Persyaratan Membuat Website Desa

142 views

Cara Gampang – Masih dalam bahasan tentang website desa, sebelumnya CGDC sudah membahas terkait bagaimana cara mempromosikan website desa. Tapi sebelum mempromosikan website desa, tentu saja penggiat desa harus membuat website desa sebagai langkah awal.

Baca juga : Cara Mempromosikan Website Desa

Sekarang ini, tiap desa sangat diwajibkan untuk memiliki website desa. Diwajibkan karena terkait transparansi anggaran dan keterbukaan informasi terhadap publik. Sebagaimana tersebut juga sudah di atur pada Undang-Undang desa dan Peraturan Mentri Kominfo.

Berdasarkan permenkominfo No. 5 Tahun 2015, desa harus memiliki website resmi dengan domain resmi juga. Domain ini sudah disediakan oleh kominfo, sehingga desa tinggal mendaftarkan diri pengajuan atas domain desa ini. Domain yang diresmikan oleh kominfo adalah domain desa.id .

Maka apabila desa hendak memiliki website harus menggunakan domain tersebut. Sehingga serentak se-Indonesia menggunakan domain desa.id sebagai identitas diri bahwa itu adalah website desa yang domisilinya di indonesia.

Persyaratan membuat website desa

Terkait domain desa.id ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat proses pengajuannya. Sehingga ini juga menjadi persyaratan membuat website desa .  mau tau apa saja persyaratan yang harus disiapkan? Mari simak ulasan poin-poin dari CGDC berikut ini.

Inilah Persyaratan membuat website desa

  1. SK Pengangkatan Kepala Desa atau Sekretaris Desa

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah SK pejabat desa tepatnya yaitu SK kepala desa atau SK sekretaris desa yang dikeluarkan oleh Bupati setempat.

SK ini dimaksudkan sebagai bukti bahwa yang mengajukan domain desa.id adalah benar-benar aparatur desa. Sehingga domain yang diajukan benar-benar atas nama desa.

Jika Kepala Desa dalam posisi kosong, dan sedang digantikan oleh pejabat sementara. Maka SK harus menggunakan SK pejabat sementara tersebut. SK yang dikeluarkan oleh bupati, bukan SK saat pertamakali menjadi pejabat PNS.


  1. SK Pengangkatan Perangkat Desa

Persyaratan yang kedua adalah SK pengangkatan perangkat desa. Maksudnya, ini adalah SK pengangkatan pejabat yang diberikan wewenang untuk mengelola website desa. Jadi orang yang mengelola website desa adalah bear-benar sudah diresmikan dan ditunjuk oleh Kepala Desa.

Pengangkatan pengelola website desa ini usahakan dari pejabat desa yang sesuai dengan tugas pokoknya. Sepertihalnya dari Kaur Tata Usaha dan Umum. Atau dari Kaur Humas atau Kasi Pelayanan. Itu semua tergantung pejabat desa masing-masing, namun usahakan yang berkaitan dengan publikasi dan informasi.

Jika desanya sudah mengikuti aturan Permendagri No. 84/2015 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa (SOTK Desa), maka aparat desa yang paling tepat untuk mengelola website desa ini adalah Kaur Tata Usaha dan Umum.

Alternatif :

Apabila perangkat desa yang sedang menjabat rata-rata usianya sudah tua, sehingga tidak mengerti dengan teknologi internet dan website. Maka kepala desa bisa mengangkat staff baru yang tugasnya untuk mengelola website tersebut. Nah, jika demikian, maka SK yang diperlukan adalah SK dari kepala desa pada staff baru ini sebagai pengelola website desa.


  1. Surat Kuasa Kepada Perangkat Desa

Setelah ada SK pengengkatan staff pengelola website desa, maka langkah selanjutnya adalah membuat surat kuasa dari kepala desa atau sekretaris desa terkait pemberian mandat untuk mengelola website desa ini.

Download : Contoh Surat kuasa Pengelola Website Desa


  1. Surat Permohonan Kepada Menkominfo

Persyaratan yang selanjutnya adalah membuat surat permohonan pengajuan domain yang sama dengan nama desa. Surat permohonan domain ini diajukan kepada Mentri Kominfo. Seperti apa surat pengajuan tersebut ?download pada link di bawah ini.

Download : Contoh Surat Pengajuan Nama Domain Desa


Itulah beberapa persyaratan membuat website desa , semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk penggiat desa yang akan membuat website desa. Mari kita kenalkan Desa kita dengan menggunakan website desa. Kalau tidak sekarang kapan lagi?

Apabila kamu masih bingung terkait pembuatan website desa ini, maka segera hubungi Tim CGDC untuk meminta bantuan dalam proses pembuatannya. Kami sangat siap membantu.
HUBUNGI KAMI

Tags: #web #website #Website Desa