Belajar Fanpage Marketing : Modal Sosial

1783 views

Cara Gampang ~ Jika dibandingkan dengan akun facebook biasa, fanpage facebook memilki banyak sekali keunggulan. Keunggulan ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai media marketing online atau jualan online. Selain jangkauannya yang tidak terbatas, kini fanpage memiliki beberapa fitur baru untuk menunjang jualan onlie. Salah satunya adalah fitur toko, dimana kita bisa memajangkan produk kita berikut harganya. Kemudian ada fitur pengaturan jadwal tayang. Fitur ini bisa digunakan ketikan kita akan mengatur timing post yang tepat. Dan banyak lagi fitur fitur pada fanpage ini.

Fitur fitur yang bagus itu jika tidak ditunjang dengan teknik marketing yang tepat maka hasilnya akan kurang optimal. Teknik marketing ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan akun fanpage agar ramai pengunjung dan terlihat aktif, Tentunya ini sangat berguna untuk menyebarluaskan usaha online anda. Maka dari itu sebelum memulai jualan menggunakan fanpage, sangat disarankan belajar fanpage marketing terlebih dahulu. Dengan memperlajari teknik marketing yang baik tentunya berpengaruh terhadap kapasitas penjualan prosuk kita.

Dalam pembelajaran fanpage marketing , banyak faktor yang harus dipelajari, terutama faktor modal sosial. Faktor modal sosial ini sering tidak dipedulikan oleh banyak penjual online di facebook sehingga kapasitas penjualannya stagnan saja. Pada modal sosial ini banyak dibahas tentang faktor-faktor sosial yang mempengaruhi terhadap kebiasaan pengguna facebook sebagai target utama penjualan. Maka dari itu kita harus memiliki modal sosial yang mumpuni untuk mendongkrak penjualan .

Belajar Fanpage Marketing

Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika anda menggunakan fanpage sebagai media jualan online.

  1. Minimal memiliki 5000 like fansKelebihan dari fanpage salah satunya adalah bisa memiliki member tanpa batasan jumlah. Ini merupakan keunggulan dari fanpage jika dibandingkan dengan akun facebook yang hanya dibatas sampai 5000 teman. Jadi usahakan jumlah fans pada page kamu melebihi dari jumlah batasan teman pada akun biasa. Yaitu usahkan lebih dari 5000 fans.Semakin banyak fans, maka semakin besar peluang untuk menyebarluaskan produk yang dimliki.

  2. Posting Produk secara BerkalaPostinglah produk secara berkala, ini berpengaruh juga terhadap kepopuleran akun fanpage. Usahakan memposting pada waktu-waktu orang banyak menggunakan facebook. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai waktu yang tepat.Untuk memposting secara berkala, kamu bisa menggunakan fitur penjadwalan pada akun fanpage. Kamu bisa menyeting pada waktu waktu tertentu sesuai keinginan, atau sesuai penjadwalan waktu yang tepat berdasarkan hasil riset.Baca : Cara mengatur waktu posting

  3. Gunakan gambar dengan Kualitas BagusGambar yang bagus merupakan penunjang dalam marketing. Dengan menggunakan gambar kualitas bagus, konsumen bisa melihat dengan jelas produk yang kamu pasarkan. Selain itu kesan profesional juga jadi terlihat pada produk anda.Perlu diperhatikan, jika memang diperlukan pengeditan gambar, jangan mengedit gambar terlalu ramai, atau terlalu lebay. Edit secukupnya saja seperti pencahayaan, atau informasi tentang kontak kita.

  4. Gunakan teknik Copywraiting yang MenarikCopywraiting merupakan penunjang yang sangat bagus untuk marketing. Namun pada kesempatan ini tidak akan dibahas gamblang. Anda bisa membeli buku teknik copywraiting atau membaca artikel di media online untuk mempelajari teknik copywraiting yang baik.

  5. Arahkan fans ke Akun BBM atau WhatsapInformasi tentang akun BBM dan Whatsap sangat membantu untuk berinteraksi dengan konsumen, maka dari itu arahkan setiap produk yang anda posting pada akun BBM atau WA.

  6. Optimasi Menggunakan Facebook AdsJika memiliki modal lebih untuk marketing, menggunakan layanan Facebook Ads merupakan cara yang efektif untuk menarik konsmen pada akun fanpage anda, atau pada produk yang anda tawarkan. Dengan menggunakan layanan ini, Facebook akan mempromosikan akun atau produk kita sesuai dengan target yang kita kehendaki.

Demikian modal sosial belajar fanpage marketing. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan aspek kenyamanan konsumen. Jangan sampai keberadaan akun fanpage anda malah tidak dikehndaki oleh pengguna facebook.

Selamat berjualan, jangan lupa sharing hal bermanfaat pada member-member dan friendlist di akun sosial media yang kita miliki. Semoga berkenan.

Tags: #Facebook Marketing #Fanpage

Penulis: 
author
Anak desa yang numpang lahir di Jakarta, if there is anything I can help, contact me by email aasholah@gmail.com