Tujuan Pembuatan Website Desa

12 views

Cara Gampang – Masih pada topik bahasan website desa, karena CGDC lahirnya dari desa jadi kita ngak akan bosen ngebahas seputar perdesaan. Jika sebelumnya kita membahas tentang pentingnya membuat website desa, maka pada bahasan kali ini kita akan menjelaskan apa sih tujuan pembuatan website desa.

Baca Juga : Pentingnya Membuat Website Desa

Di Era Revolusi Digital ini sudah banyak yang bersentuhan dengan internet, dan kita mengenalnya dengan sebutan dunia online. Akses internet ini tentu saja semakin mempermudah kita untuk mendapatkan informasi apapun dari belahan dunia manapun. Dan informasi itu sangat update adanya.

Menanggapi kondisi yang seperti itu, maka ini juga menjadi peluang besar bagi penggiat Desa untuk mengenalkan desanya kepada Dunia. Mengenalkan desa kepada dunia sudah menjadi hal yang penting karena sekarang pembangunan harus datang dari desa. Tentunya untuk kemajuan Negara Indonesia tercinta ini.

Mengenalkan desa atau mengenalkan potensi desa, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi desa tersebut. Potensi desa yang ada bisa terangkat dan menjadi nilai jual bagi desa tersebut.  Sehingga ini dapat mendorong nilai perekonomian desa. Adapun potensi desa yang bisa kenalkan bisa dari sektor pariwisata, kearifan lokal, budaya, hingga keunikan-keunikan lain yang ada di lingkungan desa.

Lalu bagimana cara mengenalkan potensi desa ini? Nah, salah satunya kita bisa mengenalkan kondisi dan keadaan desa dengan menggunakan website. Di website tersebut kita bisa mempublish potensi desa yang ada, mulai dari wisata, budaya, sosial hingga aktifitas ekonomi kreatif. Kemudina kita bisa menginformasikan kegiatan terkini yang ada di desa.

Tujuan Pembuatan Website Desa

Selain di atas, tentu saja masih banyak lagi tujuan pembuatan website desa. Pada kesempatan kali ini CGDC merangkumnya menjadi tiga poin utama. Ayo simak penjelasannya.

Tujuan pembuatan website desa adalah

  1. Media Publikasi

Tujuan membuat website desa yang pertama adalah untuk media publikasi. Dengan memiliki website, desa bisa mempublikasikan seluruh kegiatan yang ada di desa, baik kegiatan administatif maupun kegiatan pemberdayaan. Atau bisa mempublikasikan seluruh informasi yang berkaitan dengan desa.

Jika diuraikan lagi maka desa dapat mempublikasikan :

  • Profil desa
  • Potensi desa (wisata, kuliner, sosial dan budaya)
  • Program-program desa
  • Anggaran desa
  • Kegiatan pemberdayaan masyarakat
  • Organisasi tingkat desa (Karangtaruna, Gapoktan, PKK, LPM dan lain lain)

Atau informasi lainnya yang sekiranya penting bagi desa dan warga desa.


  1. Media Interaksi

Website desa juga bisa digunakan sebagai media interaksi pemerintah desa dengan warganya, atau interaksi sesama warga desa. Interaksi ini bisa berupa kritik, saran dan usulan-usulan yang sifatnya untuk membangun desa.


  1. Media Promosi

Poin terakhir yaitu bertujuan sebagai media promosi. Dengan adanya website desa, desa bisa mempromosikan potensi desa yang ada, mulai dari potensi wisata, potensi kuliner, potensi sosial budaya dan potensi-potensi lainnya yang memiliki daya tarik dan nilai jual.

Promosi dengan menggunakan website, tentu saja tidak mengenal batasan wilayah. Sehingga desa dapat mengenalkan desanya pada dunia. Apabila potensi desa sudah dikenal, maka ini menjadi nilai jual tersendiri, sehingga bisa menumbuhkan perekonomian di tingkat desa.


Secara garis besar itulah tujuan pembuatan website desa , tujuan-tujuan ini bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan desa masing masing, sehingga website desa bisa digunakan sebagaimana mestinya. Semoga tulisan ini bisa mendorong penggiat desa untuk mulai membuat website desa, dan mengenalkannya kepada dunia.

CGDC bisa membatu dalam proses pembuatan website desa ini, untuk lebih jelasnya bisa hubungi tim kami.
HUBUNGI KAMI

Tags: #web #website #Website Desa

Penulis: 
author
Anak desa yang numpang lahir di Jakarta, if there is anything I can help, contact me by email aasholah@gmail.com