Fungsi dan Manfaat Memiliki Website Desa

303 views

Cara Gampang – Memiliki website desa saja tidaklah cukup, penggiat desa juga harus tau apa saja yang menjadi fungsi dan manfaat memiliki website desa . Jika mengetahui fungsi dan manfaatnya, maka website desa itu bisa digunakan secara optimal dan maksimal. Sehingga dapat mengangkat nama desa.

Baca Juga : Tujuan Pembuatan Website Desa

Tidak semata-mata website desa dibuat jika tidak ada fungsi dan manfaatnya. Tentu saja website desa ini banyak sekali manfaatnya. Yang utama adalah untuk keterbukaan informasi kepada warga atau publik, atau kegiatan yang terkait desa. Ini sudah jelas di atur pada Undang-Undang Desa yang mulai berlaku tahun 2014 lalu.

Selain itu, banyak sekali manfaat dari memiliki website desa. Pada kesempatan kali ini CGDC membaginya ke dalam beberapa poin. Ayo simak!

Fungsi dan Manfaat Memiliki Website Desa Adalah

  1. Bisa Mengenalkan Desa Ke Publik

Biasanya desa jarang sekali ada yang terkenal. Yang dikenal oleh orang banyak adalah Kabupatennya. Padahal desa adalah teritorial yang harus diketahui oleh orang-orang, dan desa inilah yang harus menjadi cermin utamanya. Karena suatu kearifan lokal atau tempat wisata , domisilinya kebanyakan ada di Desa. Maka mengenalkan nama Desa sangatlah penting.

Dengan memiliki website, kita bisa mengenalkan desa pada publik, bahkan dunia. Mari kita kenalkan desa masing-masing pada dunia.

fungsi dan manfaat memiliki website desa


  1. Mengangkat Citra dan Profesionalisme Desa

Citra dan Profesionalisme bisa dilihat dari kinerja yang sedang dan sudah dilakukan. Begitu juga di tingkatan desa. Namun, apabila prestasi yang sudah diraih, atau kinerja yang sudah dilakukan tidak di publikasikan, maka siapa yang akan tau?

Dengan memiliki website desa, penggiat desa bisa mempublikasikan kinerja yang sudah dilakukan, kegiatan yang sedang dilakukan, program kerja desa dan aneka informasi lainnya yang sekiranya positif untuk desa. Sehingga dengan adanya website citra dan profesionalisme desa menjadi terangkat.


  1. Dapat Mempromosikan Potensi Desa

Media promosi yang paling luas jangkauannya saat ini adalah media sosial dan website. Dengan kedua alat bantu ini kita dapat mengenalkan potensi desa kepada publik. Pada Dunia juga sangat mungkin.


  1. Mempererat Hubungan Antar Warga Desa

Biasanya tidak semua warga desa tinggal di desa. Warga desa banyak yang merantau atau mencari kerja di luar kota. Sehingga tak tau apa saja kegiatan yang ada di desanya sendiri. Dengan adanya website, ini bisa mempererat hubungan antar warga yang tidak tinggal di desanya sendiri.

Selain itu, karena adanya keterbukaan informasi aparat desa, waga manjadi antusias dan tidak banyak curiga. Ini dapat mempererat hubungan pengurus desa dengan warganya.


  1. Bisa Meminimalisir Kecurangan Tingkat Desa

Adanya website bermanfaat untuk meminimalisir kecurangan di tingkat desa. Kenapa demikian? Karena aliran dana yang ada di desa bisa dipublikasikan dan jadi terpantau oleh warga desa. Hal ini tentu saja akan meminimalisir kecurangan yang ada di tingkat desa, terlebih saat ini dana bertumpuk di desa.


Masih banyak lagi fungsi dan manfaat memiliki website desa , namun pada kali ini CGDC cukupkan saja. Apabila ada pertanyaan seputar website desa ini, kamu bisa bertanya langsung pada tim kami.

Karena CGDC lahir di desa, maka kami sangat antusias membantu kegiatan desa. Terutama dalam pembuatan website desa ini. Jika kamu penggian desa yang tertarik membuat website desa, maka silahkan hubungi kami. Semoga bermanfaat.
HUBUNGI KAMI

Tags: #web #website #Website Desa

Penulis: 
author
Anak desa yang numpang lahir di Jakarta, if there is anything I can help, contact me by email aasholah@gmail.com