewan merupakan sumber sekunder bahan organik.Beberapa bentuk kehidupan hewan seprti cacing tanha, rayap dan semut berperan penting dalam pengankutan tanah dan sisa-sisa tumbuhan.

Baca Juga :

Kadar air dari sisa tanaman berisar antara 60 -90%. Atas dasar bobot bahan kering dari bahan organik terdirri atas karbon gan oksigen dan unsur – unsur anorganik ( abu 0 beberapa unsur lain, meskipun jumlahnya sedikit,berperan penting dalam keharaan tanaman dan pencukupan hara untuk mikroorganisme. Beberapa hara esensial yang pent

Tags: #Ilmu Tanah #Organik

Penulis: 
author
Admin resmi CGDC