Jumat, 01 November 2013

Cara Membuat Semur Khas Betawi

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
CARA MEMBUAT SEMUR KHAS BETAWIBagi para pecinta makanan tradisional, menu yang satu ini pastinya udah enggak asing lagi. Si Hitam Manis khas Betawi aliyas Semur. Kenapa penulis bilang demikian ? ya ! karena begitulah tampilan makanan ini, warnanya hitam dan rasanya manis kecap. Saking familiarnya makanan ini, sampai-sampai ada tebak-tebakan yang menyinggung makanan yang satu ini (Hehehee..).

Sebenarnya apa sih Semur itu ?!

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, semur adalah jenis olahan makanan berkuah yang identik dengan kuah berwarna hitam kental dengan rasa manis dan rasa rempahnya yang khas. Jadi,semur lebih kepada cara memasaknya, bukan bahan utama yang di gunakan (setau penulis sih begitu definisinya). Untuk bahan pokok yang biasa digunakan antara lain daging (sapi/kerbau), ayam, tempe-tahu ataupun "kancing lepis" (Jengkol maksudnya. Hehehee), bisa disesuaikan dengan keinginan dan kondisi dompet masing-masing (Anyway opsi yg terakhir itu Favoritnya penulis lho,.).

Gimana sobat ? udah lumayan ngerti ? (iya kaan,?! iya doong,?! iya siiih?!,.). Tapi untuk bahasan kali ini penulis akan memfokuskan kepada daging sapi, penulis akan nge-share sedikit ilmu memasak semur yang telah penulis dapat dari hasil belajar selama berbulan-bulan, langsung dari ahlinya semur sepanjang sejarah kuliner Betawi, yaitu Mpok Fatimah-my Mom-.

Naaah, pertama-tama siapin bahan plus bumbu-bumbunya dulu, antara lain 1kg daging sapi-pastinya-bisa bagian khas dalam ataupun bagian lainnya. bumbunya terdiri dari kecap secukupnya, 1sdt lada, 2sdm ketumbar, 1/2sdt jintan, 1btr kapulaga, 5-7btr kemiri, 2siung bawang putih, 5btr bawang merah, 2 ruas jari kayu manis, biji pala 1/6 bagian, 3lbr daun salam, 2 batang sereh, 2 ruas jahe, minyak untuk menumis, air secukupnya, garam, gula, dan penyedap rasa jika diperlukan.

OK, kalau sudah komplit bahan-bahannya, kita masuk dalam proses memasak. pertama potong-potong daging setebal 5cm dan ukurannya sesuai kebutuhan (Jangan takut terlalu tebal karena nantinya daging akan menyusut). Rebus daging selama 30 menit dalm panci biasa atau 15 menit dalam panci presto, kecuali daging khas dalam. kemudian angkat dan tiriskan. Semetara itu haluskan bumbu, antara lain lada, ketumbar, jintan, kapulaga, kemiri, bawang putih, bawang merah. tumis bumbu halus salam-sereh, jahe sampai wangi, kemudian masukan 1ltr air, kecap, gula dan sisa rempah yang tidak di haluskan. Kemudian masukan daging, masak hingga daging empuk dan kuah sedikit mengental. Tipsnya nge-pas-in rasanya di akhir aja, biar gak terlalu asin, mungkin sekitar 5 menit sebelum api dimatikan. Semur siap di sajikan (boleh ditambah teburan bawang goreng di atasnya).

well, itu aja yang bisa penulis share kali ini, semoga bermanfaat.

GOOD LUCK ! Selamat mencoba !

(iSetia/CarGam) - Cara Membuat Semur Khas Betawi